Sholawat Fatikh, Fadhilah, Keistimewaan, dan Terjemah Indonesia

Sholawat Fatikh, Fadhilah, Keistimewaan, dan Terjemah Indonesia

PelangiBlog.Com – Sholawat adalah bacaan doa untuk Rosulullah SAW agar beliau mendapatkan rohmat dan kesejahteraan di sisi Allah SWT. Membaca sholawat sangatlah dianjurkan oleh Allah dan rosul-Nya kepada kaum muslim, sedangkan doa sholawat yang diucapkan malah justru akan menjadi lantara bagi muslim untuk mendapatkan syafaat (pertolongan) Rosulullah SAW kelak di akhirat.

Yang intinya, doa sholawat yang Anda baca sebenarnya kembali kepada Anda sendiri sebagai timbal balik. Adapun jenis sholawat sangatlah banyak berdasarkan fadhilah dan keistimewaannya. Di sini saya akan membicarakan sedikit tentang salah satu sholawat, yaitu sholawat fatih.

Apa Itu Sholawat Fatikh ?
Fatikh artinya adalah pembuka, sedangkan sholawat fatikh adalah sholawat yang berisi doa kepada Rosulullah SAW, yang di dalamnya berisi pujian kepada Rosulullah SAW bahwa beiau adalah pembuka atas segala sesuatu yang tersegel dan juga penolong kebaikan, untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca lebih lanjut.

Apa Fadhilah dan Keistimewaan Membaca Sholawat Fatikh ?
Secara umum, sholawat fatikh mempunyai fadhilah dan keistimewaan bagi yang membaca secara istiqomah dengan niat di hati. Anda bisa mengistiqomahkan bacaan sholawat fatikh setiap harinya, misalkan setelah melakukan sholat sebanyak beberapa kali. Adapun fadhilah dan keistimewaannya adalah sebagai berikut ini :

1. Membuka pintu rizki
2. Membuka pintu ilmu
3. Membuka jalan keluar atas masalah-masalah dunia serta kesulitan dalam hidup
4. Membuka dan meluluhkan hati yang keras
5. Membuka pertolongan dan keselamatan,

Bagaimana Lafadz Sholawat Fatikh ?
Nah, berikut ini adalah bacaan sholawat fatikh, di mana Anda juga bisa mengetahui terjemah dari kalimatnya :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ نِ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ، وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِى اِلىٰ صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلٰى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ
Artinya :
“Ya Allah, limpahkanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, pembuka sesuatu yang tertutup, penutup sesuatu yang terdahulu (penutup para nabi dan rosul), penolong kebenaran dengan kebenaran, dan penunjuk ke jalan yang lurus. Semoga terlimpahkan pula kepada keluarga dan sahabat beliau, sepantas derajat dan kedudukan beliau yang agung”.

Baca : Kumpulan Bacaan dan Doa Sehari-hari Serta Terjemah Lengkap.