Kisah Umar bin Khattab Mendapat Rohmat Karena Burung Kecil

Allah menyayangi orang-orang yang penyayang. Sayangilah yang ada di bumi, maka kamu akan disayangi oleh orang-orang yang ada di langit

Kisah Umar bin Khattab Mendapat Rohmat Karena Burung Kecil

PelangiBlog.Com - Dalam posting kali ini, saya ingin mengajak Anda semua untuk mengasihi dan menyayangi sesama makhluk di bumi, baik hewan maupun tumbuhan, lebih-lebih kepada sesama manusia tanpa membeda-bedakan status. Karena dalam sebuah hadist, Rosulullah SAW bersabda :

الراحمون يرحمهم الرحمن ارحموا من في الارض يرحمكم من في السماء
“Allah Dzat Yang Maha Penyayang menyayangi orang-orang yang penyayang. Sayangilah apapun yang ada di bumi, maka kamu akan disayangi oleh orang-orang yang ada di langit”

Jika ditinjau dari segi bahasa, pada hadist di atas ada dua kata “man”. Kata “man” dalam bahasa arab sendiri bisa menunjukkan arti sesuatu yang umum, yang bersifat mufrod (tunggal), jamak (banyak, lebih dari satu), ‘aqil (sesuatu yang berakal), dan ghoiru ‘aqil (sesuatu yang tidak berakal), tergantung dari konteks kalimat.

Dari pengertian kata “man” tersebut, maka kata “man” pertama pada hadist di atas mengarah pada ‘aqil seperti manusia dan ghoiru ‘aqil seperti hewan, tumbuhan, dan benda-benda mati lainnya. Sedangkan kata “man” kedua diartikan sebagai Allah dan para makhluk-Nya yang ada di langit.

Kesimpulannya, kita diperintah untuk menyayangi segala sesuatu baik sesama manusia, maupun makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Jika kita menyayangi mereka, maka Allah bersama para malaikat-Nya pun akan merohmati (menyayangi) kita.

Kisah Teladan :
Dari sini, ada sebuah kisah menarik yang bisa kita ambil sebagai teladan untuk kehidupan kita sehari-hari. Kisah ini menceritakan tentang Kholifah Umar bin Khattab dan seekor burung kecil, mari kita simak cerita lengkapnya berikut.

Salah satu kebiasaan Kholifah Umar bin Khattab adalah berjalan-jalan mengelilingi kota dan desa untuk melihat keadaan rakyat beliau. Pada suatu hari beliau berjalan di sebuah jalan kecil dari sebuah perkampungan, beliau melihat seorang bocah yang memegang seekor burung kecil dan mempermainkan burung kecil tersebut. (Burung kecil itu sebangsa dengan burung gereja atau manuk emprit).

Kholifah Umar bin Khattab pun merasa kasihan melihat burung kecil yang malang. Tidak tahan melihatnya, beliau serentak mendatangi lantas membeli burung kecil dari bocah tersebut. Kemudian beliau melepaskan burung kecil yang malang tersebut.

Nah, ketika Kholifah sudah meninggal dunia, seorang ulama’ bermimpi bertemu dengan beliau. Ulama’ tersebut pun bertanya tentang keadaan beliau di alam kubur “Apa yang sudah Allah SWT perbuat kepadamu wahai Amirol Mu’minin ?. Beliau pun menjawab “Allah mengampuni dan memaafkan dosa-dosaku”. Ulama tersebut bertanya kembali “Atas dasar apa ? apa karena kedermawananmu, keadilanmu, atau zuhudmu ?”.

Kholifah Umar bin Khattab pun menceritakan perihal sesudah beliau meninggal dunia, “Ketika kamu semua meletakkanku di dalam liang kubur, dan menutupiku dengan tanah lalu meninggalkanku sendirian, maka datanglah dua malaikat yang menakutkan. Pikiranku pun hilang dan aku merasa gemetar karena ketakutan, lalu mereka menyuruhku untuk duduk untuk menanyaiku beberapa pertanyaan. Namun, tak lama kemudian terdengar suara tanpa rupa dan berkata “Tinggalkan hambaku itu dan jangan menakutinya, sesungguhnya Aku telah merohmati dan mengampuninya karena dia telah menyayangi seekor burung kecil di dunia, maka aku juga akan mengampuninya di akhirat nanti”.

Demikian kisah Kholifah Ummar bin Khattab yang mendapatkan rohmat  di dalam kubur karena beliau pernah menyelamatkan seekor burung kecil. Kiranya kisah ini bisa menjadi inspirasi dan teladan bagi kita untuk lebih menyayangi sesama makhluk. Semoga Allah senantiasa merohmati orang-orang yang menyayangi makhluknya, baik sesama manusia, binatang, maupun tumbuhan.

Sumber : Kitab Mawa’idzul Ushfuriyyah, hadist pertama, halaman pertama
Penulis : Syekh Muhammad bin Abi Bakar
Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Kisah Umar bin Khattab Mendapat Rohmat Karena Burung Kecil
Kisah Umar bin Khattab Mendapat Rohmat Karena Burung Kecil
Allah menyayangi orang-orang yang penyayang. Sayangilah yang ada di bumi, maka kamu akan disayangi oleh orang-orang yang ada di langit
https://4.bp.blogspot.com/-eyQVdX9vOQQ/VWwAq1TBBWI/AAAAAAAABGY/5bs7GWi_RJI/s640/Kisah%2BUmar%2Bbin%2BKhattab%2BMendapat%2BRohmat%2BKarena%2BBurung%2BKecil.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-eyQVdX9vOQQ/VWwAq1TBBWI/AAAAAAAABGY/5bs7GWi_RJI/s72-c/Kisah%2BUmar%2Bbin%2BKhattab%2BMendapat%2BRohmat%2BKarena%2BBurung%2BKecil.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2015/06/kisah-umar-bin-khattab-mendapat-rohmat.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2015/06/kisah-umar-bin-khattab-mendapat-rohmat.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy