Bagaimana Cara Mengganti Gambar dan Warna Backgroud Blog ?

Sebagian blogger masih menginginkan blog mereka terlihat cantik dan menawan. Tentu saja, banyak tips dan tutorial yang disediakan di internet. Hal ini juga terkai dengan warna dan backgroud blog Anda. Lalu bagaimana cara mengganti warna dan backgroud blog ? 

Setiap template pasti telah memberikan warna dan backgroud bawaan, namun hal itu bisa Anda siasati dengan mengubahnya sesuai dengan keinginan Anda. Nah, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengubah warna dan gambar background pada blog Anda. Anda bisa perhatikan step-step berikut ini :

Cara yang pertama :

Anda bisa mengubah warna dan gambar background blog Anda melalui setting pada blog, adapun caranya yaitu :

1.   Silahkan Login/masukakun blog Anda terlebih dahulu

2.   Lalu silahkan masuk dashboard

3.   Silahkan Anda klik – Template -- lalu klik – Sesuaikan --

4.   Pada halaman yang muncul, Anda bisa menmgatur gambar, lebar, warna, tulisan pada blog Anda. Jika Anda menginginkan gambar yang berbesa, Anda juga bisa upload gambar pada koleksi gambar di komputer Anda, silahkan klik -- Unggah gambar -- lalu klik -- Pilih file -- pilih gambar yang Anda simpan pada komputer, klik – Open --

5.   Lalu simpan template Anda dengan meng-klik "Terapkan ke blog"

Catatan : 
Perlu Anda ketahui bahwa cara ini biasanya hanya digunakan pada template gratis bawaan blogger. Pada template luar, biasanya ini tidak support, artinya Anda tidak bisa mengubah melalui cari ini. Lalu bagaimana ? Gunakan cara kedua, perhatikan step-step berikut ini.


Cara yang kedua :

Cara kedua ini dengan memainkan beberapa kode HTML, jika Anda sendiri kurang bisa mengetahui tentang kode HTML, Anda bisa menerapkan beberapa langkah berikut ini :

1.   Silahkan Login/masukakun blog Anda terlebih dahulu

2.   Lalu silahkan masuk dashboard

3.   Silahkan Anda klik – Template -- lalu klik – Edit HTML–

4.   Pada kolom kode HTML, cari kode di bawah ini : ( Anda bisa menggunakan CTRL dan F untuk memudahkan pencarian kode tersebut)

      body {

5.   Setelah Anda menemukan kode di atas, biasanya kodenya seperti berikut ini :

      body {
      .................................
      background: #FFFFFF
      .....................................
      ......................................
      }

6.   Kode #FFFFFF menunjukkan warna background blog, Anda bisa mengganti kode #FFFFFF dengan kode lainnya misalkan #C0C0C0. Jika Anda tidak tahu tentang beberapa kode warna HTML, Anda bisa menemukannya di www.computerhope.com.

Namun biasanya setiap template ada banyak kode yang berbeda termasuk kode warna background. Kode warna background blog Anda tidak harus seperti di atas (#FFFFFF), itu tergantung warna background blog.

7.   Untuk mengganti background blog, Anda bisa menambahkan kode di bawah ini setelah kode warna blog Anda.

url(http://thecutestblogontheblock.com/wp-content/uploads/2011/11/faire-isle-fantasy-2c-free-shabby-vintage-flags-pink-and-blue-blog-background-copy-1000x500.jpg) fixed repeat-y center top;

Misalkan jika Anda sudah menggantinya, kode akan berubah seperti berikut :

body {
.................................
background: #FFFFFF url(http://thecutestblogontheblock.com/wp-content/uploads/2011/11/faire-isle-fantasy-2c-free-shabby-vintage-flags-pink-and-blue-blog-background-copy-1000x500.jpg) fixed repeat-y center top;
.....................................
......................................
}

Catatan :
Anda bisa mengganti kode http://thecutestblogontheblock.com/wp-content/uploads/2011/11/faire-isle-fantasy-2c-free-shabby-vintage-flags-pink-and-blue-blog-background-copy-1000x500.jpg dengan URL gambar yang Anda pilih sendiri, browsing di berbagai web atau blog.

8.   Simpanlah template yang sudah Anda ubah.

Catatan :
Pastikan Anda tidak menutup halaman kode HTML setelah menyimpan perubahan kode, cek dahulu perubahan yang terjadi. Jika background blog Anda belum berubah atau malah berantakan, silahkan tekan CTRL dan Z pada halaman template kode HTML untuk mengembalikan kode pada sebelum disimpan.

Baca juga tutorial terkait :
Cara Membuat Gambar Membesar Saat Kursor Menyentuh
Cara Membuat Gambar Posting Berputar Saat Kursor Menyentuh