Ketahui 11 Penyebab Kamu Mengalami Gangguan Susah Tidur

PelangiBlog.Com – Pernahkan kamu mengalami gangguan susah tidur di malam hari ?. Itu adalah gangguan yang cukup menyusahkan bagi penderita, yang bisa dialami oleh semua orang. Ganguan susah tidur bisa saja menjadi masalah yang cukup serius karena juga akan berpengaruh buruk pada hari-hari, kamu bisa saja tidak merasa nyama saat beraktivitas akibat kurang tidur dan istirahat. Untuk itu perlu diketahui penyebab mengapa kamu mengalami gangguan susah tidur di malam hari :



1. Menderita Penyakit Insomnia
Penyakit Insomnia adalah gelaja atau kelainan susah tidur yang dialami seseorang. Bagi penderita Insomnia, gangguan tidur lebih sering terjadi setiap hari, dan tentu akan membuat penderita merasa cukup menderita menjelang tidur. Biasanya, penyakit Insomnia ini disebabkan oleh masalah yang bersifat psikologis.

2. Masalah 
Masalah juga bisa membuat seseorang kesusahan tidur di malam hari karena masalah menjadikan beban dipikiran. Adapun masalah-masalah dalam hal ini sangatlah banyak dan setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda, bisa seperti target pekerjaan yang belum tercapai, jatuh cinta, tugas sekolah, menghadapi ujian, dan lain sebagainya.

3. Stress dan Depresi
Sebenarnya, stress dan depresi merupakan salah satu akibat dari masalah yang menjadikan beban berlebih pada pikiran. Stress dan depresi juga bisa membuat seseorang mengalami kesusahan tidur.

4. Kurang Olahraga
Olahraga memang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Salah satu fungsi olahraga adalah memberikan kenyamanan seseorang ketika ia beristirahat, begitu juga sebaliknya. Tetapi, meskipun tidak bisa berolahraga, maka setidaknya banyak melakukan aktivitas kecil setiap harinya, aktivitas-aktivitas kecil ini adalah pengganti olahraga.

5. Tubuh Terlalu Capek dan Pegal
Seseorang yang terlalu lelah, juga bisa menyebabkan gangguan susah tidur. Misalkan saja seseorang yang melakukan aktivitas berlebih yang menyebabkan tubuhnya mengalami lelah berat, maka rasa lelah tersebut juga akan menghalangi dan menggangu tidurnya.

6. Mengkonsumsi Makanan Berlebih Sebelum Tidur
Makan sebelum tidur sangat dilarang dalam dunia kesehatan, bukan hanya karena bisa mengganggu tidur, tetapi juga bisa menyebabkan penyakit lain yang lebih berbahaya. Jadi, jangan makan terlalu kenyang sebelum tidur, jika kamu makan menjelang tidur, setidaknya kamu mengendorkan makanan yang dicerna di perut terlebih dahulu dengan berjalan-jalan dan melakukan aktivitas kecil.

7. Mengkonsumsi Minuman Yang Mengandung Kafein, Nikotin, dan Alkohol
Kafein, Nikotin, dan Alkohol adalah zat candu yang menyebabkan seseorang ketagihan. Kafein biasanya banyak terkandung dalam kopi, Nikotin adalah zat campuran dalam rokok agar terasa lebih nikmat, dan alkohol terdapat pada minuman keras.

8. Kebanyakan Tidur Siang
Biasanya, masalah ini sering terjadi pada pra remaja, menghabisakan kekosongan waktu dengan tidur seharian. Terkadang, kebanyakan tidur juga menyebabkan seseorang terlihat lemas, layu, dan mengantuk (mengantuk tetapi tidak bisa tidur).

9. Faktor Suhu Udara
Ini sudah jelas bahwa suhu dingin atau panas akan membuat seseorang mengalami gangguan susah tidur. Ini memang faktor penyebab eksternal lingkungan yang tidak seorang pun bisa mencegahnya.

10. Faktor Kondisi dan Keadaan
Faktor ini juga adalah faktor penyebab eksternal lain, faktor kondisi dan keadaan ini bisa seperti banyak nyamuk, suara bising dan ramai, dan faktor lain yang menyebabkan seseorang tergangu ketika ia tidur.

11. Usia Lanjut
Kebanyakan orang usia 60 tahun atau ke atas juga lebih jarang tidur, ini adalah faktor alami pada diri setiap orang. Berbeda dengan faktor-faktor penyebab di atas, susah tidur pada orang usia lanjut tidak membuat mereka merasa terganggu karena memang tubuh dan usia sudah bisa beradaptasi dengan hal semacam ini.