Alasan Anda Harus Mempunyai Blog Dalam Menjalankan Bisnis

Blog memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi Anda dalam menjalankan bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline. Hampir semua perusahaan dan para bisnis, memanfaatkan fasilitas blog untuk pemasaran produk mereka. Mungkin Anda sedikit bertanya, apakah blog itu sangat penting dalam pemasaran bisnis ?. Pertanyaan Anda dapat saya jawab pada beberapa alasan mengapa blog itu sangat penting dalam mengembangkan bisnis Anda, yakni sebagai berikut :

1.   Teknologi semakin berkembang
Zaman telah berkembang dengan ditandai beberapa ilmu pengetahuan dan teknologi peradaban manusia. Salah satu bentuk perkembangan zaman adalah adanya media internet. Manusia sudah banyak menggunakan fasilitas dan memanfaatkan perkembangan teknologi dunia. Mereka sudah tidak lagi primitif dan tidak mengandalkan cara-cara tradisional dalam kehidupan mereka saat ini.

2.   Media internet menjadi sarana penting
Internet telah menjadi hal yang sangat membantu dalam segala permasalahan manusia, yang salah satunya adalah dalam masalah bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline. Internet juga memberikan kemudahan untuk segala macam bidang dan menjadi sarana penting yang dimanfaatkan manusia setiap waktu.

3.   Blog menjadi media efektif dalam pemasaran bisnis Anda
Terkait dengan perkembangan teknologi dan internet, memanfaatkan blog sebagai media online sangat efektif dalam menunjang bisnis Anda. Anda bisa mempromosikan bisnis secara online yang bisa diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Promosikan produk, jasa, atau bisnis yang saat ini Anda tekuni, dan beritahu mereka tentang masalah-masalah yang menjadi tantangan dan mungkin muncul di kalangan masyarakat lalu berikan solusi atas masalah-masalah tersebut.

4.   Blog merupakan media komunikasi online setiap waktu
Internet dimanfaatkan dalam segala bidang saat ini, salah satunya adalah bidang komunikasi. Blog menjamin pengguna dan pelanggan dalam membentuk suatu komunikasi aktif melalui internet. Ini merupakan hal yang penting sebagai media komunikasi yang juga dapat diakses oleh para pengunjung setiap saat mereka membutuhannya.

5.   Blog mendukung media sosial dalam pemasaran bisnis Anda
Blog saja mungkin kurang cukup bagi Anda dalam memasarkan produk atau konten yang Anda terbitkan. Anda masih bisa menggunakan beberapa media sosial seperti facebook, twitter, google plus, dan lainnya untuk membantu pemasaran bisnis dan produk Anda. Sehingga Anda bisa memaksimalkan kinerja pemasaran dengan memanfaatkan blog dan media sosial. Baca artikel berikut agar lebih jelas : 7 Trik SEO Media Sosial Dalam Mengembangkan Bisnis Kecil.

6.   Blog memberikan konteks yang mendukung brand Anda.
Jika Anda adalah seorang bisnis, Anda bisa mempromosikan bisnis, produk, dan jasa Anda lewat blog tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Anda hanya perlu membuat konten yang berkualitas yang mendukung bisnis Anda lalu mempromosikannya.

7.   Blog bertindak sebagai media marketing
Jika Anda membuat sebuah blog untuk bisnis, tentu Anda juga membuat beberapa konten berkualitas yang bertujuan mempromosikan bisnis, produk, atau jasa Anda. Blog yang Anda buat pasti memberikan beberapa informasi menarik dan visi misi yang Anda bawa untuk bisnis Anda. Dengan demikian blog bertindak sebagai media marketing bagi bisnis Anda.

8.   Blog memberikan informasi yang menjunjang jenjang karir bisnis Anda
Anda bisa menggunakan Google Webmaster Tools, Google Analytics, Histats, dan sebagainya untuk mengetahui interaksi blog dengan pengunjung blog Anda. Anda bisa mengetahui beberapa informasi penting yang terkait dengan pengunjung dan pelanggan, seperti topik yang paling diminati, halaman yang paling banyak dibuka, dan beberapa keywords yang digunakan untuk mengakses.

9.   Blog adalah teman yang baik bagi Anda dalam memulai bisnis
Blog juga menjadi teman akrab bagi Anda untuk memulai sebuah bisnis. Anda bisa menuangkan segala keinginan dan perasaan Anda dalam mencapai tujuan bisnis. Selayaknya seorang teman, perlakukan blog Anda dengan sebaik-baiknya. Anda harus mempunyai komitmen dan konsekwensi yang harus Anda pegang dalam menjalankan sebuah blog. Salah satu bentu komitmen dan konsekwensi Anda terhadap blog adalah berusaha menjadikannya sebagai blog yang terbaik, baik bagi Anda, pengunjung, dan mesin pencari.