6 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah

PelangiBlog.Com - Pernikahan merupakan suatu ikatan suci untuk membangun sebuah keluarga baru...


PelangiBlog.Com - Pernikahan merupakan suatu ikatan suci untuk membangun sebuah keluarga baru bersama orang yang Anda cintai. Kehidupan baru setelah pernikahan terkadang membawa kebahagiaan bahkan pula penderitaan, ini tergantung bagaimana seseorang menyikapinya.

Kehidupan baru setelah pernikahan tidaklah mudah seperti yang Anda bayangkan, selalu ada masalah baru yang akan muncul. Dan tidak jarang masalah-masalah tersebut mengharuskan seseorang untuk mengakhiri ikatan pernikahannya begitu saja karena tidak mempu mempertahankan. Anda bisa membaca penyebab perceraian yang merupakan masalah dalam berumah tangga berikut ini :


Nah, untuk itu, harus ada hal-hal yang dipersiapkan sebelum menikah agar ikatan pernikahan tetap awet, sakinah, mawaddah, warohmah, dan berlangsung sampai akhir hayat. Berikut ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah :

1. Calon
Suatu hal yang mustahil jika Anda menikah tanpa memiliki calon, jadi calon menjadi persiapan nomor satu untuk menikah. Dalam hal memilih pasangan menikah, jangan pernah memilih seseorang berdasarkan harta, kedudukan, status keluarga, atau pun berdasarkan sudut pandang fisik (rupa dan body). Semua ini merupakan kenikmatan luar yang bisa saja menyebabkan kehidupan rumah tangga Anda tidak utuh, seperti banyak fakta yang sudah terjadi.

Pastikan Anda memilih pasangan yang mengerti tentang agama, berakhlakul karimah, dan berbudi mulia. Pasangan seperti inilah yang akan setia, bisa berbagi suka suka dalam kehidupan Anda, menghibur di kala Anda susah, dan memberikan motivasi di kala Anda putus asa.
2. Ilmu
Ilmu juga faktor terpenting yang bisa mempengaruhi keutuhan rumah tangga. Tanpa di dasari ilmu, tidak menjamin kehidupan rumah tangga akan berlangsung sakinah mawaddah warohmah. Ilmu sebagai bekal pernikahan bisa banyak Anda dapatkan dari agama.

Jadi, sebelum Anda menikah, sebaiknya Anda mendalami terlebih dahulu tentang ilmu agama, ini sangat baik untuk diri sendiri, rumah tangga, dan bersosial. Pelajari hak dan kewajiban yang harus dipenuhi bagi masing-masing pasangan, cara berinteraksi, dan cara menyikapi masalah yang terjadi. Ingatlah bahwa ilmu hanya sekedar teori yang menancap di hati, tanpa dipaktekkan maka semua akan sia-sia.

3. Mental
Perjalanan rumah tangga akan mendapati banyak rintangan dan masalah, jadi mental perlu dipersiapkan sebelumnya. Bekal mental inilah yang mengharuskan Anda untuk sebisa mungkin bertahan dan menghadapi setiap masalah yang datang.

4. Pekerjaan
Point ke empat ini tentu lebih cocok bagi pasangan pria. Pekerjaan adalah faktor pendukung finansial dalam rumah tangga sehari-hari. Tanpa pekerjaan, hanya ada kesensaraan dan siksaan dalam kehidupan rumah tangga. Jadi, pastikan Anda memiliki pekerjaan tetap yang bisa mendukung faktor finansial sebelum menikah, minimal cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

5. Kondisi Fisik
Kondisi fisik juga tidak seharusnya diremehkan, karena jika Anda sakit-sakitan, maka pasangan Anda pun juga ikut sensara. Ya, setiap orang tentu tidak menginginkan sakit, untuk itu Anda harus tetap menjaga kesehatan dan menghindari bahaya yang mengancam seperti narkoba dan minuman keras. Baca juga 11 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Dan Cara Merawatnya.

6. Rumah dan Kendaraan
Rumah dan kendaraan memang bukan menjadi persiapan pokok, tetapi ini bisa saja menjadi penting yang harus dipersiapkan. Hidup bersama orang tua atau mertua, terkadang bisa menjadikan masalah bagi Anda dan pasangan Anda. Bergantung kepada orang tua atau mertua akan menimbulkan perasaan bersalah dan tidak nyaman, tentu akan lebih nyaman jika tinggal di rumah sendiri bukan ?. Jika Anda belum memiliki rumah dan kendaraan sendiri, setidaknya ada rencana untuk membangun rumah dan memiliki kendaraan sendiri setelah berumah tangga.

Baca juga artikel terkait :
Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 6 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah
6 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah
http://1.bp.blogspot.com/-qBwF5Tbi_RM/VVrBCCZl4YI/AAAAAAAABDw/OnFhrASDAGo/s640/6%2BHal%2BYang%2BHarus%2BDisiapkan%2BSebelum%2BMenikah.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-qBwF5Tbi_RM/VVrBCCZl4YI/AAAAAAAABDw/OnFhrASDAGo/s72-c/6%2BHal%2BYang%2BHarus%2BDisiapkan%2BSebelum%2BMenikah.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2015/05/6-hal-yang-harus-disiapkan-sebelum.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2015/05/6-hal-yang-harus-disiapkan-sebelum.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy