Apa Perbedaan Blogspot dan Wordpress ?

Blogger merupakan istilah bagi mereka yang akrab menggunakan blog. Dalam dunia internet banyak ya...

Blogger merupakan istilah bagi mereka yang akrab menggunakan blog. Dalam dunia internet banyak yang menyediakan akun blog secara gratisan. Namun, yang paling banyak digunakan bagi kalangan blogger adalah blogspot dan wordpress. Meskipun hal ini sudah menjadi suatu yang tidak asing di dunia internet, tetapi masih banyak yang belum mengerti apa itu blogspot dan apa itu wordpress. 

Apa itu blogspot dan wordpress ?

Blogspot adalah akun blog gratisan yang disediakan oleh google. Didalamnya disediakan berbagai media untuk menulis dan membuat artikel.

Wordpress adalah akun blog gratisan yang disediakan oleh wordpress. Seperti halnya blogspot, wordpress juga menyediakan media untuk menulis dan membuat artikel.

Apa kelebihan dan kesamaan antara blogspot dan wordpress ?

Wordpress dan blogspot merupakan sebuah blog yang lebih cocok dalam bidang penulisan artikel. Adapun kelebihan dan kesamaan keduanya sangat banyak, yang diantaranya adalah : 

1.   Gratis
Membuat akun blog dari keduanya tidak dikenakan bayaran alias gratis. Lalu kita bisa meinkmati berbagai sarana dan media di dalamnya.

2.   Proses pendaftarannya mudah
Hanya dengan mendaftar dan memasukkan email sebagai syarat pendaftaran, kita sudah mempunyai akun blog secara gratis dan permanen. Kita bisa menulis berbagai macam tulisan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

3.   Bisa membuat banyak blog dalam satu akun
Kita bisa membuat banyak blog setelah kita mendaftar meskipun kita hanya mempunyai satu akun saja.

4.  Bisa memilih template (thema tampilan)
Kita bisa mengganti template dengan desain yang indah sesuai dengan kebutuhan kita. 

5.   Bahasa
Keduanya menyediakan beberapa bahasa khususnya bahasa Indonesia, sehingga mempermudah bagi pengguna dalam memahami beberapa kata dan petunjuk di dalamnya.

Apa perbedaan antara blogspot dan wordpress ?

Adapun perbedaan keduanya juga sangat banyak, yang diantaranya adalah :

1.   Google Adsense
Karena blogspot ada pada naungan google, maka blogspot sangat mendukung adanya Google adsense, sehingga kita bisa mendapatkan uang pemasukkan dari blog, tetapi sangat sulit untuk diterima di google adsense, harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh google adsense. Sedangkan wordpress tidak mendukung adanya google adsense.

2.   Kode HTML 
Kode HTML pada template blogspot bisa dengan mudah kita ubah sesuai kebutuhan, tetapi kode HTML pada wordpress sangat sulit untuk diubah.

3.   Widget
Dalam blogspot, penataan dan pengaturan widget sangat mudah, kita tinggal hanya mempunyai kode widgetnya lalu menambahkannya ke dalam gadget. Sedangkan untuk wordpress agak repot tentang masalah penataan dan pengaturan gadget. Namun, widget wordpress lebih lengkap dibanding blogspot.

4.   Indexs di google
Blogspot lebih mudah terindeks di google daripada wordpress. Namun, bagi wordpress itu bisa diatasi jika kita sering membuat dan mengupdate artikel.

5.   Javascript
Blogspot mendukung javascript sedangkan wordpress kurang mendukung javascript. Artinya, blogspot bisa menerima widget dari luar atau widget yang tidak disediakan oleh platform blogger, sedangkan tidak semua widget dari luar wordpress bisa dipasang di wordpress.

6.   Harga template premium
Kebanyakan dari para blogger yang menggunakan keduanya, mereka memberi asumsi bahwa harga template premium wordpress lebih mahal daripada harga premium template pada blogger. Di berbagai site banyak menyediakan download template bagi blogspot, dan kebanyakan temnplate gratisan itu juga bisa support pada blogspot. Sedangkan template luar tidak support bila digunakan pada wordpress, wordpress hanya mendukung template bawaan gratisan atau template yang berbayar.

7.   Menu horizontal
Wordpress lebih mudah dalam membuat menu dan submenu, sedangkan blogspot harus mengotak-atik kode HTML dulu. Adapun jika kita membuat menu dengan cara mengcopy paste kode menu horizontal, itu masih terlihat monoton.



Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Apa Perbedaan Blogspot dan Wordpress ?
Apa Perbedaan Blogspot dan Wordpress ?
http://4.bp.blogspot.com/-YqGi14jK7Ds/UuPNubrAbcI/AAAAAAAAAD8/pegfolJFK3w/s1600/fish.png
http://4.bp.blogspot.com/-YqGi14jK7Ds/UuPNubrAbcI/AAAAAAAAAD8/pegfolJFK3w/s72-c/fish.png
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2014/01/mengenal-blogspot-dan-wordpress.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2014/01/mengenal-blogspot-dan-wordpress.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy