Penting, Lakukan Ini Agar Laptop Tetap Awet dan Tidak Rusak

Penting, Lakukan Hal Ini Agar Laptop Tetap Awet dan Tidak Rusak

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan sebagai pengguna laptop adalah keawetan laptop, apalagi kamu menyimpan banyak data-data penting di dalamnya, akan sangat disayangkan jika laptopmu rusak dan data-datanya hilang.

Pasalnya, banyak dari pengguna laptop belum cukup mengerti cara merawat laptop dengan baik, sehingga masalah laptop rusak sudah sering terjadi karena kecerobohan pengguna. Untuk itulah di sini ada beberapa tips dan cara untuk merawat laptop dengan baik agat awet dan tidak rusak :

1. Jangan Terlalu Banyak Install Progam

Pertama, perhatikan progam yang kamu install di laptopmu, terlalu banyak install progam menyebabkan beban pada RAM dan juga memenuhi hardisk, sehingga tidak salah jika laptop berjalan sangat lemot dan mudah hang.

2. Unistall Progam Yang Tidak Diperlukan

Seperti yang sudah dijelaskan pada point pertama, kebanyakan install progam dapat membebani RAM dan memenuhi hardisk, jadi pastikan kamu install beberapa progam yang diperlukan saja.

3. Jangan Terlalu Sering Bermain Game di Laptop

Bermain game di laptop juga bisa menyebabkan kerusakan pada laptop, apalagi game berat, karena operasi game sangat memakan RAM dan CPU, boleh saja kamu bermain game tetapi jangan terlalu sering.

4. Gunakan dan Matikan Laptop Sesuai Keperluan

Perhatikan pula penggunaan laptop dengan baik, bila kamu tidak mengoperasikan laptop, sebaiknya dimatikan atau dishut down. Meskipun kamu tidak mengoperasikan laptop, banyak aplikasi software dan hardware yang masih bekerja, laptop juga seperti manusia yang butuh istirahat setelah bekerja.

5. Gunakan Kipas Pendingin Di Bawah Laptop

Kipas pendingin di bawah laptop juga memiliki peran penting untuk menjaga keawetan laptop. Kipas pendingin tersebut berfungsi untuk mendinginkan suhu panas hasik kinerja laptop. Dan meskipun setiap laptop sudah memiliki kipas pendingin internal, kamu juga masih perlu menggunakan kipas eksternal sebagai tambahan penidngin, apalagi kamu aktif menggunakan laptopmu.

6. Gunakan Layar Pelindung Pada Monitor, Keyboard, dan Kursor

Layar pelindung pada monitor, keyboard, dan kursor cukup berfungsi untuk melindungi laptop dari goresan, debu-debu menempel, dan debu-debu yang masuk melalui celah-celah kecil.

7. Sering-Sering Update Anti Virus

Software penting yang harus kamu install di laptopmu adalah anti virus, dan pastikan antivirus tersebut selalu update setiap minggunya, ini penting untuk melindungi laptopmu dari serangan virus. Jika kamu memakai anti virus berbayar, ada beberapa anti virus yang free yang bisa kamu install di laptopmu, seperti Avast, MSE, dan AVG.

8. Jangan Sembarangan Download Progam di Internet

Kamu juga perlu berhati-hati jika download software, film, dan lainnya di internet karena mungkin saja kamu tidak sengaja klik link yang di dalamnya berisi virus, malware, dan spyware dan secara otomatis terinstall di laptopmu.

9. Gunakan Progam Tool Cleaner

Aplikasi tool cleaner berfungsi membersihkan sampah-sampah file di dalam laptop. Menurut beberapa orang, penggunaan tool cleaner bisa beresiko bagi laptop, tetapi bagi saya sih tidak, itu tergantung bagaimana cara kita mengoperasikannya. Buktinya, selama ini saya pun menggunakan tool cleaner dan tidak ada masalah apapun di laptop saya.

10. Jauhkan Laptop Dari Anak Kecil

Sebaiknya, jauhkan laptopmu dari anak kecil karena mereka bisa saja berbuathal-hal yang tidak pernah kamu bayangkan terjadi pada laptopmu, misalnya tidak sengaja menghapus file penting, tindakan yang bisa merusak laptop, dan lainnya.

11. Jauhkan Laptop Dari Benda Cair

Musuh bebuyutan benda-benda elektronik adalah benda cair, jadi pastikan kamu tidak meletakkan benda-benda cair di samping laptop. Ini untuk mengantisipasi ketidaksengajaan menumpahkan benda cair tersebut ke permukaan laptop.

12. Jangan Mengoperasikan Laptop Di Atas Kasur

Mengoperasikan laptop di atas kasur sambil tiduran memang sangat menyenangkan, tetapi perlu kamu ketahui bahwa hal itu menyebabkan suhu panas laptop tidak keluar sehingga dapat menambah suhu laptop semakin panas.

13. Jangan Meletakkan Laptop Di Atas Sinar Matahari

Sebaiknya kamu menghindari meletakkan atau mengoperasikan laptop di bawah sinar matahari secara langsung, karena ada beberapa komponen laptop yang cukup rentan dengan sinar matahari secara langsung.

14. Jangan Meletakkan Barang Berat Di Atas Laptop

Selain itu, meletakkan barang berat di atas laptop juga bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen yang ada pada laptop, khususnya komponen-komponen internal laptop.

15. Atur Kecerahan Monitor

Mengatur kcerahan monitor tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, tetapi juga memberikan ketahanan pada baterai laptop.

16. Jangan Gunakan Laptop Sambil Merokok

Bagi para perokok, mengoperasikan laptop tentu saja tidak senyaman sambil merokok, tetapi perlu diperhatikan bahwa abu rokok yang terjatuh bisa memperjelek performa laptop, bahkan sisa-sisa abu kecil tersebut juga bisa masuk pada celah-celah kecil di laptop, jadi sebaiknya dihindari.

17. Sering-Sering Bersihkan Laptop

Jika kamu menyayangi laptomu, kamu pun harus sering-sering membersihkan laptopmu dari debu-debu yang menempel, tentu saja hal itu untuk tetap mempertahankan keindahan laptop. Selain itu, debu-debu menempel yang jarang dibersihkan akan memudahkan debu-debu lain masuk melalui celah-celah kecil laptop.