Inilah 4 Wejangan Sunan Drajat Kepada Umat Islam

Kanjeng Sunan Drajat merupakan salah satu Aulia’ Allah terkenal di tanah jawa, yang mempunyai jasa besar dalam penyebaran islam di Pulau Jawa, khususnya Kabupaten Lamongan. Nama asli Kanjeng Sunan Drajat adalah Raden Qosim, putra dari Sunan Ampel, dan juga saudara dari Sunan Bonang, beliau juga mendapatkan gelar Raden Syarifuddin.

Media dakwah yang dilakukan oleh Kanjeng Sunan Drajat dalam menyebar ajaran islam kepada mayoritas masyarakat Hindu-Budha lebih condong kepada ranah ekonomi dan pendidikan. Beliau terkenal sebagai pribadi yang arif dan dermawan, dan tak segan-segan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Selain itu, Kanjeng Sunan Drajat juga mendidik umat tentang nilai-nilai islami melalui pengajian. Beliau juga mendirikan wadah pendidikan dengan berdirinya pondok pesantren di Desa Banjarwati Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Pondok pesanten yang telah didirikan oleh Kanjeng Sunan Drajat memang sempat terkubur termakan waktu. Namun, kemudian pondok pesantren ini ditumbuhkan kembali oleh Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur yang saat ini menjadi salah satu pondok terbesar di Kabupaten Lamongan, Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran.

Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur - Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan

4 Wejangan Kanjeng Sunan Drajat

Dalam mengembangkan pendidikan islam dan pondok pesantren, Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur juga meniru gaya dakwah Kanjeng Sunan Drajat, bahkan beliau sering meyinggung tentang wejangan atau wasiat Kanjeng Sunan Drajat kepada umat islam dalam pengajiannya. Wejangan Kanjeng Sunan Drajat tersebut juga diabadikan dalam tulisan pitutur di makam Kanjeng Sunan Drajat di Desa Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Dan berikut ini empat wejangan atau wasiat Kanjeng Sunan Drajat kepada Umat Islam :

Wenehono Teken Marang Wong Kang Wuto
Berilah Tongkat Kepada Orang Yang Buta

Wenehono Iyupan Marang Wong Kang Kudanan
Berilah Tempat Berteduh Kepada Orang Yang Kehujanan

Wenehono Busono Marang Wong Kang Mudo
Berilah Pakaian Kepada Orang Yang Telanjang

Wenehono Mangan Marang Wong Kang Luweh
Berilah Makan Kepada Orang Yang Lapar.

Kesimpulan 4 Wejangan Kanjeng Sunan Drajat

Inti dari empat wejangan atau wasiat Kanjeng Sunan Drajat tersebut adalah memberikan pertolongan dan bantuan kepada orang lain yang sedang dilanda kesulitan. Tentu saja ini berarti tidak hanya memberikan bantuan dan pertolongan dengan bermodal tenaga dan pikiran saja, tetapi juga dengan harta benda.

Demikian pula Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur selaku pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat, Banjarwati – Paciran – Lamongan, senantiasa berpesan kepada para santri dan khalayak umum dalam pengajiannya bahwa Kenjeng Sunan Drajat tidak memberikan wejangan atau wasiat untuk meminta kepada orang, tetapi memberi dan memberi kepada orang lain, khususnya dalam upaya mengembangkan wadah pendidikan.