10 Usaha Kecil yang Cocok Untuk Daerah Pedesaan

10 Usaha Kecil yang Cocok Untuk Daerah Pedesaan

PelangiBlog.Com - Kebanyakan orang perkotaan menganggap bahwa daerah pedesaan merupakan daerah primitif dan tidak cocok untuk membangun sebuah bisnis. Ya memang, realita mengatakan bahwa kebanyakan orang pedesaan justru berbondong-bondong pergi ke kota untuk bekerja, di samping itu keadaan ekonomi di kalangan pedesaan pun cenderung sederhana.

Memang pernyataan di atas ada benarnya, tetapi ini tidak menutup kemungkinan bahwa usaha kecil pun bisa sangat mendukung untuk dibangun di daerah pedesaan. Tentu ada banyak orang pedesaan yang sukses membangun sebuah usaha kecil di desa mereka. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun usaha kecil di kalangan pedesaan :

1. Usaha pertanian
Seperti yang Anda ketahui bahwa daerah pedesaan banyak lahan pertanian, seperti padi  dan jagung. Jika Anda memiliki lahan pertanian yang cukup luas, ini akan bisa mendukung Anda dalam hal perekonomian. Tidak jarang orang desa yang makmur dalam hal perekonomian sehari-hari karena didukung oleh usaha pertanian.

2. Usaha perkebunan
Selain pertanian, usaha perkebunan pun bisa lebih menguntungkan di daerah pedesaan. Anda bisa membayangkan jika Anda memiliki lahan luas yang dimanfaatkan untuk usaha perkebunan. Keuntungan pun bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta dalam sekali panen. Perlu Anda ketahui bahwa berbagai macam buah-buahan, sayuran, dan produk biotik pabrik pun didapat dari hasil perkebunan di daerah pedesaan. Dalam hal ini, usaha perkebunan sangat cocok untuk daerah pedesaan.

3. Usaha tambak atau kolam ikan
Daerah pedesaan juga lebih banyak ditemukan kolam ikan atau tambak. Dan banyak masyarakat desa yang mampu meraih uang puluhan bahkan ratusan juga dari hasil perawatan kolam ikan dalam sekali panen. Ini juga merupakan realita umum di daerah pedesaan sampai saat ini.

4. Usaha peternakan
Anda mungkin pernah berpikir darimana daging ayam, sapi, dan kambing yang dijual di daerah perkotaan, tentu saja semua ini di dapat dari hasil peternakan di daerah pedesaan. Saya pun sering melihat pembelian ayam dalam skala besar dari peternak-peternak ayam di desa. Jika Anda memiliki modal, Anda pun bisa membudidayakan ternak, baik ayam, sapi, kambing, kerbau, burung, ikan, dan lainnya.

5. Usaha pupuk
Memang di desa banyak ditemui lahan pertanian, perkebunan, dan kolam ikan. Dengan melihat realita ini, usaha pupuk bisa menjadi menguntungkan. Tergantung, jika di daerah Anda mayoritas ekonomi penduduk ada pertanian, maka Anda bisa membangun usaha pupuk, dan untuk perkebunan dan kolam ikan.

6. Usaha kreatifitas
Anda memiliki keahlian membuat sebuah kesenian atau kreatifitas lainnya ? ini bisa Anda manfaatkan untuk mendukung kehidupan Anda di desa. Anda mungkin sering melihat berita di TV tentang usaha kreatifitas dari anak desa, jika Anda adalah salah satunya maka saya sarankan untuk mengembangkan kreatifitas Anda.

7. Usaha batik dan sarung tenun
Batik dan sarung merupakan pakaian yang menandakan ciri khas orang Indonesia. Pernahkan Anda mendengar ada usaha batik atau sarung di daerah perkotaan ?. Saya rasa ini sangat jarang, kebanyakan batik dan sarung diproduksi oleh orang-orang desa.

8. Usaha toko bangunan
Berbeda dengan dulu, sekarang rumah-rumah di daerah pedesaan sudah didukung dengan bahan bangunan seperti bata, semen, dan lainnya. Dari sini, kesempatan untuk membangun usaha toko bangunan menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Selain itu, saingan mendirikan toko bangunan pun memiliki prosentase yang kecil untuk daerah pedesaan.

9. Usaha persewaan
Usaha persewaan di daerah pedesaan pun tidak lagi menjadi sesuatu yang asing saat ini. Anda pun mungkin sering menemui persewaan seperti sound system, peralatan pesta (terop, panggung, dekorasi, dan lainnya), alat panen, dan lainnya.

10. Usaha alat-alat elekronik
Masyarakat desa saat ini sudah tidak seprimitif dengan zaman dahulu, banyak alat elektronik di tersebar di daerah pedesaan. Usaha servis dan penjualan alat-alat elektronik tentu akan diminati oleh orang-orang desa, seperti rental, foto copy, servis alat-alat elektronik, warnet, dan juga termasuk penjualan pulsa.