Cara Mendapatkan Uang Dari Video Youtube

Youtube adalah situs upload video paling populer di dunia saat ini. Namun, siapa sangka bahwa upload video di Youtube akan menjadi buronan bagi para pencari penghasilan online. Anda mungkin sangat sering melihat iklan yang tampil di halaman video Youtube yang Anda putar bukan ? Ya, itu adalah salah satu cara mereka untuk menghasilkan uang dari Youtube.

Memanfaatkan akun Youtube dan memasang iklan di setiap video yang sudah diupload adalah cara yang efektif. Anda bisa membayangkan berapa juta orang yang memutar video Youtube setiap harinya, mereka mencari informasi, tutorial, video, mendengarkan musik, download musik dan video, dan lain-lain. Untuk itulah, Youtube menjadi sebuah ladang untuk mendapatkan pemasukan online.


Bagaimana cara agar Anda mendapatkan uang dari Youtube ?

1. Anda harus mempunyai akun Youtube
Youtube saat ini adalah milik Google, jadi jika Anda mempunyai akun Gmail, maka tentu Anda tidak perlu lagi daftar atau registrasi di akun Youtube. Keduanya sudah menjadi satu paket, Anda hanya perlu login ke Youtube dengan akun Gmail Anda.

2. Anda harus mempunyai akun Google Adsense 
Anda akan dibayar oleh tim Youtube jika Anda mempunyai akun Google Adsense. Artinya, uang yang Anda dapatkan di Youtube nanti akan ditambahkan ke dalam saldo Google Adsense. Nah, jika Anda sudah mempunyai akun Google Adsense, saya sarankan agar Anda tidak melewatkan kesempatan ini. Sebagai pemula, pemasukan dari Youtube bahkan bisa lebih banyak daripada pemasukan yang Anda dari iklan Google Adsense di blog Anda.

Bagaimana jika Anda tidak mempunyai akun Google Adsense ?

Awalnya, iklan Google Adsense diperuntukkan untuk blog. Tetapi tenang saja, Google Adsense sudah mengalami generalisasi saat ini. Satu-satunya cara jika Anda tidak mempunyai blog atau web untuk menampilkan iklan Google Adsense adalah dengan menggunakan Youtube. Tentu saja Anda akan diterima di Google Adsense jika video Youtube yang Anda terbitkan sudah banyak dan cukup populer. Anda bisa rajin-rajin upload dan memperbanyak viewers video Anda.

3. Upload Video
Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mengupload video. Saya sarankan agar Anda mengupload video original dari Anda sendiri karena Youtube sangat sensitif dengan masalah video dengan hak cipta milik orang lain. Anda bisa membuatnya sendiri dengan merekam, menggunakan movie maker, dan lainnya.

4. Monetisasi iklan
Monetisasi iklan bisa diartikan sebagai proses konvesi video untuk mendapatkan nilai dan penghasilan dari iklan yang ditampilkan. Lebih mudahnya, monetisasi iklan adalah mengaktifkan iklan pada video Anda. Jika Anda sudah melakukan monetisasi iklan, maka Anda akan mengetahui video yang layak dan diakui oleh tim Youtube untuk ditampilkan iklan. Baca selengkapnya di Cara Monetisasi dan Menampilkan Iklan di Youtube.

Untuk mempermudah pemahaman Anda tentang cara mendapatkan uang di Youtube, Anda bisa memperhatikan tutorial berikut : Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Monetisasi Iklan

Baca juga artikel terkait :
Cara Mengaitkan Youtube dan Google Adsense (Email yang sama)
Cara Mengaitkan Youtube dan Google Adsense (Berbeda Email)