8 Fungsi dan Manfaat Memakai Jilbab

Inilah nilai positif mengenakan jilbab atau kerudung bagi wanita muslimah, dari segi agama, sosial, dan kesehatan

PelangiBlog.Com – Dari sekian banyak wanita muslimah di Indonesia, persentase mereka yang melepas jilbab lebih dominan dibanding yang memakai jilbab. Padahal, Anda pasti sadar bahwa Indonesia adalah penduduk yang beragama islam terbesar di seluruh dunia, Anda juga tahu bahwa memakai jilbab atau kerudung sangat di syariatkan bagi para wanita muslimah.

Ya, ada begitu banyak alasan yang perlu dijelaskan mengapa mayoritas wanita musimah di Indonesia enggan memakai jilbab, dan mungkin akan saya bahas pada pertemuan-pertemuan selanjutnya. Untuk saat ini, mari kita telusuri bahwa memakai jilbab atau kerudung memiliki nilai lebih positif bagi kehidupan wanita muslimah, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan.

Baca : 9 Penyebab Wanita Tidak Mau Memakai Jilbab.

8 Fungsi dan Manfaat Memakai Jilbab

Nah, Apa Nilai Positif Memakai Jilbab atau Kerudung ?
Beberepa point berikut ini akan menjelaskan betapa besarnya fungsi dan manfaat memakai jilbab atau kerudung bagi para wanita muslimah, Anda perlu mencatatnya :

1. Tanda Wanita Ideologis Terhadap Agama Islam
Wanita muslimah yang selalu mengenakan jilbab, baik ketika ia keluar rumah maupun pada foto-foto di media sosial, merupakan tanda bahwa dia benar-benar memegang teguh pada syariat agama islam. Mereka faham benar bahwa syariat bukan hanya sekedar teori, tetapi harus dipraktekkan dalam kehidupan.

2. Menutupi Aurot
Berdasarkan pendidikan islam, aurot artinya telanjang menurut bahasa, sedangkan aurot menurut istilah adalah aggota tubuh yang harus ditutupi agar tidak menyebabkan syahwat atau perasaan aneh bagi yang melihat. Seperti yang sudah Anda ketahui, aurot wanita adalah sekujur tubuh kecuali telapak tanggan dan wajah, jadi, menggunakan hijab dihukumi wajib ain bagi wanita. Sekarang, apakah Anda sudah memakai jilbab ?.

3. Meredakan Hawa Nafsu Bagi Pria Yang Melihat
Ketika pria melihat wanita tanpa jilbab, pasti akan muncul beberapa perasaan dan pikiran tertentu, misalkan pria itu berkata di dalam hati “rambut wanita itu sangat cocok dengan wajahnya” atau “rambutnya lurus dan panjang, aku ingin melihat wajahnya”, dan lain sebagainya, itu adalah perasaan-perasaan kecil hawa nafsu.  Tetapi, jika wanita tersebut memakai jilbab, tentu perasaan hawa nafsu pria tersebut lebih mereda.

4. Pertanda Wanita Sholehah
Wanita yang sholehah adalah wanita yang memiliki sikap dan prilaku yang baik. Jika Anda berkaca pada point pertama di atas, sebuah jilbab yang dikenakan mencerminkan bahwa dia adalah wanita yang sholehah, terutama jika Anda belum pernah melihatnya. Berbeda jika Anda mengenal wanita yang jarang atau tidak pernah memakai jilbab, Anda mungkin akan berpikir bahwa dia bukan wanita sholehah.

5. Memberikan Rasa Hormat
Mari kita melanjutkan pembicaraan pada point ke tiga di atas bahwa memakai jilbab bisa meredakan hawa nafsu pria saat melihat wanita. Selain itu, pria tersebut juga akan merasa malu untuk menggodanya, pria itu menghormati identitas kemuslimahannya.

6. Terlihat Lebih Ayu
Banyak orang mengatakan wanita terlihat lebih ayu dengan jilbab yang dikenakannya, ini benar. Lalu, terlihat ayu dari mana ? tentu saja dari busana jilbabnya yang menunjukkan keserasian antara busana dan wajahnya. Dari depan, samping, maupun dari belakang Anda melihatnya, tetap saja serasi, ditambah lagi jika dia tersenyum dengan anggun.

7. Memberikan Pendidikan Bagi Orang Lain
Anda menyuruh anak memakai jilbab sedangkan Anda sendiri tidak memakai jilbab, bagaimana tanggapan anak ? Anda seorang ustadzah menghimbau santri untuk selalu mengenakan jilbab, lalu santri melihat foto tanpa jilbab di media sosial, bagaimana tanggapan mereka ?, tentu mereka akan mengatakan Anda “munafik”. Memberikan contoh baik harus dimulai dari diri Anda sebelum orang lain, jika Anda selalu berjilbab maka secara tidak langsung orang lain akan terdidik untuk berjilbab pula.

8. Memakai Jilbab Juga Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan
Ternyata, memakai jilbab atau kerudung juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, bagi kulit dan rambut, misalkan :

  • Kulit terjaga dari sisik-sisik kasar akibat sinar matahari
  • Kulit yang tertutupi jilbab tidak terbakar oleh sinar matahari
  • Rambut terjaga dari sinar UV, debu, kotoran, dan polusi.
Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 8 Fungsi dan Manfaat Memakai Jilbab
8 Fungsi dan Manfaat Memakai Jilbab
Inilah nilai positif mengenakan jilbab atau kerudung bagi wanita muslimah, dari segi agama, sosial, dan kesehatan
https://1.bp.blogspot.com/-HfOpaTqyYDQ/VzXhhsQ6I9I/AAAAAAAACPg/k6tBvfbbO8sIVBLv_bZuMZG3aNn1_EJlwCLcB/s640/8%2BFungsi%2Bdan%2BManfaat%2BMemakai%2BJilbab.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-HfOpaTqyYDQ/VzXhhsQ6I9I/AAAAAAAACPg/k6tBvfbbO8sIVBLv_bZuMZG3aNn1_EJlwCLcB/s72-c/8%2BFungsi%2Bdan%2BManfaat%2BMemakai%2BJilbab.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2016/05/8-fungsi-dan-manfaat-memakai-jilbab.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2016/05/8-fungsi-dan-manfaat-memakai-jilbab.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy