Doa Sebelum dan Sesudah Makan Serta Terjemah

PelangiBlog.Com – Islam sangat menganjurkan umat untuk berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, apapun itu. Doa inilah yang berfungsi sebagai pembuka dan penutup segala aktivitas Anda sehari-hari. Ini penting agar setiap apapun aktivitas yang akan Anda kerjakan senantiasa diiringi oleh anugerah dan rohmat Allah, dan setiap apapun yang sudah Anda kerjakan adalah bentuk syukur atas nikmat yang Dia berikan kepada Anda.

Cobalah mari Anda mulai dari hal-hal kecil, misalnya ketika Anda makan, Anda perlu membiasakan diri untuk berdoa sebelum dan sesudahnya. Tujuannya adalah agar makanan yang akan Anda makan diberkahi dan dihindarikan dari campur tangan syetan karena syetan senantiasa ikut mencicipi makanan orang-orang yang tidak membaca doa sebelum makan.


Doa Sebelum Makan :
اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :
“Ya Allah berikanlah berkah kepada kita atas apa yang sudah Engkau rizkikan kepada kami, dan lindungilah kami dari siksa neraka”

Doa Sesudah Makan :
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ اَطْعَمَنَا وَسَقٰنَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Artinya :
“Segala puji hanya bagi Allah yang telah memberikan kami makan dan minum, dan menjadikan kami termasuk golongan orang-orang muslim”

Baca juga : Kumpulan Bacaan dan Doa Sehari-hari Serta Terjemah Lengkap