Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Dhuha Lengkap | Pelangi Blog

Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Dhuha Lengkap

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada waktu setelah matahari terbit sampai menjelang waktu sholat dhuhur.

Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Dhuha Lengkap

PelangiBlog.Com – Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada waktu dhuha, yaitu waktu setelah matahari terbit sampai matahari berada di tengah langit (menjelang waktu sholat dhuhur).

Hukum Melaksanakan Sholat Dhuha
Sholat dhuha dihukumi sunnah untuk dilaksanakan, artinya sangat dianjurkan untuk dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan waktu dhuha.

Waktu Melaksanakan Sholat Dhuha
Sholat dhuha dimulai pada saat matahari terbit dari arah timur atau sekitar pukul 07.30 WIB. Dan diakhiri pada waktu matahari berada di tengah langit atau waktu menjelang sholat dhuhur, sekitar pukul 12.30 WIB.

Jumlah Rokaat Sholat Dhuha
Secara umum, sholat dhuha dilaksanakan dengan satu kali salaman setiap dua rokaat. Adapun jumlah rokaat sholat dhuha tidak ditentukan batasannya, jadi kita bisa melaksanakan sholat dhuha sebanyak mungkin sampai waktu sholat dhuha habis.

Tempat Melaksanakan Shoat Dhuha
Sholat dhuha bisa dilaksanakan di manapun tempatnya asalkan tempat itu dalam keadaan suci, seperti musholla, masjid, rmah, kantor, dan lain-lain.

Melaksanakan Sholat Dhuha Berjama’ah atau Sendirian ?
Sholat dhuha bisa dilaksanakan secara berjama’ah, seperti halnya yang dilakukan di beberapa madrasah dan sekolah islam sebagai bentuk pembiasaan diri bagi siswa. Namun menurut para ulama’, sholat dhuha lebih baik dilaksanakan sendirian sebagai bentuk kesadaran diri dan penghormatan kepada waktu dhuha.

Baca juga : Syarat Wajib dan Syarat Sah Dalam Melaksanakan Sholat.

Bacaan Niat Melaksanakan Sholat Dhuha
Sebenarnya, sholat dhuha sama seperti kita melaksankan sholat-sholat lainnya berdasarkan syarat sah dan syarat wajib melaksanakan sholat. Adapun yang membedakan sholat dhuha dengan sholat lainnya adalah dari bacaan niat. Dan yang jelas niat harus diucapkan di dalam hati, sedangkan niat yang terucap dengan lisan hanya bertujuan untuk memudahkan bacaan niat di dalam hati.

Nah, niat sholat dhuha bisa diucapkan dengan bahasa masing-masing, sedangkan niat dalam bahasa arab bisa dilihat seperti berikut ini :

اُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحٰى رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى
Artinya :
“Aku sholat sunnah dhuha dua rokaat, karena Allah yang Maha Luhur”

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha
Para ulama’ tidak memberikan batasan dan doa wajib setelah melaksanakan sholat dhuha. Ini artinya, kita bisa membaca wirid dan doa umum seperti doa istigfar, sholawat, doa rizki, dan lain. Akan tetapi, doa umum yang dibaca setelah sholat dhuha adalah sebagai berikut ini :

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ، اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَيْ فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ، وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ، وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ، وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ، وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ، بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ وَعِصْمَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ
Artinya :
“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, jika berada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, apabila haram maka sucikanlah, apabila jauh maka dekatkanlah, dengan hak waktu dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), dan penjagaan-Mu, maka datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang soleh”.


Nama

Bisnis Online Blogging Doa-doa Elektronik Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Teknologi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Dhuha Lengkap
Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Dhuha Lengkap
Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada waktu setelah matahari terbit sampai menjelang waktu sholat dhuhur.
https://1.bp.blogspot.com/-armNHZNmJ3k/WSGKBIrctcI/AAAAAAAAEGc/h1AEQXnPkJM22T9tXScZcVuOw0HOjg44gCLcB/s640/Tata%2BCara%252C%2BNiat%252C%2Bdan%2BDoa%2BSholat%2BDhuha%2BLengkap.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-armNHZNmJ3k/WSGKBIrctcI/AAAAAAAAEGc/h1AEQXnPkJM22T9tXScZcVuOw0HOjg44gCLcB/s72-c/Tata%2BCara%252C%2BNiat%252C%2Bdan%2BDoa%2BSholat%2BDhuha%2BLengkap.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2017/04/tata-cara-niat-dan-doa-sholat-dhuha.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2017/04/tata-cara-niat-dan-doa-sholat-dhuha.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy