Kisah Ibrahim bin Ad'ham Bertaubat Kepada Allah


(قال الله تعا لي : وما من دابة في الارض الا علي الله رزقها (سورة هود    

Allah berfirman : Dan tiada hewan melata di bumi kecuali atas Allah rizki mereka (Surat Hud)

PelangiBlog.Com - Ibrahim bin Ad’ham adalah salah satu wali yang sangat terkenal sebagai seorang ahli zuhud (orang-orang yang tidak lagi peduli dengan urusan dunia) di zamannya. Tentu saja banyak kisah beliau yang termuat dalam kitab-kitab salaf dan tulisan-tulisan bertema tasawuf sebagai teladan dan jalan suluk. Dan berikut ini adalah kisah permulaan beliau bertaubat dan memulai jalan sufi. 

Diceritakan bahwa Ibrahim bin Ad’ham dulu merupakan putra seorang raja yang terkenal. Beliau memiliki beberapa budak dan sering mengenakan pakaian-pakaian mewah kerajaan. Tetapi setelah beliau bertaubat, beliau menjadi salah satu dari kekasih Allah yang terkenal sebagai seorang yang zuhud (tidak memperdulikan hal-hal yang bersifat duniawi). 

Pada suatu ketika, Ibrahim bin Ad’ham pergi berburu ke sebuah hutan seorang diri. Sesampai disana beliau pun mencari tempat nyaman untuk berteduh. Beliau membeberkan tikar untuk menyegerakan makanan. Setelah semua makanan telah siap, tiba-tiba datang seekor burung gagak yang mencuri sepotong roti dengan paruhnya dan terbang. Beliau merasa heran atas kejadian tersebut. Kemudian beliau segera menaiki kuda dan mengikuti arah burung gagak terbang.

Beliau terus mengikuti burung gagak tersebut hingga sampai pada sebuah gunung. Namun, burung gagak tersebut hilang entah terbang kemana. Beliau terus mendaki gunung untuk mencari gagak tersebut karena perasaan penasaran terhadap burung gagak tersebut. Dan tanpa disengaja terlihat dari kejauhan, beliau menemukan burung gagak tersebut lantas mendekatinya. Setelah beliau mendekat, burung gagak tersebut terbang dengan meninggalkan seseorang yang terikat tangan dan kakinya.

Melihat kejadian tersebut, beliau segera turun dari kuda dan melepas tali pada tangan dan kaki orang itu, lantas bertanya : “Apa sebenarnya kejadian yang menimpa dirimu wahai saudaraku ?”. Orang yang terikat tersebut menjawab “Aku adalah seorang pedagang, tetapi ditengah perjalanan datang segerombolan perampok yang mengambil semua harta daganganku, kemudian mereka mengikatku ditempat ini selama tujuh hari. Dan setiap hari, datang seekor gagak tersebut dengan membawa sepotong roti kepadaku, ia hinggap didadaku. Dengan paruhnya, ia memotong roti dan menyuapi roti itu padaku. Dan selama tujuh hari tersebut, Allah tidak meninggalkanku dalam keadaan lapar.”

Setelah Ibrahim bin Ad’ham mengetahui kejadian tersebut, beliau menaiki kuda sambil membonceng orang itu dan membawanya ke tempat dimana beliau membeberkan tikar. Beliau amat merenungi atas kejadian tersebut. Sepulang dari hutan, beliau segera bertaubat,  Beliau melepas semua pakaian-pakaian mewah dan memakai pakaian Shuf (pakaian yang terbuat dari bulu binatang, dan biasanya pakaian ini digunakan oleh para shufi karena pakaian ini menandakan kehinaan dan kerendahan), memerdekakan semua budak, dan meninggalkan semua hartanya. 

Dengan tongkat di tangan, beliau pergi menuju mekkah tanpa bekal dan tanpa kendaraan. Hanya tawakkal yang menjadi teman hati sehingga beliau tak pernah merasa prihatin serta susah, dan tidak pula beliau merasa kelaparan sampai tiba ditempat tujuan, Beliau lantas memasuki Ka’bah, bersyukur dan memuji-muji Allah. Dari sinilah, perjalanan sufi beliau dimulai, hingga beliau menjadi seorang sufi yang ahli zuhud.

Demikian kisah Ibrahim bin Ad’ham, semoga bisa menjadikan inspirasi hati bagi kita semua. Dan semoga Allah SWT selalu memberikan rohmat-Nya kepada kaum muslim dan mu’min, amiin !!!


Catatan :
Sumber : Kitab Durrotun Nashihin, Bab Penjelasan Tentang Rizki, Hal 94
Penulis : Syekh Ustman bin Hasan bin Ahmad As-Syakiri Al-Khoubawi.

Baca juga artikel berikut :
Kisah Syekh Hasan Al-Bashri Bertaubat Kepada Allah