Kreteria Blog Yang Disukai Banyak Pengunjung

Menjadi seorang blogger memang menyenangkan dan merupakan suatu kebanggaan diri. Namun, hal yang penting dilakukan bagi seorang blogger adalah mementingkan kebutuhan para pengunjung dari pada kebutuhannya sendiri. Ingat, bahwa kita menulis sebuah konten untuk para pembaca yang mampir mengunjungi kita. Ingat bahwa kita menulis untuk memberikan solusi atas masalah yang harus diselesaikan oleh para pengunjung.

Mendahulukan kepentingan pengunjung adalah konsep terpenting dalam membangun sebuah blog, jangan mementingkan kepetingan sendiri. Para pengunjung pastinya datang mengunjungi blog kita karena beberapa alasan yang di antaranya adalah untuk menemukan solusi dan belajar. Jika kita bisa berpikir dewasa dan bijaksana, tentunya kita akan memberikan hal terbaik bagi para pengunjung dalam blog kita. Jadi lakukan yang terbaik untuk blog dan berpikirlah untuk memberikan kemudahan dan manfaat bagi para pengunjung.


Kreteria Blog Yang Disukai Pengunjung

Terkait dengan mementingkan kebutuhan para pengunjung, ada beberpa kategori yang banyak disukai pengunjung dalam sebuh blog, yaitu antara lain :

1. Konten Yang Menarik

Para pengunjung akan senang juga puas jika kita menyediakan konten yang menarik bagi mereka, dan mungkin mereka akan mampir lagi lain waktu. Konten yang menarik adalah hal terbaik yang disukai oleh para pengunjung dalam sebuah blog. Salah satu jenis konten yang menarik adalah konten yang berasal dari ide sendiri, konten copy paste akan membuat kesan yang buruk bagi para pengunjung tentunya.

2. Loading Blog Cepat

Kecepatan loading juga merupakan bagian terpenting terutama bagi penilaian para pengunjung. Para pengunjung pun akan senang jika loading blog kita cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Berbeda jika loading blog lemot dan lama, itu membuat para pengunjung bosan dan sebal.

3. Tampilan Sederhana Dan Mudah Dimengerti

Tampilan blog juga mempengaruhi bagi kehadiran pengunjung. Usahakan menggunakan template dengan tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti oleh para pengunjung. Gunakan beberapa widget dan gadget sesuai dengan kebutuhan dan jangan terlalu berlebihan.

4. Halaman Artikel Blog Tidak Terlalu Banyak Iklan

Halaman yang sepi dari beberapa iklan juga bisa membuat pengunjung bertahan dan krasan. Kita pun boleh menempelkan beberapa iklan di sidebar blog, asalkan pada tempat yang stategis seperti pada sidebar blog. Jangan menampilkan iklan yang melayang, terlalu banyak iklan di halaman artikel, iklan pop-up, iklan-iklan yang auto muncul saat halaman di klik, dan lainnya karena dapat mengganggu aktifitas pengunjung saat membaca blog kita.

5. Penulisan Bahasa Baik, Jelas, Dan Baku

Sebuah blog bisa terkesan baik, juga berasal dari bahasa yang digunakan. Penulisan bahasa yang baik dan baku dapat memuaskan pengunjung. Jadi gunakan bahasa yang baik dan baku dalam membuat postingan blog. Jangan menggunakan bahasa yang kurang baku dan tidak sopan seperti “Loe, gue, gak, bro, lagian, ngapain, dan lain sebagainya”. Ingat juga bahwa tulisan kita akan dibaca oleh orang dari seluruh dunia yang berbeda-beda bahasa. Jika kita menggunakan bahasa yang naik dan baku, mesin terjemah Google bisa mendeteksi bahasa kita.

6. Kalimat Jelas Dan Mudah Dipahami

Dalam menulis sebuah artikel, tulislah artikel dengan kalimat yang jelas dan bisa dipahami oleh pembaca. Jangan menulis dengan kata-kata yang monoton dan berulang-ulang, apalagi kalimat satu dengan yang lain tidak serasi dan tidak berhubungan. Cermati dan teliti hasil artikel yang telah ditulis sebelum diterbitkan, jika ada kesalahan dan ketidakpahaman maka perbaiki artikel tersebut. Berpikirlah bahwa jika kita sendiri tidak paham atau menilai buruk tetang artikel kita, bagaimana dengan orang lain ?.

7. Admin Blog Ramah Terhadap Pengunjung

Hal tersebut bisa tercermin pada bagaimana tanggapan pengguna blog pada komentar dari pengunjung. Balaslah komentar dari para pengunjung para kolom komentar tiap halaman, apalagi pengunjung yang menanyakan sesuatu yang terkait dengan halaman posting. Menjawab komentar memberikan kenyamanan bagi si pemberi komentar, kecuali beberapa komentar yang tergolong komentar spam.