Cara Menambahkan Sitemap di Bing Webmaster

Selain Google, Search Engine yang cukup populer di dunia adalah Bing meskipun masih banyak search engine lainnya. Bing merupakan seacrh engine yang yang dimiliki oleh Microsoft, kamu akan melihat bahwa banyak tutorial dan tips blog di internet yang menganjurkan untuk mendaftarkan blog Anda ke Bing Search Engine. 

Jika kamu bertanya mengapa harus mendaftarkan blog ke Search Engine ? maka jawabannya sangatlah mudah, karena blog adalah sebuah perangkat online dan hanya bisa diakses online melalui sebuah mesin pencari yang kita kenal dengan istilah Search Engine. 

Nah, untuk lebih bisa jelasnya, maka kamu bisa menemukan tutorial cara mendaftarkan blog pada link berikut ini : Cara Daftar di Search Engine Google, Bing, Yahoo, dan Yandex.


Cara Menambahkan Sitemap di Bing Webmaster

Selanjutnya, jika kamu sudah mendaftarkan blogmu di beberapa Search Engine, khususnya Bing Search Engine sebagaimana tema pada posting ini, maka kamu pun juga perlu untuk menambahkan sitemap di Bing Search Engine atau Bing Webmaster.

Tujuannya adalah agar Bing Search Engine lebih cepat mengindeks setiap post pada URL blogmu. Bisa dikatakan jika tanpa menambahkan sitemap, maka akan cukup lama Bing Search Engine merayapi blogmu. Tentunya, sebagai seorang blogger, kamu pasti sangat ingin blogmu lebih cepat diindeks dan dirayapi oleh Search Engine, sehingga tulisanmu akan semakin mudah ditemukan oleh pengunjung.

Adapaun cara menambahkan sitemap di Bing Search Engine sangatlah mudah, kamu bisa melakukannya seperti tutorial yang akan diulas di bawah ini :
  1. Login ke Bing Webmaster (pastikan kamu sudah mendaftarkan blogmu di Bing Webmaster, lihat pada link di atas)
  2. Jika sudah masuk halaman utamanya, klik link blogmu pada kolom "My Site"
  3. Pilih menu “Configure My Site”, lalu klik “Sitemaps
  4. Klik "Go to Sitemaps" (di tengah halaman)
  5. Klik "Submit Sitemap"
  6. Masukkan sitemap xml berikut ini : https://www.URLBLOGMU.com/sitemap.xml
    Catatan :
    Ganti kata bercetak merah dengan URL blogmu
  7. Klik "Submit"
Jika kamu sudah melakukan beberapa langkah seperti di atas, biasanya status sitemap masih diproses. Jadi, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menunggu beberapa menit hingga sitemap yang kamu masukkan berstatus sukses.

Nah, untuk memudahkan dan membuktikan tutorial tulisan di atas, maka Pelangi Blog sudah menyisipkan tutorial videonya sebagaimana di bawah ini :