Cara Menambahkan Sitemap di Google Webmaster

Sitemap adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh pengelolah web atau blog pada webmaster dengan tujuan agar search engine bisa merayapi (crawl) pada halaman dan konten mereka. Biasanya sitemap ini dilakukan dengan cara memberikan file berupa xml yang berisikan URL dan meta data situs kita. Sehingga memungkinkan search engine lebih mudah merayapi (crawl) serta mengetahui aktifitas blog kita sehari-hari. Ini merupakan hal peting yang dilakukan bagi para blogger dalam mengiptomalkan SEO.

Apa Manfaat Menambah Sitemap Xml ?

  1. Memungkinkan search engine merayapi (crawl) serta mengetahui aktifitas situs kita
  2. Memberikan informasi kepada seacrh engine tentang aktifitas blog kita, baik dalam mengidentifikasi jumlah halaman dan konten, konten-konten terbaru, mengidentifikasi isi tentang blog, jumlah URL, dan lain-lain.
  3. Sebagai cara memudahkan search engine dalam mengindeks URL blog
  4. dan lain-lain.
Nah, dari sinilah kita bisa memberikan sebuah kesimpulan bahwa jika sebuah blog tidak ditambahkan sitemap di situs webmasternya, maka blog tersebut akan lebih lama terindeks dan terayapi oleh Search Engine atau mesin pencari, meskipun URL blog sudah terdaftar di Search Engine atau mesin pencari.

Bagaimana Cara Menambah Sitemap di Google Webmaster Tools ?

Yang pertama perlu kita ketahui adalah Google merupakan Search Engine atau mesin pencari yang paling banyak dimanfaatkan dalam dunia browsing online, khususnya di Indonesia sendiri. Tentu saja Google lebih diminati daripada Search Engine lainnya secara umum.

Jadi, sebagai blogger pemula yang ingin membiasakan diri dalam dunia blogging, maka sudah sepatutnya untuk mempertimbangkan kesempatan emas dengan menggunakan fasilitas dari Google itu sendiri. Kita mengenal Google Webmaster dengan istilah lain yang lebih banyak digunakan yaitu Google Search Console Tool.

Ya, dengan memanfaatkan fasilitas Google Webmaster atau Google Search Console Tool, maka ini akan memungkinkan blog yang hendak kamu kelolah lebih mudah dikenal oleh mesin pencari. Alhasil, blogmu juga akan lebih sering ditemukan oleh para pengunjung yang mencari artikel terkait di Google Search Engine.

Nah, adapun cara menambahkan sitemap di Google Webmaster atau Google Search Console Tool, maka kamu bisa memperhatikan kemudian mempraktekkan langkah-langkah pada tutorial di bawah ini secara teliti :

  1. Login ke Google Webmaster atau Google Search Console Tool
    Catatan :
    Sebelum menambahkan sitemap, kamu perlu daftar dulu di Google Search Console Tool. Jika memang belum daftar, silahkan lihat tutorialnya : Cara Daftar di Search Engine Google, Bing, Yahoo, dan Yandex
  2. Pilih menu "Sitemaps"
  3. Masukkan sitemap xml berikut : https://www.URLBLOGKAMU.com/sitemap.xml
    Catatan :
    Ganti tulisan bercetak merah dengan URL blogmu
  4. Klik "Submit", lalu klik "Got it"
  5. Jika sudah submit, sitemap diterima dengan dintadai status "Success" berwarna hijau

Sitemap yang sudah dipaparkan di atas telah diuji di beberapa blog dan Search Engine lainnya. Kamu pun bisa menambahkan sitemap lain, tetapi jika setelah submit sitemap ternyata muncul status "Couldn't Fetch" berwarna merah, maka itu menandakan sitemap tidak dikenal. Jadi, kamu bisa menghapusnya dengan mengklik sitemap yang ditambahkan, lalu klik icon menu (tanda titik tiga vertikal di pojok kanan), lalu klik "Remove Sitemap".

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa tonton tutorial video yang telah disiapkan di bawah :