Kisah Malaikat Jibril Memberikan Syafaat Kepada Umat Rosulullah SAW Kelak di Akhirat | Pelangi Blog

Kisah Malaikat Jibril Memberikan Syafaat Kepada Umat Rosulullah SAW Kelak di Akhirat

Inilah kisah umat Rosulullah SAW yang berteriak “Ya Hanna Ya Mannan" selama 40.000 tahun di dalam neraka

Kisah Malaikat Jibril Memberikan Syafaat Kepada Umat Rosulullah SAW Kelak di Akhirat

Dikisahkan bahwa kelak di hari kiamat, Malaikat Jibril berkeliling di penghujung neraka selama 40.000 tahun. Di sana, dia mendengar salah seorang penghuni neraka yang berasal dari umat Rosulullah SAW berteriak dengan kencang “Ya Hanna Ya Mannan Ya Dzal Jalali wal Ikrom”.

Pada saat itu pula Malaikat Jibril pergi menuju Arsy dan bersujud kepada Allah SWT, “Wahai Tuhanku, aku mendengar suara seorang muslim di dalam neraka, dia berteriak “Ya Hanna Ya Mannan Ya Dzal Jalali wal Ikrom” sejak 40.000 tahun. Sesungguhnya aku mengetahui bahwa dia adalah salah satu dari umat Muhammad SAW, sedangkan Engkau wahai Tuhanku, Engkau mengetahui kedekatan antara aku dan Muhammad SAW. Sesungguhnya aku sangat senang bila melakukan kebaikan di tempat Muhammad SAW, sedangkan seorang dari umatnya sedang berada di dalam neraka. Maka, izinkanlah aku untuk memberikan pertolongan kepadanya”.

Mendengar permohonan Malaikat Jibril, Allah SWT menjawab, “Aku memberimu izin untuk memberi pertolongan kepadanya, aku menyerahkannya kepadamu. Maka pergilah menemui Malaikat Malik penjaga neraka dan katakan padanya bahwa Aku memberikan izin untuk mengeluarkan orang itu dan menyerahkannya padamu”.

Malaikat Jibril pun bergegas menemui Malaikat Malik. Sesaat setelah bertemu dengan Malaikat Malik, Malaikat Jibril berkata, “Wahai Malaikat Malik, sesungguhnya Allah telah memberiku izin dan menyerahkan fulan (umat Rosulullah SAW yang berteriak memohon pertolongan kepada Allah di dalam neraka) kepadaku, maka keluarkanlah dia untukku”.

Malaikat Malik pun segera masuk ke dalam neraka untuk mencari sorang fulan yang akan dibebaskan dari neraka sesuai permintaan Malaikat Jibril. Selama seribu tahun Malaikat Malik mencari orang itu, namun dia tidak bisa menemukannya di sana, dia tidak bisa membedakan karena saking banyaknya penghuni neraka.

Setelah seribu tahun pencarian, Malaikat Malik keluar dari neraka dan menemui Malaikat Jibril, “Wahai Malaikat Jibril, sesungguhnya neraka jahannam dalam keadaan mendidih sehingga tampak besi seperti batu dan manusia seperti besi, sedangkan aku tidak bisa membedakan mana orang kamu cari”.

Malaikat Jibril pun kembali menuju Arsy untuk kedua kalinya, dia bersujud seraya memohon kepada Allah, “Wahai Tuhanku, sesungguhnya Malaikat Malik tidak bisa menemukannya, maka di manakah dia berada ?”.

Kemudian Allah SWT menunjukkan kepada Malaikat Jibril, “Wahai Jibril, pergilah menemui Malik dan katakan bahwa dia ada di jurang ini, di dasar jurang ini, di pojokan ini, dan di sumur ini”.

Sekali lagi Malaikat Jibril pun menemui Malaikat Malik sambil bergegas. Setelah bertemu dengannya, Malaikat Jibril pun memberitahunya tempat di mana orang itu berada di dasar neraka.

Kemudian, Malaikat Malik pun kembali lagi memasuki neraka untuk mencari orang itu, tepat seperti yang dikatakan oleh Malaikat Jibril atas petunjuk Allah SWT. Di sana Malaikat Malik mendapati orang itu dalam keadaan tersungkur dengan tubuh yang terantai dan terbelenggu, ular-ular dan kalajengking-kalajengking neraka memenuhi tubuhnya yang setiap saat dia menjering kesakitan karena digigit.

Melihat pemandangan yang tiada indah seperti itu, Malaikat Malik pun memegang salah satu anggota badannya, menarik dan mengerak-gerakkan badan orang itu. Dan seketika itulah ular-ular dan kalajengking-kalajengking yang memenuhi tubuhnya menyingkir dan terjatuh. Kemudian Malaikat Malik menggerak-gerakkan tubuh orang itu untuk kedua kalinya, dan seketika itulah rantai dan belenggu di tubuhnya terjatuh dan rontok. Maka tampaklah tubuh orang itu seperti arang hitam yang hangus sehabis terbakar.

Orang itu pun segera bangun dan berkata, “Apakah kamu datang untuk menambah siksaku ataukah untuk menyelamatkanku ?”.

Malaikat Malik pun menjawab, “Aku tidak tahu, kecuali saat ini Malaikat Jibril sedang menunggumu”. Malaikat Malik pun menggandeng tangan orang itu lantas menyerahkannya kepada Malaikat Jibril.

Setelah mendapatkan orang itu, Malaikat Jibril pun membawanya menuju Arsy. Ketika Malaikat Jibril dan orang itu sampai di bawah Arsy, maka tidaklah keduanya lewat kecuali para Malaikat yang melihatnya berkata-kata, “Ini adalah fulan yang berada di dalam neraka Jahannam selama 40.000 tahun”. Malaikat Jibril pun masih meneruskan perjalanan menuju Arsy.

Sesampainya di Arsy, Allah SWT berkata, “Tidakkah Firman-Ku (Al-Qur’an) sudah jelas di antara kamu semua, tidakkah Aku sudah mengutus kepadamu seorang rosul, dan tidakkah rosul yang telah Aku utus sudah memerintahkan untuk melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran ?”.

Orang itu pun menjawab dalam keadaan hina, “Tentu saja sudah Wahai Tuhanku, akan tetapi aku telah menganiyaya diriku sendiri, aku mengakui dosaku, maka ampunilah aku. Demi apa yang telah aku ucapkan selama 40.000 tahun di neraka, “Ya Hannan Ya Mannan”, maka ampunilah aku”.

Allah SWT pun menjawab, “Aku telah mengampunimu, aku menyerahkanmu kepada Jibril, dan aku telah membebaskanmu dari neraka atas pertolongan Jibril”.

Kemudian Malaikat Jibril pun mengantar orang itu menuju surga, tetapi sebelum itu, dia memandikan orang itu dengan ma’ul hayat (air kehidupan) dan air dari telaga Kautsar, sehingga hilanglah bekas dan tanda-tanda penghuni neraka dalam tubuhnya. Akhirnya, orang itu pun masuk surga dan terbebas dari neraka.

Dalam satu riwayat, ketika Syekh Hasan Al-Bashri mendengar cerita ini, beliau berdoa, “Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang selamat dari neraka setelah 40.000 tahun jika memang aku termasuk orang-orang yang masuk neraka karena buruknya dosaku”.

Sumber : Kitab Mawa’idhul Ushfuriyyah, Hadist ke-38.
Penulis : Syekh Muhammad bin Abi Bakar

COMMENTS

Nama

Bisnis Online Blogging Doa-doa Elektronik Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Teknologi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Kisah Malaikat Jibril Memberikan Syafaat Kepada Umat Rosulullah SAW Kelak di Akhirat
Kisah Malaikat Jibril Memberikan Syafaat Kepada Umat Rosulullah SAW Kelak di Akhirat
Inilah kisah umat Rosulullah SAW yang berteriak “Ya Hanna Ya Mannan" selama 40.000 tahun di dalam neraka
https://3.bp.blogspot.com/-5N5fipHDKlk/V1V1FMy4IlI/AAAAAAAACSI/2c1B8hv3_ZMgA6AwUCCTq2Pqs50IC5d-ACPcBGAYYCw/s640/Lafadh%2Bdan%2BBacaan%2BSayyidul%2BIstighfar%2Bserta%2BTerjemah.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-5N5fipHDKlk/V1V1FMy4IlI/AAAAAAAACSI/2c1B8hv3_ZMgA6AwUCCTq2Pqs50IC5d-ACPcBGAYYCw/s72-c/Lafadh%2Bdan%2BBacaan%2BSayyidul%2BIstighfar%2Bserta%2BTerjemah.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2017/10/kisah-malaikat-jibril-memberikan.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2017/10/kisah-malaikat-jibril-memberikan.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy