Penyebab Video Youtube Kena Klaim Konten Pihak Ketiga & Solusinya


PelangiBlog.Com – Youtube merupakan situs yang memberikan fasiitas menonton video dari berbagai negara dan cukup digemari oleh banyak orang dari penjuru dunia. Faktanya, mengupload video di Youtube bukan hanya sekedar sebagai promosi, koleksi video online, dan sebagainya, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai usaha untuk mengais uang online melalui pemasangan iklan, baca selengkapnya di Cara Mendapatkan Uang Dari Video Youtube.

Bagi mereka, para pengguna internet, ini merupakan kesempatan bagus untuk menghasilkan pemasukan uang hanya dari hoby. Tentu saja berbagai cara dilakukan untuk membuat, mengupload, dan mendapatkan banyak pelanggan. Ya, ini seperti kompetisi dan persaingan untuk mendapatkan pelanggan, dan selalu muncul pesaing baru.

Faktanya, tidak mudah untuk membuat video yang bersih dan bebas klaim (bebas konten pihak ketiga) karena Youtube memiliki system dan aturan yang sensitif terhadap video yang tidak original. Dan berikut ini beberapa penyebab mengapa video Youtube Anda kena klaim hak cipta (terdeteksi konten pihak ketiga) :

1. Anda Mengupload Video Tidak Original
Anda mencuri video Youtube dari orang lain, kemudian Anda menguploadnya kembali di akun Youtube Anda. Tentu secara otomatis akan ada pemberitahuan klaim bahwa video Anda terdeteksi konten pihak ketiga.

2. Anda Menyisipkan Klip Atau Potongan Video berhak Cipta Pada Video Anda
Anda membuat video sendiri, tetapi dalam video buatan Anda ada sepotong klip video berhak cipta yang Anda sisipkan, Youtube bisa mendeteksi video Anda sebagai pelanggaran hak cipta.

Solusi dari point pertama dan kedua :
Buatlah video sendiri dengan merekam dari kehidupan nyata Anda, jangan sisipkan video lain yang memiliki hak cipta meskipun hanya potongan dengan durasi kecil.

3. Anda Menyisipkan Audio Berhak Cipta
Jika Anda membuat video sendiri seperti video tutorial, kemudian Anda menyisipkan audio seperti lagu-lagu dan sebagianya, maka video semacam ini pun akan terdeteksi terdapat konten pihak ketiga ketika diupload.

4. Anda Menyisipkan Klip Atau Potongan Audio berhak Cipta Pada Video Anda
Dari point ketiga, Anda membuat video sendiri dengan menyisipkan potongan lagu pada video Anda. Ini juga sama, akan terkena klaim konten pihak ketiga.

Solusi dari point tiga dan empat :
Cari audio free bebas hak cipta dari situs di internet, Anda bisa menggunakannya. Jika Anda sudah terlanjur mengupload dan kena klaim karena audio terdeteksi pihak ketiga, hapus audio lalu ganti dengan audio support iklan yang disediakan Youtube, baca selengkapnya Cara Mendapatkan Audio Free Support Iklan Video Youtube.

5. Anda Mengupload Video Hasil Rekaman Acara TV
Jika Anda upload video hasil rekaman dari TV, misalkan acara sinetron, movie, atau iklan TV, maka audio pun akan terkena klaim juga.

6. Anda mengupload Video Movie
Video movie atau film, baik movie lokal maupun internasional, video-video seperti ini sudah memiliki hak cipta. Jadi jangan mencoba menghasilkan uang dengan mengupload video movie.

7. Pemilik Hak Cipta Melaporkan Video Anda Kepada Pihak Youtube
Misalkan ada pemilik yang melaporkan video Anda karena Anda menyisipkan audio atau gambar dalam video Anda, tentu video juga akan kena klaim hak cipta.

8. Video Yang Dicekal Di Beberapa Negara
Video yang Anda upload sudah ditonton di beberapa negara, tetapi tidak dapat di tonton di beberapa negara lain karena pemilik hak cipta sudah mengklaim video tersebut dengan konten ID. Jika Anda terkena klaim hak cipta karena video dicekal di beberapa negara, maka Anda tidak bisa memonetisasi iklan di video Anda. Malah sebaliknya, si pemilik negara justru bisa menampilkan iklan di video Anda. Ini biasanya karena dalam video Anda terdeteksi konten pihak ketiga baik audio, musik, klip, dan sebagainya.

Solusi :
Silahkan cek video Anda jika sudah terkena klaim, apa dan siapa yang mengklaimnya, video jangan dihapus dulu. Jika karena audio atau musik, maka Anda bisa menghapus audio atau musik tersebut, Anda juga bisa menggantinya dengan audio free dari Youtube, seperti solusi pada point 3 dan 4.

9. Video Yang Dicekal Di Seluruh Dunia
Artinya, video Anda tidak akan dapat dilihat oleh siapapun di seluruh dunia karena si pemilik hak cipta sudah mengklaim dengan konten ID, kasus ini hampir mirip dengan point ke delapan di atas, jadi solusinya juga sama.

Catatan :
Bagi yang penasaran terhadap konten ID seperti pada point ke delapan dan ke sembilan, bisa mengunjungi kebijakan dan aturan Youtube tentang konten ID, silahkan kunjungi Cara Kerja Konten ID.