Wirid dan Doa Sesudah Sholat Witir Bulan Ramadhan Beserta Terjemah

Doa dan Wirid Sesudah Sholat Witir Bulan Ramadhan Beserta Terjemah

PelangiBlog.Com – Pada posting sebelumnya, saya sudah sharing bacaan doa sesudah mengerjakan sholat tarawih di bulan ramadhan, ya tentu saja sudah lengkap beserta terjemah. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membuka posting pada link berikut ini :

Baca :
Bacaan Bilal Sholat Tarawih dan Sholat Witir Beserta Terjemah
Doa Sesudah Sholat Tarawih dan Terjemah.

Nah, jika berbicara tentang sholat tarawih, maka pasti ada hubungannya dengan sholat witir, sebab memang sudah menjadi budaya islami bahwa sesudah mengerjakan sholat tarawih kemudian disambung dengan mengerjakan sholat witir, seperti inilah budaya yang Anda kenal saat ini.

Sholat witir adalah sholat sunnah yang dikerjakan dengan jumlah rokaat yang ganjil, witir sendiri artinya adalah ganjil. Memang, berdasarkan ketentuan hukum islam, sholat witir lebih mulia dikerjakan sebagai penutup sholat-sholat sunnah di malam hari pada hari-hari biasa, yaitu waktu sepertiga malam.

Mengapa sholat witir harus dikerjakan sesudah sholat tarawih di bulan Ramadhan ?
Alasannya cukup sederhana, ini adalah trik para ulama agar kaum muslimin lebih banyak mengerjakan ibadah di bulan Ramadhan, karena pahala dari setiap amal ibadah di bulan ini akan dilipatgandakan. Anda pasti menyadari bahwa kebanyakan orang pasti malas bangun di pertigaan malam, sebab waktu tersebut adalah waktu yang lelapnya tidur.

Untuk alasan inilah para ulama’ mensiasati agar tidak melupakan sholat witir. Ini juga menjadi alasan yang sama mengapa sholat tarawih dikerjakan langsung sesudah sholat isya’, di mana pada masa kholifah Umar bin Khattab, sholat tarawih dikerjaan pada tengah malam. Ya, tentu sebagai siasat agar kaum muslimin mau dan lebih mudah mengerjakannya tanpa harus bangun di tengah malam.

Oke, mari kembali ke topik semula, di sini saya akan sharing doa dan bacaan sesudah mengerjakan sholat witir di bulan Ramadhan, berikut doa dan bacaan tersebut :


Doa Wirid Sesudah Sholat Witir di Bulan Ramadhan :
Ingatlah, bahwa setiap daerah memiliki budaya wirid yang berbeda, wirid berikut ini adalah wirid yang biasa dibaca di daerah Jawa Timur.

 3x سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ
3x سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحُ
 اَشْهَدُ اَنْ لَّااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ اَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ، نَسْئَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ، وَنَعُوْذُبِكَ مِنْ سَخَتِكَ  وَالنَّارَ، اَللّٰهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ، تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا يَاكَرِيْمُ

Artinya :
Maha suci Raja yang Maha Bersih (sebanyak 3 kali)

Dengan mensucikan dan membersihkan (atas semua yang menyamai dan menyekutui-Nya) Tuhan kami, Tuhan para malaikat dan rukh (sebanyak 3 kali)

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah (dan) aku memohon ampun kepada Allah. Kami memohon kepada-Mu (untuk mendapatkan) ridlo-Mu dan surga, kami berlindung dari amarah-Mu dan api neraka. Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Mulia, Engkau mencintai ampunan (kepada hamba-Mu) maka ampunilah kami, wahai Tuhan yang Maha Mulia.




Doa Penutup Sholat Witir di Bulan Ramadhan :

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ، اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya :
Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keimanan yang langgeng, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang sholeh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu (agar kami bisa selalu) bersyukur atas kesehatan (yang telah Engkau berikan), dan kami memohon kepada-Mu agar kami tidak berharap kekayaan dari manusia. Ya Allah, Tuhan kami, terimalah shalat kami, puasa kami, ibadah malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami, sempurnakanlah kecerobohan kami, Ya Allah Ya Allah Ya Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rohmat Allah terlimpahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, semua keluarga dan sahabat beliau, dan segala puji hanya bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Baca juga : Kumpulan Bacaan dan Doa Sehari-hari Serta Terjemah Lengkap