7 Hikmah Tersembunyi Jadi Guru SMA, Anda Harus Tahu

Berprofesi sebagai guru SMA sangatlah sulit, tetapi ada hikmah dan manfaat besar dibalik itu semua


PelangiBlog.Com – Beberapa orang mengatakan bahwa menjadi guru SMA zaman sekarang itu sangatlah sulit, bukan kerena sulit pada pembelajarannya, tetapi karena kenakalan masa remaja yang semakin menjadi-jadi. Ya, Anda pun mungkin sudah sering melihat serta mendengar dari berita media masa tentang kenakalan remaja zaman ini.

Tentu saja hal ini bisa mengganggu proses belajar mengajar di sekolah SMA, jika Anda seorang guru SMA, pernahkan Anda merasa terganggu ?. Pastinya kenakalan remaja sangatlah mempengaruhi prilaku Anda sebagai guru, tetapi Anda perlu lebih pandai menyikapi hal ini sehingga lebih peka.

Anda perlu mengembangkan lagi, baik metode, cara mengajar, sikap, dan respon Anda kepada para siswa SMA, bukan hanya demi para siswa, tetapi juga untuk diri Anda sendiri. Justru, Anda akan menemukan hikmah besar sebagai guru SMA di zaman ini :

1. Anda Belajar Kreatif dan Lebih Berpikir Kritis
Mengajar di sekolah menengah atas bukanlah hal yang mudah. Memang, jika Anda menghadapi siswa-siswa yang pandai, penurut, dan haus akan pendidikan, serasa Anda lebih mudah memberikan pelajaran, rasa lega pun muncul sebagai hasil kesuksesan menyampaikan materi pelajaran.

Berbeda jika Anda menghadapai para siswa yang sering terlibat kenakalan dan krisis moral. Tentu saja hal ini akan berpengaruh besar dalam proses belajar mereka di sekolah, bahkan sebagian guru pun putus asa dan mulai mengajar asal-asalan.

Di sinilah Anda pun harus belajar lagi, Anda akan dituntun untuk lebih kreatif memilih dan memilah metode, media, dan cara pengajaran yang tepat untuk para siswa. Selain itu, Anda pun akan semakin peka terhadap kondisi yang dialami mereka saat pelajaran berlangsung, sehingga Anda harus mengembangkan pikiran dan mulai peka lagi, bagaimana cara mengajar, sikap dan respon Anda kepada mereka agar mereka memiliki motivasi belajar, dan lain sebagainya.

2. Anda Mampu Menjadi Teman Curhat Mereka
Usia remaja memang menjadi usia awal yang cenderung ditimpa problem-problem kehidupan. Terkadang, para siswa pun kebingungan apa yang harus dilakukan dan kepada siapa harus meminta bantuan. Jika ada siswa Anda ingin curhat kepada Anda, jangan pernah segan-segan untuk menampungnya. Anda akan menjadi pendengar, dan jika memungkinkan, Anda akan menjadi pemecah masalah bagi mereka.

3. Anda Mengetahui Sudut Pandang dan Latar Belakang Remaja
Pastinya, sebagai seorang guru, Anda tidak selamanya melihat hanya dari sudut pandang seorang guru. Berdasarkan realita yang ada, para siswa memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini akan membuat Anda merespon siswa berdasarkan sudut pandang mereka, Anda mampu berpikir seperti apa yang mereka pikirkan. Alhasil, Anda akan menjadi guru favorit bagi mereka.

4. Anda Mampu Bersikap Lebih Bijaksana
Pemikiran remaja berbeda dengan pemikiran anak-anak, begitulah siswa Anda saat ini. Jika Anda mampu berpikir berdasar sudutpandang mereka, Anda mampu merasakan apa yang mereka rasakan, pastinya Anda akan tahu kemana jalan lebih baik akan dituju. Anda akan mampu menuntun dan menggandeng mereka menuju langkah yang lebih baik.

5. Anda Menjadi Motivator Handal Bagi Mereka
Coba bayangkan ketika Anda masih menjadi siswa SMA, pastinya banyak pertanyaan yang muncul dibenak Anda, misalnya untuk apa saya repot-repot bersekolah jika nanti hanya untuk bekerja ?, saya punya banyak masalah, apa yang harus saya lakukan ?, harus kemana saya setelah lulus SMA, bekerja atau kuliah ?, dan masih banyak lagi.

Hanya satu hal yang mereka butuhkan, yaitu motivasi. Di sini, Andalah pelaku utamanya, yang perlu Anda lakukan adalah memberikan mereka motivasi sesering mungkin. Jika sudah demikian, Anda berarti telah membangkitkan mereka dari lubang keputusasaan. Tidak heran jika guru yang banyak memotivasi lebih disukai siswa secara umum.

6. Anda Menutupi Kekurangan Orang Tua Mereka
Ketahuilah, tidak semua siswa Anda mendapatkan perhatian lebih dari orang tua, sehingga kadang-kadang mereka kurang memiliki motivasi belajar, bahkan sampai terlibat kenakalan remaja. Peran Anda di sini sangatlah besar bagi mereka, sikap dan perhatian Anda lebih mereka butuhkan. Ya, inilah salah satu alasan mengapa guru lebih dipercaya para siswa dari pada orang tua mereka di rumah.

7. Anda Memberikan Jalan Terbaik Untuk Anak Anda di Rumah
Berdasarkan realita para siswa yang terjadi di sekolah, pastinya Anda tahu banyak masalah-masalah yang ditimpa oleh remaja. Ini juga menjadi keuntungan besar bagi Anda untuk memberikan jalan bagi anak atau keluarga Anda di rumah. Pegalaman yang Anda dapatkan di sekolah dapat diaplikasikan di rumah.


Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 7 Hikmah Tersembunyi Jadi Guru SMA, Anda Harus Tahu
7 Hikmah Tersembunyi Jadi Guru SMA, Anda Harus Tahu
Berprofesi sebagai guru SMA sangatlah sulit, tetapi ada hikmah dan manfaat besar dibalik itu semua
https://2.bp.blogspot.com/-4B-EuDOThNU/WAb-MZ4CnbI/AAAAAAAACfo/kC8KWn_YXQ4Z7cj70Op4_TDqmGufaeWGwCLcB/s640/7%2BHikmah%2BTersembunyi%2BJadi%2BGuru%2BSMA.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-4B-EuDOThNU/WAb-MZ4CnbI/AAAAAAAACfo/kC8KWn_YXQ4Z7cj70Op4_TDqmGufaeWGwCLcB/s72-c/7%2BHikmah%2BTersembunyi%2BJadi%2BGuru%2BSMA.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2016/10/7-hikmah-tersembunyi-jadi-guru-sma-anda.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2016/10/7-hikmah-tersembunyi-jadi-guru-sma-anda.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy