Sholawat Thibbil Qulub : Faidah, Fadhilah dan Terjemah Indonesia

Sholawat Thibbil Qulub : Faidah, Fadhilah dan Terjemah Indonesia

PelangiBlog.Com – Membaca sholawat kepada Rosulullah SAW adalah hal yang sangat diserukan bagi umat Beliau, karena bacaan sholawat inilah yang akan mengantarkan umat pada syafaat (pertolongan) Beliau kelak di akhirat nanti. Dan perlu diketahui bahwa syafaat Beliau adalah sesuatu yang amat diharapkan untuk memperoleh keselamatan dari siksa neraka.

Bagi orang-orang ‘Asyiq (cinta dan rindu Rosulullah SAW), mereka bahkan sampai menciptakan syair dan doa sholawat yang memiliki banyak sekali faidah dan fadhilah tergantung makna dari isi sholawat tersebut, salah satunya adalah sholawat Thibbil Qulub.

Apa Itu Sholawat Thibbil Qulub ?
Thibbun berasal dari bahasa arab yang artinya adalah obat atau penyembuh, sedangkan Qulub berasal dari jama’ lafadz Qolbun yang artinya hati. Sholawat Thibbil Qulub adalah sholawat kepada Rosulullah SAW yang di dalamnya mengandung sanjungan bahwa Beliau adalah obat hati yang sakit, yang kemudian menjadikan faidah dan fadhilah dalam membacanya.

Apa Fadhilah dan Faidah Membaca Sholawat Thibbil Qulub ?
Secara umum, sholawat Thibbil Qulub jika bisa dibaca secara istiqomah setiap hari, maka faidah dan fadhilanya adalah sebagai berikut :
1. Mengobati hati yang gundah, sakit, dan gelisah
2. Mengobati Badan dari beberapa penyakit, baik penyakit dhohir maupun batin
3. Membuka cahaya hati dan mata dari setiap keburukan.
Kesimpulannya, sholawat Thibbil Qulub ini sangat cocok dibaca oleh orang yang sedang gelisah hatinya sebagai penenang, juga bagi orang yang sedang sakit hatinya karena memiliki sifat-sifat buruk. Begitu juga sholawt ini juga sangat cocok untuk dibacakan kepada orang-orang seperti di atas.

Bagaimana Lafadz dan Bacaan Sholawat Thibbil Qulub ?
Untuk bacaan kalimat sholawt Thibbil Qulub, bisa dilihat seperti di bawah ini, lengkap dengan harakat dan terjemah bahasa Indonesia :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ  وَسَلِّمْ
Artinya :
“Ya Allah, berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, (yang mana beliau adalah) penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat Beliau, dan semoga Engkau memberikan kesejahteraan”

Baca juga : Kumpulan Bacaan dan Doa Sehari-hari Serta Terjemah Lengkap.