Tips Mencegah Demam Panggung (Nervous)

Pernahkah kamu merasa demam panggung saat berada di atas pentas ?. Sungguh sangat memalukan bukan...

Pernahkah kamu merasa demam panggung saat berada di atas pentas ?. Sungguh sangat memalukan bukan ?. Demam panggung/Nervous/Grogi adalah parasaan kurang percaya diri dan takut saat menghadapi orang lain, sehingga menyebabkan tubuh terasa gemetaran ketika kita berada di atas pentas. Saat kamu merasa demam panggung, itu adalah yang memalukan bahkan semua alur pembicaraan yang telah disiapkan akan hilang karenanya. Adapun tips untuk mencegahnya adalah sebagai berikut :

1.   Siapkan kata-katamu
Dengan menyiapkan tema, alur bicara, topik, dan gaya, kamu akan melatih kelancaran dalam berbicara sehingga alur dan topik pembicaraan akan terkontrol secara urut dan tidak amburadul. Usahakan kamu mengulang-ulang latihan dalam berbicara sebagai persiapan saat berada di atas pentas nanti. Misalnya kamu berpidato sendiri di depan cermin, kamu akan melihat bagaimana gaya bicara dan expresimu, dengan begitu kamu bisa memperbaiki atas kekurangan dalam gaya bicara, nada, alur dan ekspresimu.

2.   Percaya pada diri sendiri
Yakinlah pada dirimu bahwa kamu bisa mengucapkan banyak kata di depan para audience. Yakinlah bahwa kamu bisa dan mampu berdiri dengan gagah di depan para audience. Percaya diri akan membuatmu tegar dan mampu mengunkapkan kata.

3.   Anggaplah para audience seperti batu
Dengan begitu, seolah–olah kamu berbicara pada batu yang tidak bisa mendengar, tidak bisa melihat, tidak bisa berbicara, dan kamu bebas berexspresi. Bayangkan para audience tidak ada di depanmu sehingga kamu tidak terlalu malu dan bebas mengungkapkan apa yang ingin kamu bicarakan dan bebas berexpresi.

4.   Lihatlah para audience secara merata
Jangan hanya terpaku melihat satu arah, lihat semua arah secara merata, lihat semua audience yang ada. Dan rasakan bahwa kamu benar-benar berada di depan mereka. Jika kamu hanya melihat ke pada satu arah, maka kamu akan terlihat kurang profesional yang menunjukkan demam panggung. Dan jangan sampai kamu banyak menundukkan kepala, angkat kepalamu dan lihat semua audience secara merata.

5.   Jangan langsung berkata
Saat kamu pertama kali naik ke atas pentas, jangan langsung mengatakan sesuatu. Diam sejenak dan tarik nafas lalu hembuskan nafasmu dan bayangkan semua beban dipikiranmu hilang dan ikut keluar bersama hembusan nafasmu. Siapkan mentalmu bahwa kamu berada di depan audience dan mereka ingin mendengarkan apa yang ingin kamu katakan.

6.   Banyak melakukan gerakan tubuh
Jangan hanya diam saja saat kamu berada di atas pentas. Perbanyak gerak karena itu menunjukan bahwa kamu tidak grogi. Secara praktikal, memperbanyak gerak dapat menghilangkan suasana grogi. Saat kamu grogi/nervous maka tubuh kamu akan terasa gemetar dan sulit mengatakan kata-kata. Dengan memperbanyak gerakan tubuh, maka kamu akan meminimalisir rasa gemetar dan sulit mengungkapkan kata.

7.   Berterus terang
Katakan dengan terus terang kepada audience bahwa kamu benar-benar grogi. Dan tentu mengatakan hal tersebut seolah-olah kamu mengajak untuk bercanda. Misalkan dengan mengucapkan “sebenarnya saya merasa agak grogi berada di depan anda semua, tetapi ini merupakan satu kehormatan bagi saya”.

8.   Banyak humor dan senyum
Perbanyak senyum dan gaya humor, karena senyum dan humor mampu menghilangkan perasaan grogi. Awali dengan senyuman saat menatap para audience, karena senyummu adalah pesan kepada para audience bahwa kamu siap berada dihadapan mereka.

9.   Yakinlah kamu bisa menarik perhatian para audience
Bebaskan gaya bicaramu seolah kamu bisa menarik perhatian para audience. Hipnotis mereka semua dengan kata-katamu. Rasakan dan nikmati suasanamu, dan hilangkan beban yang membuatmu takut.

Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Tips Mencegah Demam Panggung (Nervous)
Tips Mencegah Demam Panggung (Nervous)
http://4.bp.blogspot.com/-2soLNDbFaAM/Utq5HRY4dmI/AAAAAAAAACY/oBN76ZhWozM/s1600/fdfg.png
http://4.bp.blogspot.com/-2soLNDbFaAM/Utq5HRY4dmI/AAAAAAAAACY/oBN76ZhWozM/s72-c/fdfg.png
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2014/01/tips-mencegah-demam-panggung-nervous.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2014/01/tips-mencegah-demam-panggung-nervous.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy