9 Tips Ampuh Atasi Susah Makan Pada Anak

Masalah susah makan bagi anak-anak adalah kendala yang sering dijumpai oleh orang tua. Ini memang umum yang sudah terjadi di mana-mana, anak susah makan atau pilih-pilih makanan, bahkan ada yang sampai picky eating parah. Padahal makanan sangat menunjang perkembangan dan pertumbuhan anak, baik pertumbuhan fisik, mental, maupun akal.

Tentu saja masalah seperti ini membuat orang tua, khususnya ibu, memutar pikiran sampai pusing berkali-kali. Untuk itu, perlu beberapa tindakan orang tua untuk mengatasinya, dan berikut ini ada 9 tips untuk mengatasi masalah susah makan pada anak :

1. Kreatif Membuat Menu Masakan Berbeda Setiap Hari

Anak tentu akan bosan jika makan makanan yang sama setiap hari, jadi pastikan Anda selalu menyiapkan menu masakan berbeda setiap harinya. Ini tidak hanya bermanfaat untuk anak, tetapi juga semua anggota keluarga.

2. Ketahui Makanan Yang Tidak Disukai Anak

Anda juga perlu mengetahui jenis makanan apa yang tidak disukai anak. Jika Anda memberikan makanan yang tidak disukai anak, kemungkinan ia tidak akan memakannya.

3. Beri Motivasi Kepada Anak Tentang Perlunya Makanan Bergizi

Dalam hal ini motivasi sangtlah penting, misalkan memberikan nasehat tentang baiknya makanan bergizi bagi tubuh dan resiko kekurangan gizi. Anda juga bisa membujuk anak, misalkan Anda mengatakan anak yang rajin makan akan disukai Tuhan dan teman-temannya, atau anak yang rajin makan akan menjadi anak yang pandai, tampan, dan cantik, dan lain sebagainya. Dengan demikian, ini akan merangsang anak untuk membiasakan diri makan.

4. Pahami Kondisi Anak Dengan Sabar

Anda juga perlu untuk memahami bagaiman kondisi anak saat Anda mengajaknya makan. Jika memang masih malas, bujuk dan rayu dia, setidaknya untuk makan porsi kecil dulu. Dalm kondisi tertentu, Anda perlu berada di samping anak saat makan dan menyuapinya, sehingga aktivitas makan anak terasa menyenagkan baginya.

5. Jangan Pernah Memaksa Anak Untuk Makan

Jangan pernah memaksa anak karena tidak mau makan, ini akan menimbulkan gejala trauma yang bisa saja membuat anak melakukan pemberontakan dan pembangkangan.

6. Latih Anak Untuk Bertanggung Jawab Dalam Hal Pola Makan

Peran aktif orang tua sangat mempengaruhi semua hal dalam kehidupan anak, khusunya dalam hal pola makan, melatih anak agar terbiasa makan makanan bergizi, teratur, dan mandiri. Tetapi tidak hany sebatas perkataan saja, butuh tindakan nyata, misalnya jika jam makan anak telah tiba hendaknya orang tua mengajaknya untuk makan dan meninggalkan aktivitas lainnya, tanpa harus memaksa.

7. Siapkan Suplemen Penambah Nafsu Makan

Suplemen penambah nafsu makan anak juga cukup membantu karena bisa meningkatkan penyerapan sari makanan dalam proses perncernaan sehingga akan meningkatkan nafsu makan, misalkan Curcuma Plus, Vidoran Plus, atau jamu-jamu manis tradisional lainnya.

8. Beri Hadiah Sesudah Makan

Jangan lupa pula untuk memberikan hadiah kepada anak sesudah makan. Anda bisa memberiikannya jajan atau snack (asal tidak berlebihan), atau sekali-kali membelikannya mainan. Tetapi, sebuah hadiah tidak harus berupa barang, pujian dan ciuman juga salah-satunya.

9. Konsultasi Kepada Dokter Spesialis Anak

Jika semua langkah dan tindakan sudah dilakukan sementara anak masih susah makan, alangkah baiknya Anda pergi ke dokter spesialis anak atau ahli gizi. Tanyakan tentang masalah Anda dan mintalah saran untuk membantu.