10 Hal Positif Yang Akan Anda Dapatkan Saat Menyendiri


PelangiBlog.Com – Banyak orang mengatakan bahwa kesendirian merupakan hal yang sangat membosankan. Menyendiri dianggap sebagai refleksi dari kesedihan dan kegundahan hati yang dapat menimbulkan hal-hal negatif di luar keinginan. Bahkan di antaranya, suka menyendiri juga dianggap sebagai aktivitas anti-sosial yang memang tidak ingin bergaul dengan orang dan lingkungan sekitar. Namun jangan salah sangka dulu, karena ternyata banyak manfaat dan sisi positif yang akan Anda dapatkan saat Anda menyendiri :

1. Melepas Kegelisahan Hati Melalui Ketenangan
Sebagai sesosok manusia, tentu jalan kehidupan tidak pernah sepi dari masalah-masalah yang muncul, entah masalah cinta, pekerjaan, keluarga, dan lain sebagainya. Namun ternyata, menyendiri dari keramaian juga cukup membantu untuk menenangkan hati yang gelisah akibat masalah tersebut, mengisi hati dengan hal-hal positif, serta mencoba mencari solusi untuk menemukan jalan keluar yang terbaik.

2. Menjernihkan Kembali Pikiran
Manusia dianugerahi oleh Tuhan dengan akal pikiran yang terbatas, artinya ada batas tertentu untuk mengunakannya. Jika beban pikiran terlalu berlebihan, maka tentu akan menguras banyak energi dan memudarkan konsentrasi, sehingga cara berpikir mulai kurang beraturan. Dan terkadang, menyendiri bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk menjernihkan dan mengisi kembali daya pikir Anda.

3. Perasaan Lebih Nyaman dan Tenang
Memang ada waktu di mana Anda harus membuka pikiran, menghirup udara segar lalu menghembuskan secara perlahan, dan mencoba merasakan kenyamanan saat itu. Ya, waktu seperti ini akan sangat jarang Anda dapatkan kecuali saat Anda sedang sendiri, ketenangan dan kenyamanannya mungkin tak bisa terungkap dengan kata-kata.

4. Mengisi Ulang Tenaga Setelah Berbagai Aktivitas
Ketika Anda melakukan aktivitas dengan bergaul bersama orang lain, akan ada banyak tenaga yang terkuras, bergerak, berkata, tertawa, dan lain sebagainya. Namun, ketika Anda sedang menyendiri dalam sepi, Anda bisa memiliki lebih banyak ruang untuk mengekspresikan perasaanmu, mengisi hal-hal negatif, serta menghilangkan kepeningan pikiranmu.

5. Menemukan Inspirasi dan Hal Baru
Melakukan berbagai aktivitas terkadang membuat Anda menjadi kurang peka terhadap apapun yang ada di sekitar Anda, bahkan terkadang membuntu pikiran Anda untuk menemukan inspirasi. Berbeda ketika Anda sedang sendiri dan mencoba menenangkan pikiran, akan banyak hal baru yang muncul begitu saja di pikiran Anda, bahkan terkadang Anda mampu menguak banyak hal saat sendiri.

6. Mencoba Mandiri dan Berpikir Lebih Dinamis
Ketenangan dan kenyamanan yang Anda rasakan di kala Anda menyendiri dan bergabung dengan alam, mampu mengarahkan pemikiran ke arah yang lebih jelas dan kompleks. Anda tidak hanya bisa berpikir lebih jernih, tetapi juga lebih dinamis, mencoba mengevaluasi tindakan yang sudah Anda lakukan, menentukan tujuan, serta membuat perencanaan matang.

7. Sebagai Bentuk Renungan dan Intropeksi Diri
Waktu di mana Anda sedang sendiri juga merupakan waktu yang tepat untuk merenung, menyadari betapa lemahnya diri Anda, betapa banyak kekurangan dan kesalahan yang sudah Anda perbuat, dan memperkacai serta mengintropeksi diri. Dengan demikian, ini akan sangat membantu Anda untuk melangkahkan kaki menuju arah yang lebih jelas dan membuat keputusan yang tepat.

8. Mengetahui Jati Diri
Ketika Anda melakukan banyak aktivitas di keseharian Anda, tentu saja Anda mulai melupakan banyak hal tentang diri Anda. Namun, di kala Anda sedang menyendiri, terkadang Anda bisa merasakan apa yang Anda inginkan, sudah benarkah apa yang Anda kerjakan, dan berbagai pertanyaan yang merujuk pada pengenalan diri Anda lebih dalam.

9. Bertafakkur Atas Ciptaan Tuhan
Kesendirian bisa membuka mata Anda untuk melihat lebih jelas apa yang ada di sekitar Anda. Misalkan saja Anda melihat sekor semut yang bergotong royong mengusung makanan, Anda bisa mendapatkan inspirasi dan teladan yang baik dari gerombolan semut tersebut. Ini hanya satu dari jutaan contoh ketika Anda bisa bertafakkur atas ciptaan tuhan dan mengambil pelajaran berharga atas itu.

10. Mewujudkan Rasa Syukur Terhadap Tuhan
Nah bertolak dari point ke sembilan di atas, jika Anda mampu mengambil banyak pelajaran baru di sekitar Anda melalui tafakkur atas ciptaan Tuhan, tentunya Anda akan lebih merasa kagum kepada yang menciptakan, sehingga akan membuahkan rasa syukur akan keagungan dan kuasa Tuhan.