Cara Translate Arab ke Indonesia di Kamus Online Almaany

Almaany merupakan salah satu dari situs kamus Bahasa Arab online yang cukup dikenal dalam dunia internet, yang juga banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang Indonesia. Tentu saja saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan kamus online almaany, setidaknya situs kamus online ini bisa menjadi alternatif apabila kamu tidak memiliki atau tidak membawa buku kamus (offline). 


Kelebihan Kamus Online Almaany

Hal pertama yang ingin saya ulas dalam sub judul di posting ini adalah mengenai kelebihan kamus online Almaany :

1. Hasil Terjemah Kamus Online Almaany Cukup Bagus dan Lengkap

Seperti halnya yang sudah kamu ketahui bahwa di internet banyak sekali situs-situs terjemah dan kamus online, misalnya Google Translate. Namun, bisa dikatakan bahwa hasil terjemah dalam antara situs-situs terjemah dan kamus online Almaany sangat berbeda jauh. Menurut saya pribadi, hasil terjemah kata dalam kamus online Almaany sangat bagus dan lengkap, bahkan tidak berbeda jauh dengan kamus besar Bahasa Arab Al-Munawwir (buku kamus).

2. Kamus Online Almaany Mendukung Terjemahan Kalimat Al-Qur'an

Salah satu kelebihan kamus online Almaany yang tidak kalahnya adalah kamus online ini mendukung terjemahan Al-Qur'an. Misalnya ketika kamu menerjemah satu kata di situs ini, maka hasil terjemah juga menjelaskan terjemahan dalam Al-Qur'an. Lebih spesifiknya, kamu bisa mengetahui terjemahan kalimat dalam Al-Qur'an dengan menekan menu "Kata Al-Qur'an" dan mencari terjemahan kata tersebut.

3. Kamu Bisa Mencari Sinonim dan Antonim Kata Dalam Kamus Online Almaany

Selain mendukung terjemahan bahasa Al-Qur'an pada umumnya, kamu juga bisa membandingkan dan menyamakan kata. Ya, lebih tepatnya adalah mengetahui sinonim (persamaan kata) dan antonim (lawan kata). Halaman untuk menemukan sinonim dan antonim kata bisa kamu temukan pada menu "Sinonim & Antonim" di menu utama situs Almaany.

4. Kamus Online Almaany Mendukung Banyak Bahasa

Kelebihan selanjutnya yang bisa kamu rasakan dalam menggunakan kamus online Almaany adalah kamus ini mendukung beberapa bahasa. Adapun terjemahan bahasa-bahasa yang bisa kamu temukan sampai posting ini dibuat antara lain :

  • Bahasa Inggris - Bahasa Arab
  • Bahasa Perancis - Bahasa Arab
  • Bahasa Portugis - Bahasa Arab
  • Bahasa Spanyol - Bahasa Arab
  • Bahasa Turki - Bahasa Arab
  • Bahasa Persia - Bahasa Arab
  • Bahasa Jerman - Bahasa Arab
  • Bahasa Indonesia - Bahasa Arab
  • Bahasa Arab - Bahasa Arab

5. Kamus Online Almaany Menyediakan Aplikasi Untuk Smartphone

Untuk memudahkan setiap pengunjung dan pengguna yang ingin menerjemah kata, kamus online Almaany juga menyiapkan versi app yang bisa didownload secara gratis di Google Play Store. Namun, perlu dicatat juga bahwa app kamus online Almaany tersedia sesuai masing-masing bahasa. Artinya, apabila kamu ingin download aplikasi kamus online Almaany, maka kamu perlu untuk memilih app versi "Bahasa Indonesia - Bahasa Arab".

6. Kamus Online Almaany Mendukung Pengertian Istilah Dalam Bahasa Arab

Sekarang, coba perhatikan bahasa-bahasa yang mendukung di dalam kamus online Almaany sebagaimana poin keempat di atas. Kamus online Almaany mendukung pengertian dan definisi Bahasa Arab ke Bahasa Arab. Artinya, memang ada istilah Bahasa Arab yang mungkin tidak akan ditemukan pengertiannya di kamus-kamus Bahasa Arab biasa. Namun, dengan menggunakan kamus online Almaany, kamu bisa menemukan pengertian dan definisi istilah tersebut.


Cara Translate di Kamus Online Almaany

Sekali lagi, apabila kamu ingin menerjemah kata Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia (atau sebaliknya), saya sangat merekomendasikan dengan melakukan translate di kamus online Almaany. Faknya hingga sampai saat ini, hasil terjemah kata di situs-situs terjemah lain (seperti Google Translate) masih terbilang amburadul.

Adapun cara untuk menerjemah kata Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia di kamus online Almaany adalah sebagai berikut :

1. Buka situs Almaany (bisa juga dengan menggunakan aplikasi kamusnya)

2. Cari kata yang ingin diterjemah pada kolom pencarian di bagian atas halaman.

Catatan :
Saya sarankan untuk mencari kalimat dengan menggunakan fi'il madli atau fi'il mudharik, karena biasanya hasil pencariannya mungkin sulit ditemukan.

3. Klik icon pencarian untuk mencari terjemahnya.

Namun, apabila kamu menggunakan PC, kamu tentu perlu untuk mengetik Bahasa Arab, saya sarankan dengan menggunakan aplikasi Arabic Pad : Cara Paling Mudah Menulis Arab di PC Dengan Arabic Pad.


Cara Mengetahui Pengertian Istilah Bahasa Arab di Kamus Online Almaany

Kosa kata dalam Bahasa Arab memang terbilang cukup rumit. Pasalnya, ada banyak kata yang mungkin tidak bisa ditemukan terjemahnya di dalam kamus-kamus Bahasa Arab. Tetapi, dengan menggunakan kamus online Almaany, kita mungkin bisa menemukan pengertian dan definisi istilah istilah tersebut, begini caranya :

1. Buka situs kamus online Almaany

2. Pilih "عربى" di menu utama halaman untuk mengganti ke halaman versi "Bahasa Arab - Bahasa Arab"

3. Cari kata yang ingin diterjemah pada kolom pencarian di bagian atas halaman.

4. Klik icon pencarian untuk mencari.

Kamu akan menemukan banyak kata yang menunjukkan hasil pencarian. Tentunya, karena versi ini adalah pengertian "Bahasa Arab ke Bahasa Arab" maka kamu perlu mengetahui setiap terjemah kata. Tutorial bagian ini bisa menjadi alternatif bagi setiap pengguna yang sudah mumpuni untuk menerjemah Bahasa Arab.


Tutorial Video Translate Bahasa Arab di Kamus Online Almaany

Selanjutnya, untuk memperjelas tutorial tulisan di posting ini, kamu juga bisa menonton tutorial dalam menerjemah Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia di kamus online Almaany berikut :

Demikian, semoga bisa membantu, terima kasih.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url