10 Sifat dan Karakter Anak Terakhir Dalam Keluarga

10 Sifat dan Karakter Anak Terakhir Dalam Keluarga

PelangiBlog.Com – Setiap anak dalam keluarga memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, namun terkadang ada sedikit kemiripan karakter, mulai dari anak sulung (anak pertama) sampai anak bungsu (anak terakhir). Perbedaan karakter unik oleh masing-masing anak bisa memberikan warna baru dalam keluraga.

Baca juga :
10 Sifat dan Karakter Anak Pertama Dalam Keluarga
7 Karakter Istimewa Anak Tunggal Dalam Keluarga.

Apakah Anda adalah anak terakhir dalam keluarga Anda ?. Jika Anda adalah anak terakhir atau anak bungsu dari saudara-saudara Anda, mungkin beberapa kalimat di bawah ini akan menjelaskan secara singkat bagaimana posisi dan karakter dalam kehidupan keluarga Anda saat ini :

1. Cukup Manja Tetapi Baik Hati
Anak terakhir biasanya memang lebih manja, dia kurang pandai dalam mengatur banyak hal dalam kehidupannya, bahkan lebih bergantung pada orang tua dan kakak-kakaknya. Namun, kemanjaan sifatnya membuatnya bagaimana dia harus memberikan kebahagiaan kepada orang lain, dia tidak mudah marah, dan tidak suka mencampuri urusan orang lain.

2. Paling Disayang Oleh Orang Tua dan Saudara
Ya, pastinya anak terakhir itu lebih disayangi oleh orang tua dan kakak-kakaknya, karena dia memang anak termuda. Posisinya sebagai anak paling muda membuatnya lebih mudah mendapatkan apa yang dia inginkan dari orang tua maupun kakak-kakaknya.

3. Suka Mencari Perhatian, Tetapi Sayang Keluarga
Selain itu, anak terakhir juga lebih banyak mendapatkan perhatian dari orang tua dan kakak-kakaknya, bahkan sering mencari perhatian mereka. Namun dibalik itu semua, dia belajar bagaimana cara menyayangi orang lain, bahkan meskipun ada dua saudaranya yang sering bertengkar, dia bersifat netral dan menyayangi keduanya tanpa memihak.

4. Terbuka Dengan Ide-ide Baru
Anak terakhir memiliki sifat lebih terbuka dengan ide-ide barunya, dia suka mencoba hal-hal yang baru tanpa takut, untuk itulah mengapa kebanyakan anak terakhir suka dengan hal-hal yang berbau petualangan.

5. Spontanitas Dalam Memutuskan Hal Tanpa Takut Gagal
Dalam mengambil keputusan, anak terakhir selalu memutuskan apa yang harus dia lakukan dengan spontan tanpa rasa takut maupun khawatir. Dia berani mencoba dan mengambil resiko yang ada meskipun terkadang orang lain sudah menyarankan hal lain.

6. Memiliki Sifat Optimis Dalam Hal Tertentu
Nah, bertolak dari point kelima di atas, tentu saja apapun keputusan yang dia pilih berdasarkan atas keyakinan bahwa dia mampu melakukannya. Sifat optimis itu membuatnya lebih tangguh dan terus berusaha untuk mendapatkan apa yang dia impikan.

7. Rasa Humor Cukup Tinggi
Banyak orang mengetakan bahwa anak terakhir itu menyenangkan dan lucu, dia memiliki rasa humor yang cukup, dan menjadi perhatian banyak teman-temannya. Kehadirannya yang dapat mengubah suasana menjadi banyak tawa, membuatnya dirindukan teman-temannya.

8. Mudah Bergaul Dengan Orang Lain
Dalam hal pergaulan, anak terakhir bisa lebih mudah bergaul dengan orang lain. Bukan hanya karena dia suka humor, tetapi juga karena dia sangat baik dan perhatian kepada teman-temannya. Dia tahu kapan dia akan membuat temannya tertawa dan kapan dia akan memberikan perhatian, inilah yang membuat dia disukai banyak teman-temannya.

9. Lebih Romantis Soal Urusan Asmara
Kebanyakan anak terakhir tidak tertantang dengan masalah hubungan cinta, tetapi jika dia sudah menjalin hubungan itu, dia mampu menjadi sosok yang romatis dan perhatian. Ini dikarenakan dia menerima banyak kasih sayang dan perhatian dari orang tua dan kakak-kakaknya, sehingga dia belajar untuk mengaplikasikan pengalamannya pada orang yang dia cintai.

10. Kedewasaannya Terbentuk Atas Bimbingan Orang Lain
Karena manja dan suka diperhatikan, anak terakhir biasanya memiliki pemikiran yang kurang dewasa, tidak seperti anak pertama. Namun, kedewasaan tersebut akan mulai terbentuk karena arahan dan bimbingan orang lain meskipun tidak secara langsung, terutama kakak-kakanya. Inilah mengapa anak terakhir lebih banyak bercermin dari kesuksesan kakak-kakaknya.