7 Kesalahan Dalam Mengembangkan Bisnis di Blog

Perkembangan teknologi yang kian meningkat mendorong banyak orang untuk lebih memaksimalkan usaha dalam memanfaatkan demi kebutuhan mereka. Internet sebagai salah satu fenomena perkembangan teknologi merupakan hal yang sudah tidak asing lagi, tentunya bagi Anda. Banyak orang yang memanfaatkan internet untuk menghasilkan pendapatan dan uang, mempromosikan bisnis, produk, dan jasa.

Salah satunya adalah memanfaatkan blog. Blog merupakan media yang efektif dalam mengembangkan bisnis dan mempromosikan produk. Dengan memanfaatkan blog, penggunanya bisa mendapatkan beberapa fasilitas yang baik untuk memberikan informasi kepada para pengunjung tentang bisnis, produk, dan jasa. Karena fasilitas yang tersedia untuk mendukung sebuah bisnis, tidak heran jika blog menjadi sarana utama dalam mengembangkan bisnis saat ini.

Namun, ini adalah hal penting yang harus Anda lakukan sebelum menekuni sebuah blog sebagai sarana bisnis Anda. Ada beberapa kesalahan dalam membuat blog untuk bisnis, dan ini sering dilakukan oleh banyak pengguna bisnis, antara lain :

1.   Konten Anda kurang menarik

Konten yang berkualitas dan menarik menjadi point penting dalam blog Anda. Patikan Anda memberikan informasi yang hangat dan bermanfaat bagi para pengunjung. Banyak dari pengguna blogger yang hanya terfokus pada penyajian konten tentang informasi bisnis mereka. Tentu ini membuat para pengunjung blog merasa sedikit bosan. Sebaliknya, para pengunjung lebih peka jika konten Anda berupa hal-hal yang banyak dibutuhkan dikalangan pengguna internet dan dunia nyata. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa menyajikan beberapa informasi hangat, tips dan trik, dan beberapa totorial dengan bahasa yang baik.


2.   Perencanaan bisnis Anda kurang matang

Jika Anda akan menekuni sebuah bisnis di dalam blog Anda, rencanakan dengan matang bisnis apa yang harus Anda tekuni. Tentu saja Anda juga harus menyiapkan beberapa strategi, media, metode, target, dan tujuan yang harus Anda capai. Dengan merencanakan hal teesebut dengan sangat matang, ini memungkinkan Anda menguasai lapangan bisnis Anda.


3.   Anda tidak memegang komitmen dalam berbisnis

Mengolah blog sebagai ladang bisnis membutuhkan komitmen tinggi yang harus Anda pegang. Komitmen yang harus Anda jaga bisa berupa target, tujuan, strategi pemasaran, dan sebagainya. Mungkin Anda lebih tahu bagaimana teori dalam berbisnis, tetapi itu tidak akan berguna tanpa kominten yang harus Anda lakukan dan jaga.


4.   Anda tidak konsisten

Meskipun Anda mempunyai komitmen yang Anda pegang dan lakukan, Anda juga perlu konsisten terhadap komitmen Anda. Jika Anda masih setengah-setengah dalam menjalankan bisnis Anda, ini berarti setengah dari perjalanan Anda telah gagal. Pastikan Anda terus berusaha memaksimalkan promosi bisnis Anda sebagai konsistensi terhadap komitmen yang Anda pegang dalam berbisnis. Lakukan dengan kerja keras dan giat, rutin dalam menerbitkan konten, melakukan interaksi dengan pengunjung blog, dan rutin melakukan promosi ke berbagai media sosial dan forum-forum tertentu. 


5.   Anda kurang bisa membangun jaringan bisnis.

Kurangnya interaksi dan aktifitas Anda dalam blog merupakan kesalahan yang harus diperbaiki. Perlakukan blog seperti teman yang saling melengkapi, semakin banyak Anda berinteraksi, maka semakin dekat dengannya. Lakukan juga interaksi di berbagai forum dan media sosial, ajak dan undang mereka untuk mengunjungi blog Anda. Semakin banyak Anda menjalin hubungan komunikasi dengan pengunjung dan teman-teman Anda, maka semakin besar pula peluang Anda membangun jaringan bisnis. 


6.   Strategi pemasaran blog yang Anda lakukan masih pasif.

Hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana strategi promosi yang Anda lakukan untuk blog Anda. Ini bisa Anda lakukan dengan mengajak dan mengundang teman di berbagai media sosial dan forum-forum tertentu. Bergabunglah dalam beberapa forum dan group bisnis online di beberapa media sosial, dan manfaatkan itu sebagai sarana promosi. Gunakan dengan kalimat yang menggoda pembaca untuk mengikuti link Anda dalam beberapa media sosial dan forum. Anda juga bisa aktif dalam beberapa situs dan memberikan komentar yang bertujuan sebagai undangan. Jika Anda mempunyai banyak modal, tentunya Anda juga bisa mempromosikan bisnis Anda melalui iklan-iklan berbayar, seperti pada iklan di facebook dan beberapa situs penyedia iklan. Carilah tips dan trik dalam mempromosikan bisnis Anda di berbagai situs lainnya.


7.   Anda menyerah dan putus asa

Hal ini sangat penting jika bisnis yang Anda tekuni belum maksimal dan belum berhasil. Jangan menyerah, jalan yang Anda lalui masih panjang dan masih banyak kesempatan serta peluang keberhasilan Anda. Tentu ini tergantung bagaimana Anda menyikapi masalah tersebut, tetapi jika Anda benar-benar memegang kuat komitmen, tentu Anda tidak akan mudah menyerah.