Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Jenazah Lengkap | Pelangi Blog

Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Jenazah Lengkap

Sholah jenazah atau sholat mayit adalah hak wajib seorang muslim yang meninggal dunia terhadap muslim yang masih hidup

Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Jenazah Lengkap

PelangiBlog.Com – Salah satu hak wajib seorang muslim yang meninggal dunia terhadap muslim lainnya yang masih hidup adalah memandikan, mengkafani, menyolati, dan mengubur jenazahnya. Keempat hak tersebut sudah ditentukan dalam syariat islam bagi setiap muslim. Namun untuk menyingkat pembahasan, yang akan menjadi topik bahasan pada kali ini adalah sholat jenazah.

Hukum Melaksanakan Sholat Jenazah atau Sholat Mayit
Hukum melaksanakan sholat mayit atau sholat jenazah adalah fardlu kifayah, yaitu jika sudah ada satu orang muslim yang melaksanakannnya maka gugurlah kewajiban muslim yang lainnya. Tetapi, ini bukan berarti bahwa kita bisa meremehkan sholat mayit dengan mengabaikannya karena sudah ada muslim lain yang melakukkannya. Ketahuilah bahwa mengurus mayit muslim adalah hak muslim yang masih hidup dan begitu pula terdapat faidah yang begitu besar di dalamnya.

Rukun-rukun Sholat Jenazah atau Sholat Mayit 
Melaksanakan sholat mayit berbeda dengan sholat-sholat lainnya, karena sholat ini dilakukan dengan hanya berdiri, tanpa melakukan ruku’, sujud, dan duduk. Sholat mayit juga hanya dilakukan dengan 4 kali takbir dan diakhiri dengan salam. Adapun rukun-rukun sholat mayit adalah sebagai berikut yang juga merupakan tata cara melaksanakan sholat mayit :

1. Membaca Niat Melaksanakan Sholat Mayit
Niat dalam melaksanakan ibadah wajib (khususnya sholat) harus dirasakan di dalam hati bersamaan ketika takbirotul ihrom, sedangkan pengucapan niat dengan lisan hanya berfungsi untuk memudahkan pengucapan niat di dalam hati. Membaca niat boleh dengan bahasa arab atau bahasa sendiri, dan adapun niat dalam bahasa arabnya adalah sebagai berikut :

Niat Sholat Mayit Laki-laki

أُصَلِّي عَلَى هَذَا الْـمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ مَأْمُوْمًا لِلّٰهِ تَعَالَى
Artinya :
“Aku sholat atas mayit ini (laki-laki) dengan empat takbiran, fardlu kifayah, menjadi makmum, karena Allah yang Maha Luhur”.

Niat Sholat Mayit Wanita

أُصَلِّي عَلَى هَذِهِ الْـمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ مَأْمُوْمًا لِلّٰهِ تَعَالَى
“Aku sholat atas mayit ini (laki-laki) dengan empat takbiran, fardlu kifayah, menjadi makmum, karena Allah yang Maha Luhur”.

2. Membaca Surat Fatihah
Membaca surat fatihah dilakukan setelah takbirotul ihrom sholat mayit dan dibaca dengan suara pelan, kemudian disusul takbir kedua sesudah membaca surat fatihah. Boleh-boleh saja membaca doa iftitah sebelum membaca surat fatihah dan juga membaca surat pendek setelah membaca surat fatihah. Akan tetapi, adat umumnya adalah membaca doa iftitah dan surat pendek tidak perlu dibaca ketika sholat mayit karena untuk menyingkat waktu.

3. Membaca Sholawat Nabi SAW
Membaca sholawat Nab SAW dilakukan setelah takbir kedua dengan suara pelan kemudian disusul takbir ketiga sesudah membaca sholawat Nabi SAW. Adapun doa sholawat nabi secara singkat adalah “Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad”. Jika ingin lebih lengkap boleh juga membaca sholawat Nabi SAW seperti pada bacaan sholawat Nabi SAW ketika melakukan takhiyat akhir pada sholat biasa.

4. Membaca Doa Mayit Pertama
Doa untuk mayit pertama ini dibaca setelah takbir ketiga dengan suara pelan, kemudian disusul takbir keempat sesudah membaca doa mayit pertama. Adapun doa mayit pertama adalah sebagai berikut :

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ
Artinya :
“Ya Allah, Ampunilah dia (mayit), berilah rohmat kepadanya, selamatkanlah dia, dan maafkanlah (ampunilah) dia.  Muliakanlah tempatnya. Luaskan kuburannya. Mandikan dia dengan air, salju, dan air dingin. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan pakaian yang putih dari kotoran. Gantikanlah dia (berikanlah) dengan rumah yang lebih baik daripada rumahnya (di dunia). (Berilah dia) keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia). (Berikanlah dia) istri yang lebih baik daripada istrinya (di dunia). Masukkan dia ke surga. Jagalah dia dari siksa kubur dan siksa neraka”.

5. Membaca Doa Mayit Kedua
Doa mayit kedua dibaca setelah takbir keempat dengan suara pelan. Adapun doa mayit kedua adalah sebagai berikut ini :

اللّٰهُمَّ لَاتَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلَاتَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ
Artinya :
“Ya Allah, janganlah Engkau menghalangi kami pahalanya, jangan Engkau berikan kami fitnah sesudahnya, dan berilah ampunan kepada kami dan kepadanya”.

6. Salam
Salam diucapkan setelah membaca doa kedua di atas dengan suara cukup keras, salam pertama hukumnya wajib sedangkan salam kedua hukumnya sunnah.
Nama

Bisnis Online Blogging Doa-doa Elektronik Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Teknologi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Jenazah Lengkap
Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Jenazah Lengkap
Sholah jenazah atau sholat mayit adalah hak wajib seorang muslim yang meninggal dunia terhadap muslim yang masih hidup
https://4.bp.blogspot.com/-dD2gVLRcwaQ/WP46CEHmTTI/AAAAAAAAD28/fDjWA1vFZT4N4qiBAbw6f3gjOhdbUWCGwCLcB/s640/xTata%2BCara%2BMelaksanakan%2BSholat%2BJenazah%2BSerta%2BDoa%2BLengkap.jpg.pagespeed.ic.GSLMcHP-fl.png
https://4.bp.blogspot.com/-dD2gVLRcwaQ/WP46CEHmTTI/AAAAAAAAD28/fDjWA1vFZT4N4qiBAbw6f3gjOhdbUWCGwCLcB/s72-c/xTata%2BCara%2BMelaksanakan%2BSholat%2BJenazah%2BSerta%2BDoa%2BLengkap.jpg.pagespeed.ic.GSLMcHP-fl.png
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2017/03/tata-cara-melaksanakan-sholat-jenazah.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2017/03/tata-cara-melaksanakan-sholat-jenazah.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy