Cara Compress Template Blog Agar Lebih Ringan dan Cepat

PelangiBlog.Com - Kecepatan loading blog saat diakses adalah hal penting yang juga harus diperhatikan. Ingatlah bahwa mengoptimalkan kecepatan loading blog adalah salah satu trik SEO untuk meningkatkan pergerakan page rank di mesin pencari. Jika blog Anda memiliki akses yang lambat, ini akan menjadi masalah serius, baca pengaruh loading lambat terhadap pergerakan page rank pada Loading Lambat Menjadi Masalah Bagi Blog di Mesin Pencari.

Selanjutnya, kenali penyebab yang bisa memperlambat kecepatan loading blog Anda. Tentu saja ada banyak hal yang menyebabkan loading blog melambat, Anda bisa membaca penyebab-penyebabnya pada : Apa Penyebab Loading Lambat Pada Blog Anda ?.

Di internet, ada banyak situs tools yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui dan mengukur kecepatan loading blog saat diakses. Saya merekomendasikan 5 situs tools gratis kepada Anda, silahkan baca selengkapnya pada 5 Situs Tools Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Loading Blog.

Jika Anda menemui masalah seperti ini, Anda harus segera bergerak untuk mengatasinya. Pastikan kecepatan loading blog Anda berada di garis normal atau sangat cepat. Nah, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk Tips Menarik Untuk Mempercepat Loading Blog Anda.

Jika Anda membaca tips yang saya berikan di atas, salah satu dari tips tersebut adalah dengan menggunakan kompresor HTML. Anda bisa mengompress template blog agar lebih ringan, berikut langkah-langkah sederhananya :


Langkah Pertama :

1. Login ke akun blogger Anda, lalu masuk Dashboard
2. Klik “Template”, lalu klik “Edit HTML
3. Copy semua kode HTML, gunakan CTRL + A lalu CTRL + C

NB : 
Sebaiknya Anda juga mengopy kode HTML template blog pada Notepad atau Microsoft Word dan menyimpannya di komputer, ini untuk mengantisipasi terjadinya error saat penyimpanan HTML yang sudah dikompress, karena tidak semua template support setelah kode HTML dicompress.


Langkah Kedua : 

1. Kunjungi situs Compress HTML
2. Paste atau letakkan kode HTML template pada kolom “HTML Compression Tool
3. Centang “Don't compress HTML head of document
4. Lalu klik “Compress HTML”, lihat gambar di bawah ini :


Langkah Ketiga :

1. Copy kode HTML yang sudah dicompress pada kolom “New Compressed HTML
2. Lalu paste atau letakkan kode tersebut di kolom kode HTML pada template blog Anda.