Ternyata Banyak Juga Yang Mencuri Konten Pelangi Blog

PelangiBlog.Com - Ini mungkin menjadi hal yang sangat mengejutkan bagi saya beberapa waktu lalu. Saya mencoba untuk mengecek trafik salah satu posting saya di Google dengan mengakses judul di kolom Search Engine Google. Di sana saya menemukan judul yang sama persis dengan judul yang saya search.

Awalnya memang hal biasa, saya ingin melihat informasi apa yang memang kurang dari konten saya berdasarkan judul posting yang telah saya seacrh. Setelah saya buka blog tersebut, betapa mengejutkannya, konten blog yang memiliki judul persis dengan judul saya adalah konten saya.

Saya baru menyadari bahwa konten saya telah dicuri tanpa izin. Judul konten, gambar, dan isi konten pun tidak berbeda sama sekali tanpa link sumber, OMG. Saya pun membuka beberapa halaman dari blog tersebut, ya ternyata banyak konten blog saya yang di copy paste dan diterbitkan di blog tersebut.

Saya pun mencoba untuk mengecek konten-konten yang lain, dan lagi-lagi hal itu memberi kejutan bagi saya. Ternyata banyak juga blog dengan konten curian dari blog saya. Dan saya percaya bahwa tidak hanya blog saya yang mengalami hal seperti ini, bahkan blog Anda mungkin juga salah satunya (jika tanpa proteksi konten).


Menurut Anda apa yang harus saya lakukan ?

Meskipun saya juga memberikan beberapa tutorial untuk melindungi konten blog pada posting-posting sebelumnya, tetapi saya sendiri tidak ingin mempraktekkanya di blog saya. Tujuannya adalah agar mempermudah pengunjung untuk berinteraksi di blog saya.

Saya tidak akan melaporkan tindak pencurian tersebut kepada Google Seacrh Engine yang bisa saja beresiko dibanned di search engine. Ya, saya juga seperjuangan dengan mereka dalam hal blogging, rasanya tidak tega jika harus terjadi hal yang tidak diinginkan. Saya hanya percaya bahwa hal yang dimulai dengan kebaikan, maka hasil akhir pun akan didapatkan dengan kebaikan pula, begitu juga sebaliknya.