Batas Waktu Awal dan Akhir Sholat Fardlu | Pelangi Blog

Batas Waktu Awal dan Akhir Sholat Fardlu

Sholat adalah ibadah yang diawali dengan takbirotul ihrom dan diakhiri dengan salam

Batas Waktu Awal dan Akhir Sholat Fardlu

PelangiBlog.Com - Sholat menurut bahasa artinya doa sedangkan menurut istilah seperti halnya yang telah dikatakan oleh imam Rofi’I yaitu setiap perkataan dan perbuatan yang diawali dengan takbirotul ihrom dan diakhiri dengan salam dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Syarat-syarat yang telah tentukan ini meliputi rukun, syarat sah, syarat wajib, dan sunnah-sunnah dalam sholat.


Macam-macam Sholat Fardlu dan Waktunya

1. Sholat Subuh 
Sholat ini dikatakan sholat subuh karena subuh artinya pagi hari dan sholat ini dilaksanakan pada awal hari atau pagi hari. Adapun waktu sholat subuh dimulai ketika terbitnya fajar shodiq (ketika terlihat cahaya gemilau di ufuq atau tepi langit, sekitar pukul 04.00-04.30 WIB) sampai terbitnya matahari (sekitar pukul 05.30-06.00 WIB).

2. Sholat Dhuhur
Sholat ini dikatakan dhuhur karena dilaksanakan pada tengah hari atau tengah siang. Adapun waktu sholat dhuhur dimulai ketika matahari telah tergulir dari tengah langit (sekitar pukul 11.30-12.00 WIB) sampai bayangan suatu benda sama dengan panjang benda tersebut (sekitar pukul 14.30 WIB).

Cara mengukurnya bisa dengan menancapkan sepotong kayu pendek misalkan sepanjang 14 cm, 4 cm ditancapkan kedalam tanah dan 10 cm sebagai ukuran bayangan. Jika bayangan matahari sudah bergeser ke arah timur kayu tersebut meski hanya sedikit, berarti sudah mulai masuk waktu dhuhur karena matahari telah tergulir dari tengah langit. Jika bayangan benda sama panjang dengan ukuran benda yaitu 10 cm, maka waktu dhuhur telah habis.

3. Sholat Ashar 
Sholat ini dikatakan ashar karena sholat ini dilaksanakan menjelang terbenamnya matahari. Adapun waktu sholat ashar dimulai ketika bayangan suatu benda lebih panjang dari pada benda tersebut (sekitar pukul 14.30-15.00 WIB) sampai terbenamnya matahari (sekitar pukul 17.30-18.00 WIB).

Cara mengukurnya seperti ketika mengukur waktu dhuhur. Jika panjang bayangan suatu benda lebih panjang daripada panjang benda tersebut, misalkan panjang bayangan itu 11 cm atau lebih maka sudah masuk waktu sholat ashar.

4. Sholat Maghrib 
Sholat ini dikatakan magrib karena magrib artinya tenggelam atau terbenam dan dilaksanakan ketika terbenamnya matahari. Adapun waktu sholat magrib dimulai ketika terbenamnya matahari sekiranya waktu senja dan terlihat mega merah di langit (sekitar pukul 18.00 WIB).

5. Sholat Isya’
Sholat ini dikatakan isya’ karena dilaksanakan pada awal waktu gelap atau waktu malam. Adapun waktu sholat isya’ dimulai ketika hilang mega merah di langit (sekitar pukul 18.30-19.00 WIB) sampai terbitnya fajar (sekitar pukul 04.00-04.30 WIB).

Untuk akhir waktu sholat isya’ ada dua pendapat. Pendapat pertama menyatakan bahwa akhir sholat isya’ ketika pertigaan malam (sekitar pukul 02.30-03.30 WIB). Pendapat kedua menyatakan akhir sholat isya’ ketika terbitnya fajar. Namun, pendapat yang lebih umum digunakan adalah pendapat yang kedua.

Catatan :
Dalam mengukur waktu sholat baik sholat subuh sampai sholat isya’ tidak boleh mutlaq berpatokan terhadap jam, karena jam hanya perkiraan waktu dimulai dan waktu diakhiri. Patokan waktu yang tepat dan benar adalah waktu-waktu sholat yang telah dijelaskan diatas.

Sumber : Kitab Fatkhul Qorib Wal Mujib
Penulis : Syekh Muhammad bin Qosim Al-Ghozi.

Nama

Bisnis Online Blogging Doa-doa Elektronik Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Teknologi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Batas Waktu Awal dan Akhir Sholat Fardlu
Batas Waktu Awal dan Akhir Sholat Fardlu
Sholat adalah ibadah yang diawali dengan takbirotul ihrom dan diakhiri dengan salam
https://3.bp.blogspot.com/-x8z9k1HN5wA/V81qdHt462I/AAAAAAAACb8/nRdQJRinaygcqEw2KBUR-v1KExZvaH7NwCPcB/s640/Bacaan%2Bniat%2Bsholat%2Bfardlu%2B-%2Bpelangiblog.com.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-x8z9k1HN5wA/V81qdHt462I/AAAAAAAACb8/nRdQJRinaygcqEw2KBUR-v1KExZvaH7NwCPcB/s72-c/Bacaan%2Bniat%2Bsholat%2Bfardlu%2B-%2Bpelangiblog.com.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2016/09/batas-waktu-awal-dan-akhir-sholat-fardlu.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2016/09/batas-waktu-awal-dan-akhir-sholat-fardlu.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy