Inilah Uniknya Nonton Serial Upin dan Ipin

Upin dan Ipin merupakan serial televisi animasi yang berasal dari negara Malaysia. Namun, tahukan Kamu bahwa meskpun serial Upin dan Ipin berasal dari Malaysia, tetapi ternyata serial ini lebih populer di Indonesia. Serial Upin dan Ipin saat ini tidak hanya digemari oleh anak-anak Indonesia, tetapi juga remaja.

Dalam alur ceritanya, serial Upin dan Ipin memang memiliki banyak kemiripan dengan karakter dan budaya orang Indonesia. Inilah salah satu alasan mengapa Upin dan Ipin banyak digemari di Indonesia, dan ternyata serial ini tidak hanya lucu, tetapi banyak sekali manfaat dan pendidikan yang disampaikan dibalik alur ceritanya. Lalu, apa sajakah itu ?

1. Nonton Upin Ipin Memberikan Pendidikan Kepada Anak-anak

Jika Kamu melihat kembali serial Upin dan Ipin lebih cermat, serial animasi televisi ini tersirat makan pendidikan yang baik bagi anak-anak. Kehidupan sehari-hari Upin dan Ipin banyak menceritakan tentang sekolah, hormat kepada guru, sopan santun, rajin mengerjakan PR, mengaji, bertanggung jawab, toleransi, kebersihan, saling membantu, dan lain sebagainya. Tentu saja tontonan seperti inilah yang bagus untuk anak-anak karena bersifat mendidik.

2. Nonton Upin Ipin Mengajarkan Kasih Sayang Terhadap Keluarga

Upin dan Ipin tinggal bersama Kak Ros (kakak wanita) dan Opah (nenek), 4 anggota sederhana keluarga. Tingkah laku mereka selalu diiringi dengan penuh kasih sayang, meskipun Upin dan Ipin sering bertengkar dengan Kak Ros. Kehidupan keluarga yang penuh dengan kasih sayang ini mengajarkan penonton bahwa keluarga adalah harta yang begitu berharga dibanding abatan atau kekayaan.

3. Nonton Upin Ipin Mengajarkan Indahnya Persahabatan

Selain keluarga, kehidupan sehari-hari Upin dan Ipin dijalani bersama teman-teman mereka. Eshan, Jarjit Singh, Fizi, Mei Mei, Mail, Ijat, Dzul, Devi, dan Susanti, mereka adalah teman-teman yang selalu menemani keseharian Upin Ipin. Mereka melakukan banyak hal bersama-sama, belajar, bermain, berpetualang, dan tak ada permusuhan di antara mereka. Ini menunjukkan betapa berartinya sebuah persahabatan.

4. Nonton Upin Ipin Mengajarkan Kesederhaan Hidup

Upin dan Ipin tinggal di sebuah desa yang permai, di rumah kayu yang nyaman. Latar belakang, suasana dan tempat yang disuguhkan di dalam ceritanya pun sangat natural, sungai, persawahan, hutan, dan kebun. Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa serial Upin dan Ipin lebih digemari lagi.

5. Kehidupan Yang Damai dan Rukun

Memang Upin dan Ipin bukanlah serial aksi, sehingga tidak ada tokoh antagonis di dalamnya. Justru karena itulah serial ini jadi lebih menarik dan mendidik. kehidupan Upin dan Ipin tidak hanya sederhana, tetapi juga damai dan rukun, baik dengan keluarga, teman, dan tetangga.

6. Budayanya Mirip Dengan Budaya di Indonesia

Selain itu, budaya-budaya yang disuguhkan di dalam serial Upin dan Ipin pun hampir mirip dengan budaya-budaya di Indonesia. Kamu pastinya menemukan budaya-budaya yang mirip dengan budaya kamu sehari-hari, seperti sopan santun, menghormati orang lain, tolong menolong, bahkan sampai budaya bermain.

7. Nonton Upin Ipin Mengingatkan Kembali Masa Kecil

Jika Kamu sering menonton serial Upin dan Ipin, jangan sampai terharu jika Kamu mengingat kembali masa-masa kecil bersama teman-teman Kamu, apalagi Kamu dulu pernah hidup di desa. Cobalah mencermati bagaimana Upin dan Ipin bermain bersama teman-teman, ketika mereka bertengkar dengan Kak Ros, ketika Opah (nenek) memeluk mereka, dan lain-lain.