Hukum Mad Lazim Mukhaffaf Harfi dan Contohnya

Hukum Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Hukum Mad Lazim Mukhaffaf Harfi - Sebelum membicarakan mengenai hukum mad lazim mukhaffaf harfi, sekiranya perlu dimengerti terlebih dahulu mengenai macam-macam hukum mad lazim. Istilah-istilah di dalam hukum mad lazim sedikit ada kemiripan. Sehingga, dengan mengetahui apa saja hukum bacaan mad lazim, kita dapat lebih memahami perbedaan masing-masing.

Hukum mad lazim terbagi menjadi empat macam, yaitu :

  1. Mad Lazim Harfi Musyba’ (الْمَدُّ اللاَّزِمُ الْحَرْفِى الْمُشْبَعُ)
  2. Mad Lazim Mukhaffaf Harfi (الْمَدُّ اللَّازِمُ الْمُخَفَّفُ الْحَرْفِيُّ)
  3. Mad Lazim Mutsaqqal Kalimi (الْمَدُّ اللَّازِمُ الْمُثَقَّلُ الْكَلِمِيُّ)
  4. Mad Lazim Mukhaffaf Kalimi (الْمَدُّ اللَّازِمُ الْمُخَفَّفُ الْكَلِمِيُّ)

Perlu diperhatikan juga bahwa kedua hukum yang pertama yaitu mad lazim harfi musyba' dan mad lazim mukhaffaf harfi hanya terdapat pada fawatihus suwar atau ayat-ayat yang menjadi pembuka dalam setiap surat yang ada di dalam Al-Qur'an.

Dalam teorinya, para ulama' ahli qiraah telah menentukan pembagian fawatihus suwar ke dalam beberapa bagian. Namun, yang dimaksud fawatihus suwar dalam kedua hukum tajwid yang telah disebutkan adalah hurufut tahajji.


Hukum Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Sebelum mempelajari tentang hukum mad lazim mukhaffaf harfi, poin penting pertama yang harus diingat adalah hukum bacaan ini ada di fawatihus suwar di dalam Al-Qur'an, tidak di ayat-ayat selainnya. Selanjutnya, penjelasan berikut akan menunjukkan apa pengertian, contohnya, dan cara membaca hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi.

1. Pengertian Hukum Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Apabila ditinjau dari segi bahasa:

  • Mad (الْمَدُّ) artinya panjang
  • Lazim (اللاَّزِمُ) artinya harus atau wajib
  • Mukhaffaf (الْمُخَفَّفُ) artinya diringankan atau dibaca ringan
  • Harfi (الْحَرْفِى) artinya sebangsa huruf.

Apabila ditinjau dari segi istilah, di dalam Kitab Hidayatul Mustafid, hukum mad lazim mukhaffaf harfi (الْمَدُّ اللَّازِمُ الْمُخَفَّفُ الْحَرْفِيُّ) didefinisikan sebagai:

هُوَ مَا كَانَ الْحَرْفُ فِيْهِ عَلٰى حَرْفَيْنِ

"Mad Lazim Mukhaffaf Harfi adalah hukum mad yang huruf di dalamnya mengandung 2 ejaan huruf".

Definisi istilah tersebut menunjukkan bahwa satu huruf pada bacaan mad lazim mukhaffaf harfi, apabila dituliskan, maka menjadi 2 huruf dan dieja (dibaca) panjang.

Selanjutnya, coba kita cermati kembali ayat-ayat mushaf Al-Qur'an yang merupakan fawatihus suwar dalam hal ini. Ciri khas yang menunjukkan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi adalah tanda fathah berdiri. Adapun contohnya, akan dibahas pada sub topik di bawah nanti.

2. Huruf-Huruf Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Sebagai bentuk upaya untuk mempermudah pengajaran dan pembelajaran, para ulama’ ahli qiraah telah mengumpulkan huruf-huruf mad lazim mukhaffaf harfi ke dalam 5 huruf. Kelima huruf ini nantinya dikumpulkan dalam 2 kalimat, sehingga mudah untuk diingat dan dihafal. Berikut kumpulan huruf-huruf mad lazim mukhaffaf harfi:

ح - ر - ط - ه - ي

atau disingkat menjadi kalimat:

حَيٌّ طَهُرَ

3. Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Adapun contoh-contoh hukum mad lazim mukhaffaf harfi bisa dilihat pada tabel di bawah:

HurufContohCara Baca

ح

حٰمٓ

khaa - miiim

ر

الٓرٰ

alif - laaam - roo

ط

طٰهٰ

thaa - haa

ه

طٰهٰ

thaa - haa

ي

يٰسٓ

yaa - siiin

Perhatikan, beberapa contoh di atas membuktikan bahwa hukum bacaan ini memang hanya terdapat dalam fawatihus suwar dan dapat dikenali dengan mudah yaitu ditandai dengan harakat fathah berdiri yang menunjukkan panjangnya bacaan.

4. Cara Membaca Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Sebagaimana definisinya (baik bahasa maupun istilah), maka hukum mad lazim mukhaffaf harfi memang wajib dibaca panjang dan panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.


Kesimpulan

Hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi merupakan hukum ilmu tajwid yang dikhususkan dalam membaca ayat-ayat yang tergolong fawatihus suwar. Apabila ditinjau dari pengertiannya, hukum bacaan mad ini mengandung 2 ejaan huruf. Biasanya, di dalam mushaf Al-Qur'an, bacaan ini ditulis dengan tanda fathah berdiri di fawatihus suwar.

Baca juga : Kumpulan Materi Ilmu Tajwid.