10 Dampak Buruk Akibat Terlalu Memanjakan Anak

Memanjakan anak akan berdampak buruk fatal terhadap kondisi psikologis mereka


PelangiBlog.Com – Anak merupakan anugerah besar dari Tuhan bagi para orang tua, dan sudah sewajarnya jika orang tua mencintai dan menyayangi anaknya, memberikan perhatian, fasilitas, memenuhi kebutuhan, dan melakukan apa yang terbaik untuk anak.

Namun, bentuk kasih sayang orang tua kepada anak bukan berarti harus menuruti semua keinginan anak, ada batasan-batasan tertentu di mana orang tua tidak harus terlalu memanjakan anak. Memang memanjakan anak secara berlebihan sebagai wujud kasih sayang orang tua adalah hal yang baik, tetapi tentu memberikan pengaruh yang cukup buruk bagi anak. Dan berikut ini ada beberapa dampak buruk karena terlalu memanjakan anak :

1. Anak Kurang Bisa Mandiri
Ketergantungan anak kepada orang tua karena setiap harinya selalu dimanja akan menjadikan anak kurang mandiri. Ia merasa bahwa segala sesuatu bisa dipenuhi oleh orang tua, sehingga ia lebih cenderung bergantung pada orang tua tanpa belajar untuk hidup mandiri sejak dini.

2. Anak Kurang Bisa Bertanggung Jawab
Tanggung jawab itu penting bagi anak, memanjakan anak secara berlebih tidak lain hanya akan membebani kehidupan anak. Ini sama halnya tidak mengajarkan anak untuk belajar bertanggung jawab atas segala sesuatu, hanya mengandalkan orang tua.

3. Anak Kurang Bisa Mengatur Waktu
Jika segala keinginan anak dipenuhi bahkan tidak tega membiarkan anak melakukan aktivitas kecil dalam rumah seperti merapikan tempat tidur, mengambil makanan sendiri, mencuci baju dan menatanya, dan lain sebagainya, ini akan membuat anak tidak bisa mengatur waktu dan senang berbuat seenaknya.

4. Kurang Inisiatif dan Kurang Kreatif
Coba bandingkan dengan anak yang memang dari kecil sudah belajar bekerja membantu orang tua, tentu akan sangat berbeda, pola pikir anak seperti itu lebih cenderung bersifat dinamis dibandingkan anak yang manja. Biasanya, anak yang serung dimanja memiliki pola pikir kurang inisiatif, kurang keratif, dan kurang dinamis.

5. Sulit Berinteraksi Dengan Lingkungan Luar
Anak yang terlalu manja terbiasa dengan kehidupan yang mudah dan menyenangkan dengan segala sesuatu yang terpenuhi. Di lingkungan luar tanpa orang tua, tentu anak seperti ini akan kesulitan untuk menyesuaikan diri.

6. Menumbuhkan Sifat Pemarah
Anak yang dimanja sejak kecil terbiasa dengan segala sesuatu yang disiapkan oleh orang tua, keinginan terpenuhi, malas melakukan aktivitas-aktivitas kecil di rumah, dan berbuat semaunya. Tentu ia akan lebih mudah marah jika ada kesalahan sepele orang tua yang tidak sesuai dengan keinginannya. Sifat pemarah seperi ini juga akan mempengaruhi dalam kehidupan di luar rumah, baik tetangga, teman, maupun guru.

7. Mementingkan Diri Sendiri
Memanjakan anak juga berarti mendidiknya untuk lebih mementingkan diri sendiri dari pada orang lain. Mengapa demikian ? karena ia selalu ingin diperhatikan, disayangi, dan keinginannya harus dipenuhi tanpa memandang kepentingan orang lain.
 
8. Mudah Menyerah dan Putus Asa
Karena memang sudah terbiasa dengan kemanjaan, maka saat anak mengalami masa-masa sulit, ia akan mudah menyerah dan putus asa. Hal seperti ini sudah sering terjadi di masyarakat, mendidik anak dengan dengan manja sama halnya dengan melemahkan mental anak itu.

9. Sudah Dewasa Tetapi Pola Pikir Masih Seperti Anak-anak
Pendidikan yang diberikan orang tua kepada anak sangatlah mempengaruhi kehidupan anak sampai dewasa nanti karena memang dasar watak anak diasah sejak kecil. Anak yang memang dimanja sejak dini, jika ia sudah dewasa pola pikirnya pun tidak jauh berbeda dan masih kekanak-kanakan.

10. Anak Bisa Saja Terlibat Kenakalan Remaja
Salah satu faktor penyebab kenakalan masa remaja adalah memanjakan anak secara berlebih, orang tua hanya memenuhi kebutuhan fisik anak tanpa memperhatikan kebutuhan moral. Jika di dalam rumah ia berbuat sesuai keinginan, maka di luar rumah pun juga demikian, ia melakukan hal yang menurutnya menyenangkan. Sering pulang malam-malam, pergaulan bebas, mabuk-mabukan, narkoba, dan lainnya adalah contoh kenakalan masa remaja akibat kurangnya pendidikan moral dari orang tua. Baca juga : 5 Faktor Utama Penyebab Penyalahgunaan Narkoba.
Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 10 Dampak Buruk Akibat Terlalu Memanjakan Anak
10 Dampak Buruk Akibat Terlalu Memanjakan Anak
Memanjakan anak akan berdampak buruk fatal terhadap kondisi psikologis mereka
https://4.bp.blogspot.com/-wGE2FCpA4PU/VmJum0LjkII/AAAAAAAABcc/1xP8KhJGwv0/s640/10%2BDampak%2BBuruk%2BAkibat%2BTerlalu%2BMemanjakan%2BAnak.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-wGE2FCpA4PU/VmJum0LjkII/AAAAAAAABcc/1xP8KhJGwv0/s72-c/10%2BDampak%2BBuruk%2BAkibat%2BTerlalu%2BMemanjakan%2BAnak.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2015/12/10-dampak-buruk-akibat-terlalu.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2015/12/10-dampak-buruk-akibat-terlalu.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy