Guru Bukan Lagi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Saat ini, gelar Pahlawan Tanpa Tanda Jasa sudah lama hilang dari dunia pendidikan

Guru Bukan Lagi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

PelangiBlog.Com – “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”, itulah gelar yang disandang sebagai guru atas jasa dan jerih payah mereka dalam mendidik anak bangsa menjadi insan yang cerdas dan bermoral. Guru telah mencurahkan segenap pikiran dan tenaga dengan penuh ketulusan, namun tidaklah setimpal imbalan yang mereka dapatkan atas semua usaha keras tersebut.

Gelar “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” yang diberikan kepada guru, didasari atas betapa besar perjuangan, pengorbanan, pengabdian, dan ketulusan mereka dalam upaya mendidik generasi yang berkualitas, baik lahir maupun batin. Ya, perjuangan serta pengorbanan yang diiringi dengan keikhlasan serta pengabdian demi generasi, agama, bangsa, dan negara.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, keadaan dan tatanan dunia sudah jauh berbeda, sehingga tampak pula perubahan yang sangat signifikan dalam banyak hal di dunia ini. Begitu juga halnya, gelar “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” pun mulai ikut hanyut termakan oleh waktu.

Semua guru pasti melakukan hal yang sama, berjuang dan berkorban dengan segenap pikiran dan tenaga sebagai bentuk kontribusi dalam memberikan pendidikan. Namun, perjuangan dan pengorbanan itu diiringi dengan kurangnya keikhasan mendalam dalam proses pendidikan.


Guru Bukan Lagi Abdi, Tetapi Profesi

Anda masih ingat dengan lantunan syair lagu Iwan Falls yang menceritakan sosok Umar Bakri sebagai guru negeri, di mana dia hanya bisa memiliki sepeda buntut karena gaji yang kekurangan ?. Ya, pastinya lantunan lagu tersebut mendeskripsikan kondisi guru pada zaman dulu, gaji yang sangat minim dengan perjuangan dan pengorbanan yang besar untuk murid-murid.

Pada zaman dulu, posisi sebagai guru sangatlah tidak diminati oleh masyarakat secara umum. Alasannya cukup sederhana, yaitu karena minimnya nilai finansial dari jerih payah mengajar, tak peduli apakah itu guru swasta ataupun guru negeri. Ya, ada perbedaan yang sangat jauh antara nominal gaji buruh dengan gaji guru.

Saat ini, rupanya pemerintah begitu perhatian dengan nasib guru saat itu, sehingga hal ini memberikan inisiatif untuk merevolusi nasib guru dalam rangka meningkatkan kesejahteraan di bidang ekonomi. Tujuannya adalah untuk menyetarakan kehidupan antara ekonomi guru dan buruh.

Dalam UU Nomor 14 tahun 2005, pemeritah telah mengubah status guru yang sebelumnya sebagai pekerja menjadi profesi. Selain itu, pemerintah juga telah memberikan beberapa tunjangan khusus untuk guru setiap bulannya, misalnya tunjangan fungsional, sertifikasi, dan lain-lain.

Nah, dengan begitu, tampak pula perbedaan jauh antara guru zaman dahulu dengan zaman sekarang, khususnya dalam bidang ekonomi. Anda pastinya sudah mengerti bahwa guru saat ini sudah mendapatkan cukup kesejahteraan di bidang eknomi, tidak guru yang tidak memiliki sepeda motor, bahkan sebagian di antaranya bahwa guru juga memiliki mobil pribadi.

Dengan demikian, gelar “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” sudah dicopot bagi siapa saja yang berprofesi sebagai guru. Guru bukan lagi menjadi pahlawan pendidikan, tetapi lebih tepatnya guru adalah sebuah prfesi dalam suatu bidang pekerjaan.


Lalu, Masih Adakah Gelar “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” Bagi Guru ?

Perlu Anda ketahui bahwa tunjangan yang diberikan pemerintah kepada guru untuk memenuhi kesejahteraan ekonomi hanya dikhususkan bagi mereka yang memenuhi beberapa prosedur formal yang telah ditentukan, sedangkan banyak sekali guru yang tidak terlibat sama sekali dalam prosedur pemerintah tersebut.

Nah, jawabannya adalah “masih ada”. Anda akan bisa menemukan banyak sekali guru-guru seperti ini di tanah air, mereka mengajar dengan gaji yang sangat minim dan bahkan di antaranya tanpa mendapatkan gaji sepeser pun, misalnya guru mengaji dan guru-guru di daerah terpencil. Nah, untuk menjelaskan masalah satu ini, mungkin akan disambung pada posting yang akan datang.

Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Guru Bukan Lagi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Guru Bukan Lagi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Saat ini, gelar Pahlawan Tanpa Tanda Jasa sudah lama hilang dari dunia pendidikan
https://3.bp.blogspot.com/-06Nx-8z44LM/Uuy0r0bQHVI/AAAAAAAACJk/y3amO8Fm6ak1wbQlYMXynDiaWBzfnvIeQCPcB/s640/Untitled-1.png
https://3.bp.blogspot.com/-06Nx-8z44LM/Uuy0r0bQHVI/AAAAAAAACJk/y3amO8Fm6ak1wbQlYMXynDiaWBzfnvIeQCPcB/s72-c/Untitled-1.png
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2016/11/guru-bukan-lagi-pahlawan-tanpa-tanda.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2016/11/guru-bukan-lagi-pahlawan-tanpa-tanda.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy