Loading Lambat Menjadi Masalah Bagi Blog di Mesin Pencari

Mengapa loading blog yang lambat menjadi masalah bagi para blogger ?

Sebelumnya saya akan bertanya, pernakah Anda mengunjungi blog orang lain, kemudian loading halaman sangat lama diakses ? Lalu bagaimana Anda menilainya ?. Tentu itu menjadi hal yang sangat mengganggu bagi Anda dan pengunjung lain. Hal seperti inilah yang bisa menjadikan pengunjung lari dan enggan mengunjungi blog ini kembali. Begitu juga dengan blog Anda ???. Kecepatan loading halaman blog Anda tentu menjadi masalah yang harus diselesaikan, karena ini menyangkut reputasi blog Anda di mata para pengunjung juga di mata mesin pencari.

Mengapa hal ini menjadi masalah di mesin pencari ?

Sebenarnya masalah loading blog yang lambat juga menjadi masalah bagi Anda di mesin pencari. Mungkin Anda akan berpikir, apa hubungan kecepatan loading blog dengan mesin pencari ?. Memang kelihatannya tidak berhubungan sama sekali, tetapi jika Anda mau menelusurinya, Anda pun akan menemui jawaban atas pertanyaan Anda. Nah, di sini saya menghadirkan beberapa alasannya mengapa loading lambat pada halaman blog menjadi masalah di mesin pencari :


1.   Loading lambat menjadi gangguan bagi para pengunjung

Sebelumnya saya akan bercerita tentang sedikit pengalaman saya. Ketika saya mengakses sebuah halaman blog, lalu saya menemui halaman tersebut sangat lama diakses padahal kecepatan koneksi internet saya cukup cepat, maka saya akan langsung “close” halaman tersebut. Saya hanya berpikir bahwa masih banyak halaman yang menyediakan apa yang saya inginkan dan saya tidak ingin membuang waktu untuk menunggu terlalu lama.

Nah, dari hal inilah saya menyimpulkan bahwa pengunjung blog saya mungkin akan berbuat seperti yang saya lakukan jika menemui loading halaman yang lambat pada blog saya, apalagi dengan koneksi internet yang lambat pula. Tentunya Anda juga berpikir seperti itu bukan ?. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang Bagaimana Blog Yang Disukai Banyak Pengunjung ? dan Ciri-ciri Blog Yang Tidak Disukai Oleh Banyak Pengunjung.

Bertolak dari sini, maka loading halaman blog yang lambat dapat menghancurkan reputasi blog Anda. Hal ini juga menyebabkan banyak pengunjung yang lari dari blog Anda seperti yang saya lakukan. Jika ini dibiarkan secara terus menerus, mungkin akan banyak pengunjung yang lari dari blog Anda. Dan tentu hal ini juga dapat menyebabkan turunnya trafik blog Anda si mesin pencari. Anda bisa mengecek kecepatan loading blog Anda dan membandingkannya dengan blog lain, kunjungi gtmetrix.com.


2.   Loading lambat menjadi masalah di mesin pencari

Tidak hanya pengunjung yang merasa terganggu dengan lambatnya loading halaman blog Anda, tetapi ini juga menjadi masalah di mesin pencari. Ketahuilah bahwa data URL blog Anda telah tersimpan dan diindeks oleh mesin pencari. Namun, jika pengunjung Anda menemui “error URL” pada blog Anda yang disebabkan oleh beratnya loading blog Anda, “error URL” tersebut pun akan tersimpan di database mesin pencari. Anda bisa membayangkan jika pada database mesin pencari menyimpan banyak “error URL” pada blog Anda apa yang akan terjadi ?. Tentu saja ini sangat mempengaruhi trafik blog Anda di mesin pencari.


Tips penting :

Anda bisa mendaftarkan blog Anda di Google Webmaster Tools dan mengetahui apa saja “error URL” blog Anda yang dirayapi atau dicrawl oleh mesin pencari Google. Namun, “error URL” tidak harus berasal dari loading halaman yang lambat saja, tetapi ini bisa juga karena pendeletan comment, URL, dan lainnya. Dengan memanfaatkan Google Webmaster Tools, Anda bisa mengetahui kesalahan perayapan mesin pencari baik karena kesalahan DNS, Konektivitas Server, dan Pengambilan Robots.txt. Anda pun bisa mengetahui kesalahan perayapan pada Deskops dan Ponsel Cerdas. Jika Anda menemui banyak kesalahan baik karena error maupun hal lainnya, maka Anda bisa klik “Tandai Sebagai Telah Diperbaiki”, seperti pada gambar di bawah ini :