Bacaan Niat Wudlu dan Doa Sesudah Wudlu, Beserta Terjemah

Bacaan Niat Wudlu dan Doa Sesudah Wudlu, Beserta Terjemah

PelangiBlog.Com – Wudlu adalah amalan yang wajib dikerjakan sebagai salah satu syarat melakukan ibadah tertentu seperti sholat dan membaca Al-Qur’an. Anda tentunya sudah banyak mempelajari dasar-dasar berwudlu di madrasah, sekolah umum, maupun tempat pengajaran Al-Qur’an.

Ya, seperti yang sudah Anda ketahui bahwa berwudlu di awali dengan niat berwudlu untuk menghilangkan hadast kecil, membasuh wajah, membasuh tangan, mengusap sebagian rambut, dan diakhiri dengan membasuh kaki. Tentu saja bukan hanya ini saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga perlu mengetahui lebih mendalam rukun, tata cara, dan hal-hal yang membatalkan wudlu.

Tetapi, dalam posting ini saya tidak akan membahas tentang rukun, tata cara, dan hal-hal yang membatalkan wudlu, mungkin akan saya bahas dalam kesempatan lain. Di sini saya hanya ingin berbagi tentang lafadz dan bacaan niat ketika berwudlu, juga doa yang dibaca sesudah berwudlu.

Lafadz dan Bacaan Niat Berwudlu :


نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالٰى
Artinya :
“Aku niat berwudlu untuk menghilangkan hadast kecil, fardlu karena Allah Yang Maha Luhur”

Doa Sesudah Berwudlu :


اللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ
Artinya :
“Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertaubat (kepada-Mu), jadikanlah aku sebagai orang-orang yang mensucikan diri, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang suka melakukan kebaikan”.

Baca :
Doa Ketika Membasuh Anggota Badan Saat Berwudlu Serta Terjemah
Kumpulan Bacaan dan Doa Sehari-hari Serta Terjemah Lengkap.