3 Harta Yang Tidak Dimiliki Oleh Tuhan

Tuhan itu maha sempurna, Dia maha kuasa dan dia di atas segalanya. Dia memiliki semua yang ada di dunia dan menjadi miliknya. Tidak ada yang mampu menandinginya. Hanya saja tuhan menitipkan sebagian kakayaannya untuk manusia. Bahkan sebenarnya diri manusia sendiri adalah milik-Nya.

Namun, ada harta dimana Tuhan tidak pernah memilikinya. Dan selamanya Dia tidak akan pernah memilikinya. Apa harta itu ?

1. Orang tua
Tuhan tidak mempunyia orang tua yang melahirkan-Nya. Dia tidak diperanakkan seperti manusia dan makhluk lainnya. Tuhan ada karena diri-Nya sendiri. Sifat tuhan tidak sama dengan sifat manusia. Sedangkan bagi manusia, orang tua adalah harta yang berharga yang harus tetap dijaga dan dicintai. Manusia ada karena adanya orang tua sebagai perantara kelahiran mereka. Untuk itu, orang tua bisa disebut sebagai salah satu harga paling berharga bagi manusia. Orang tua yang mendidik, membesarkan manusia, dan menyayangi manusia dengan penuh kasih sayang. Pengorbanan mereka untuk manusia sangatlah besar, tak pantas bagi manusia untuk mengabaikan mereka dan juga mengecewakan mereka. Nah, sebagai salah satu bentuk balas budi manusia kepada orang tua, salah satunya adalah menganggap orang tua sebagai harta yang paling berharga. Layaknya sebuah harta, maka manusia akan menjaganya, merawatnya, melindunginya, dan menjadikannya sebagai salah satu benda istimewah dalam kehidupan. Begitu juga dengan orang tua, jika manusia menganggap orang tua sebagai harta yang berharga, maka selayaknya manusia akan memperlakukan orang tua sebagai sesuatu yang paling manusia cintai, paling manusia sayangi, paling manusia jaga, dan manusia akan bersedia merawat mereka sebagai bentuk balas budi seorang anak.

2. Istri atau suami
Tuhan selamanya tidak akan pernah mempunyai istri atau suami karena mencintai istri adalah sifat makhluk, sedangkan Tuhan bukanlah makhluk. Tuhan itu bersifat Esa. Dia adalah sang pencipta bukan yang diciptakan. Sedangkan bagi manusia, istri atau suami adalah sebuah harta yang sangat berharga. Bahkan menurut sebagian besar manusia, istri atau suami lebih berharga dari pada orang tua. Istri atau suami adalah teman karib dalam sebuah rumah tangga. Karena cinta manusia kepada istri atau suami, mereka merasa bahwa istri atau suami adalah sebuah harta yang berharga. Mereka akan menjaga mencintai, dan melindungi bahkan dengan nyawa sekalipun.

3. Anak
Tuhan tidak akan pernah mempunyai anak, Dia berdiri seorang diri dan tidak membutuhkan yang lain. Tuhan tidak beranak, sedangkan beranak adalah sifat makhluk. Manusia mengatakan bahwa anak adalah harta berharga dalam kehidupan. Tanpa anak, manusia tidak dapat melestarikan keturunan mereka. Mereka akan memberikan semua harta, cinta, dan kasih sayang untuk anak mereka. Anak adalah buah hati yang lebih bernilai dari semua uang dan harta benda. Sebagai sifat dasar manusia, mereka tidak akan membiarkan harta berharga mereka hilang. Begitu juga dengan anak, mereka akan menjaganya, memeliharanya, dan menyayanginya. Mereka melakukan itu karena mereka tidak ingin kehilangan seorang anak. Itulah mengapa anak adalah harta yang sangat berharga dalam hidup manusia.


Jadi, orang tua, istri atau suami, dan anak adalah orang yang sangat manusia cintai jauh melebihi sesuatu lainnya. Untuk itulah pantas mereka menyebut ketiganya sebagai harta yang paling berharga di dunia. Dan ketiganya adalah harta yang tidak dimiliki oleh tuhan dan hanya dimililiki oleh makhluk-Nya. Tuhan tidak diperanakkan, Tuhan tidak memiliki pasangan, dan Tuhan tidak beranak. Tuhan berdiri atas diri-Nya sendiri, dan tidak akan membutuhkan makhluk lain. ^_^