7 Fakta Unik Tentang Perokok Aktif

Kebiasaan merokok memang sangat sukar untuk dihindari oleh para perokok aktif meskipun larangan merokok yang bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis sudah dihimbau. Setiap hari, Anda tentunya sudah melihat banyak orang yang merokok di tempat-tempat umum. Mereka seolah sangat menikmati menghisap asap yang rasanya agak pahit dan tidak takut dengan resiko yang bakal menimpa. 

Nah, berbicara tentang merokok, ada beberapa fakta unik tentang para perokok aktif yang akan dipaparkan pada point-point berikut ini :

1. Para Perokok Aktif Tidak Takut Dengan Penyakit

Meskipun pemerintah mengupayakan untuk memberikan peringatan akan bahaya merokok, baik di tempat-tempat umum, media masa, media elektronik, dan bahkan di setiap bungkus rokok, tetapi kebiasaan merokok sudah sangat sulit untuk dihindari.

Para perokok aktif malah tidak mempedulikan peringatan tentang bahaya merokok. Bagi mereka, kenikmatan menghisap rokok jauh lebih besar dari pada peduli terhadap peringatan tersebut, padahal ini salah. Mereka seolah tidak takut jika mereka terserang penyakit serius akibat merokok. 

Anda pun bisa menanyakan tentang hal ini kepada teman-teman Anda yang merupakan perokok aktif. Lalu bagaimana jawaban mereka ? saya yakin mereka akan tertawa tanpa peduli dengan peringatan untuk kesehatan mereka. Bagi Anda yang bukan perokok, tentu Anda pun takut dengan peringatan tersebut, apalagi melihat gambar penyakit di setiap bungkus rokok.

2. Para Perokok Aktif Mampu Bertahan Dari Lapar

Anda mungkin pernah mendengar kata-kata seperti ini dari perokok aktif, “Saya lebih memilih tidak makan dari pada tidak merokok”. Ini adalah bukti bahwa para perokok aktif dapat betahan meskipun tidak makan pagi sebelum kerja atau tidak makan seharian. Cukup dengan rokok dan secangkir kopi, mereka sudah merasa tidak lapar.

Dibandingkan dengan Anda, jika Anda tidak mengambil sarapan sebelum berangkat kerja, Anda mungkin merasa lapar dan berpikir untuk mencari makan di luar rumah. Sedangkan bagi perokok aktif, mereka tidak jarang hanya mengambil sebatang rokok dan secangkir kopi untuk mengisi sarapa mereka.

3. Para Perokok Aktif Mampu Bersabar Ketika Menunggu

Kata menunggu di sini dimaksudkan dengan menunggu kehadiran seseorang atau menunggu keputusan, bukan menunggu dalam proses cinta dan sebagainya. Menunggu merupakan hal yang sangat membosankan, itulah pendapat semua orang. 

Perasaan tersiksa dan jenuh ketika dalam proses penungguan akan dialami oleh semua orang. Tetapi berbeda bagi perokok aktif, mereka selalu mempunyai cara untuk mengisi luang waktu yang kosong selama proses penungguan dengan menghisap rokok atau pergi ke warung kopi.

4. Para Perokok Aktif Mampu Bertahan Tanpa Tidur Semalam

Percaya atau tidak bahwa perokok aktif bisa saja tidak tidur semalam atau dua malam, mereka hanya titemani oleh sebungkus rokok yang diambil batangnya secara bergantian. Termasuk kebiasaan begadang yang biasa dilakukan oleh para remaja jalanan, tentu aktifitas mereka tidak sepi dari sebungkus rokok. Bahkan beberapa orang memiliki alasan merokok karena mereka menghindari rasa kantuk.

5. Para Perokok Aktif Mampu Berkonsentrasi Dalam Waktu Yang Lebih Lama

Berkonsentrasi dalam waktu yang lama akan membuat pikiran jenuh dan kerja otak semakin melemah. Tetapi, para perokok aktif dapat melakukannya jika dibandingkan dengan non perokok. Mereka bisa berkonsentrasi dalam waktu yang lebih lama baik konsentarsi memikirkan pekerjaan, skripsi, tugas kuliah, atau game. Dan Anda akan dapat melihat puluhan butung rokok di samping mereka setelah pekerjaan mereka selesai.

Ketika berkonsentrasi mereka bahkan tidak sadar berapa banyak batang rokok yang mereka hisap, putus nyambung. Mereka bisa menghabiskan dua bungkus rokok tanpa disadari ketika berkonsentarsi penuh. Ya, bagi para perokok aktif, merokok bisa memunculkan ide-ide baru.

6. Para Perokok Aktif Dapat Mengembalikan Mood Dengan Rokok dan Asapnya

Jika Anda sudah membaca point tiga, empat, dan lima, itu semua tidak terlepas dari aktifitas merokok yang bisa mengembalikan mood, tentu saja bagi para perokok aktif. Tidak hanya itu, para perokok aktif juga sering meluangkan waktu kosong untuk menghisap beberapa batang rokok, tentu saja agar mereka bisa terhibur dan mood menjadi lebih baik.

7. Para Perokok Aktif Dapat Lebih Mudah Bergaul Dengan Sesama Perokok

Bagi para perokok aktif, rokok juga merupakan salah satu sarana untuk mengikat sebuah pertemanan sesama perokok, baik teman lama maupun teman baru. Sebagai sesama perokok, mereka akan saling menyuguhkan rokok ketika mengobrol dan melakukan aktifitas bersama. Bahkan jika mereka menemui teman baru sesama perokok, saling menyuguhkan dan saling menghisap rokok akan membuat ikatan pergaulan menjadi lebih kuat. 

Catatan :
Alangkah baiknya jika Anda menghindari rokok karena berbagai macam penyakit dapat menyerang pengguna rokok aktif maupun pasif, sesuai dengan peringatan di setiap bungkus rokok.