Cara Mengukur dan Mengetahui Sinyal 3G/4G Seluler Terkuat Di Daerah Anda

PelangiBlog.Com – Setiap daerah di Indonesia memiliki sinyal 3G untuk seluler yang berbeda-beda. Semakin kuat sinyal 3G, maka akan semakin mudah dan lancar dalam berkomunikasi, khususnya untuk mengoperasikan internet lewat seluler atau lewat modem. 

Ya, tentu akan menjadi kendala jika Anda ingin mengoperasikan internet baik lewat seluler atau pun lewat modem jika sinyal 3G tidak ada. Koneksi jaringan internet akan lemot dan terputus-putus, apalagi jika Anda menggunakan modem, secepat apapun jaringan seluler yang Anda pakai. 

Biasanya sinyal 3G lebih kuat untuk daerah kota metropolitan, sedangkan di daerah pedesaan sangat jarang di dapatkan sinyal 3G dan hanya daerah tertentu saja di pedesaan sinyal 3G bisa tercapai. Begitu juga di daerah desa saya yang jarang sinyal 3G. 

Nah, terkait dengan topik pada posting kali ini, saya ingin sharing tentang bagaimana cara mengecek dan mengetahui sinyal 3G terkuat di daerah Anda. Dengan demikian, Anda bisa memutuskan untuk menggunakan jaringan seluler (kartu perdana) yang tepat :

1. Silahkan kunjungi http://opensignal.com

2. Download dulu aplikasi MOBILE SIGNALnya

3. Masukkan alamat daerah Anda (lengkap dengan kota, provinsi, dan negara) pada kolom “Search for any location”

4. Tekan Enter untuk menjalankan proses pencarian, coba lihat contoh gambar di bawah ini :


Catatan :
  • Situs Open Signal ini juga dilengkapi dengan peta seperti di Google Map
  • Selain sinyal 3G, Anda juga bisa mengukur seberapa kuat sinyal 2G dan 4G, atau ketiganya
  • Open Signal adalah salah satu situs yang bisa Anda manfaatkan untuk mengukur seberapa kuat sinyal 3G di daerah Anda, artinya masih ada banyak situs seperti ini selain Open Signal.