Hukum Bacaan Qalqalah dan Contohnya

Hukum Bacaan Qalqalah dan Contohnya

Hukum Bacaan Qalqalah - Pernahkah kamu mendengar tentang hukum bacaan qalqalah?. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan salah satu bacaan tajwid, yaitu hukum bacaan qalqalah. Ini karena hukum bacaan tajwid ini sudah diajarkan sebagai bekal melancarkan bacan Al-Qur'an di tingkat dasar, baik di sekolah, madrasah, diniyah, maupun TPQ.

Qalqalah merupakan salah satu bagian dari hukum bacaan di dalam ilmu tajwid dan merupakan bagian penting yang harus dipelajari serta dipraktekkan dalam membaca Al-Qur’an. Tantu saja agar bacaanmu semakin lebih benar dan fasih.

Selain itu, bacaan qalqalah dapat menentukan penilaian orang lain atas bacaan Al-Qur'anmu. Seseorang yang paham betul tentang tajwid dapat menilai apakah bacaanmu sudah baik atau masih kurang tepat, meskipun hanya dari pendengaran saja. Salah satu hal yang cukup menentukan bacaan tajwidmu adalah bacaan qalqalah.

Nah, untuk membahas lebih jauh tentang qalqalah, maka berikut ada coretan sederhana untuk mendeskripsikan apa itu hukum qalqalah, contoh bacaannya, dan cara membacanya. emoga bisa membantu.


Pengertian Hukum Bacaan Qalqalah

Sebagai permulaan, hal yang perlu untuk diketahui di sini adalah mengetahui tentang pengertian qalqalah itu sendiri, baik secara bahasa maupun secara istilah.

1. Pengertian Qalqalah Menurut Bahasa

Apabila dilihat dari sudut pandang bahasanya, "qalqalah" (الْقَلْقَلَةُ) memiliki arti pantulan atau memantul. Dari pengertian bahasa inilah, kita dapat tahu bahwa membaca hukum bacaan qalqalah harus dengan cara memantulkan hurufnya.

2. Pengertian Qalqalah Menurut Istilah

Apabila dilihat dari sudut pandang istilahnya, "qalqalah" (الْقَلْقَلَةُ) adalah apabila ada salah satu dari 5 huruf hijaiyyah (ba’, jim, dal, tho’, dan qof) yang sukun atau disebabkan karena waqaf. Lima huruf hiyaiyah itu apabila dituliskan, maka seperti berikut ini:

ب، ج، د، ط، ق

Selanjutnya, guna untuk memudahkan menghafal dan memahami 5 huruf qalqalah, maka kelima huruf qalqalah dapat disingkat seperti berikut:

قَطْبُجَدٍ / بَجُدِطُقُ


Contoh Bacaan Qalqalah di Dalam Al-Qur'an

Berikut ini ada beberapa contoh bacaan qalqalah yang saya ambil dari beberapa ayat Al-Qur'an, misalnya pada Surat Al-Anbiya' ayat 16:

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَآءَ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا لَاعِبِيْنَ

Surat Al-Lahab ayat 1:

تَبَّتْ يَدَا أَبِيْ لَهَبٍ وَتَبَّ

Pada Surat Al-Lahab ayat 1 di atas, kalimat bertanda merah dapat disebut sebagai hukum bacaan qalqalah apabila diwaqafkan. Apabila kalimat tersebut tidak diwaqafkan (dibaca washal/terus), maka tidak disebut sebagai hukum bacaan qalqalah.


Cara Membaca Hukum Bacaan Qalqalah

Sebagaimana namanya, qalqalah yang berarti pantulan atau memantul, maka cara membaca hukum bacaan ini adalah dengan memantulkan hurufnya.


Pembagian Hukum Bacaan Qalqalah

Jika kamu menggali dari beberapa referensi, maka ada perbedaan dalam pembagian qalqalah. Sedangkan pembagian qalqalah yang dituliskan di sini ditukil dari Kitab Hidayatul Mustafid yang menjelaskan bahwa hukum bacaan qalqalah dibagi menjadi 2 bagian yaitu:

1. Qalqalah Sughra

Qalqalah sughra (الْقَلْقَلَةُ الصُّغْرٰى) atau qalqalah kecil adalah apabila ada salah satu huruf qalqalah berharakat sukun atau disebabkan waqaf.

ContohSebabCara Membaca

قَدْ

ada huruf dal disukunqod

يَبْتَغُوْنَ

ada huruf ba' disukunyabtaghuna

يَجْعَلُوْنَ

ada huruf jim disukunyaj'aluna

يَطْمَعُ

ada huruf tho' disukunyathma'u

يَقْطَعُوْنَ

ada huruf qof disukunyaqtho'una

2. Qalqalah Kubra

Qalqalah kubra (الْقَلْقَلَةُ الْكُبْرٰى) atau qalqalah besar adalah apabila ada salah satu huruf qalqalah yang ditasydid dan diwaqafkan atau didahului dengan mad thabi’i.

ContohSebabCara Membaca

عَلٰى الصِّرَاطِ

ada huruf tho' diwaqafkan dan didahului mad thabi'i'alas shirooth

عَذَابٌ شَدِيْدٌ

ada huruf dal diwaqafkan dan didahului mad thabi'i'adzabun syadiid

وَتَبَّ

ada huruf ba' ditasydid dan diwaqafkanwatabb

مِنَ الْحَقِّ

ada huruf qof ditasydid dan diwaqafkanminal haqq

فِى الْحَجِّ

ada huruf jim ditasydid dan diwaqafkanfil hajj


Baca juga sebelumnya: Kumpulan Materi Ilmu Tajwid.

Demikian sekilas mengenai hukum bacaan qalqalah dan contohnya, semoga dapat menjadi ilmu yang dimanfaatkan oleh banyak pengunjung online, wallahu a'lam bis showab.