Tips Menghilangkan Stress

Stress merupakan salah satu bentuk kesenjangan pikiran karena banyaknya masalah yang menjadi beban. Stress hampir dialami oleh banyak ora...

Stress merupakan salah satu bentuk kesenjangan pikiran karena banyaknya masalah yang menjadi beban. Stress hampir dialami oleh banyak orang, remaja, dewasa, pria, dan wanita. Hal ini merupakan hal yang kerap terjadi ketika banyak masalah yang menjadi beban pikiran, sedangkan hati tidak bisa menerimanya. Saat seseorang sedang stress, ia akan merasa putus asa, merasa sedih dan sendiri, merasa frustrasi, dan merasa hampa dalam hidupnya. Namun, jika hal ini dibiarkan terjadi berlarut-larut, maka dapat menyebabkan kebimbangan yang berlarut-larut dalam pikirannya. Ia tidak lagi bisa berpikir secara jernih dan bijaksana, dan yang lebih parah lagi akan membuatnya gila.

Nah, jika kita sedang dalam keadaan stres, mal cobalah tips berikut :

1.   Cari hiburan
Ini adalah poin penting bagi seseorang saat ia sedang jenuh dan stress. Menemukan hiburan diri dapat menjernihkan pikiran dari beberapa masalah yang menjadi beban. Secara ilmiah, otak akan sangat jenuh dan semakin terbebani jika ia terlalu memikirkan sesuatu. Nah, dengan mendapatkan hiburan dapat merangsang otak terbebas dari belenggu pikiran secara perlahan meskipun tidak 100%. Setiap orang memiliki hiburan diri yang berbeda-beda, diantaranya adalah bermain game, menonton film, rekreasi, mendengarkan musik, berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, dan juga yang lainnya.

2.   Berpikir positif dan bebaskan pikiranmu
Jangan pernah kita berpikir yang negatif saat sedang stress, karena itu dapat menyebabkan hal-hal yang negatif juga. Tetapi sebaliknya, berpikirlah secara positif dan yakinlah bahwa setiap masalah pasti ada solusi, hanya saja kita belum menemukannya.

3.   Kuatkan mental
Yakinlah bahwa dunia ini dipenuhi permasalahan, dan bukan hanya kita sendiri yang mempunyai banyak masalah sehingga kita stress. Masih banyak orang di luar sana yang lebih menderita karena masalah mereka, dan masih banyak juga orang diluar sana yang lebih kuat dalam menghadapi masalah mereka. Kita harus bangkit, dan jangan biarkan kita kalah dalam pertempuran melawan masalah dalam diri. Hadapi kenyataan yang ada meskipun kenyataan itu tidak sesuai dengan harapan kita. Kita masih berdiri, dan masih ada hari esok yang lebih cerah. Yakinlah bahwa masalahmu dapat menjadikanmu lebih dewasa. Sering-seringlah membac kisah orang-orang yang sukses dan mampu lepas dari belenggu pikiran mereka, sering-seringlah membawa kata mutiara motivasi, dan aplikasikan itu pada diri kita sendiri.

4.   Jangan biarkan emosi mengendalikan diri
Saat kita sedang stress, jangan biarkan kita terbawa arus emosi karena semakin kita emosi semakin pula kita akan membebani pikiran. Lebih bersikap dewasa dan bersabarlah, masalah pasti ada solusinya.

5.   Kurangi mendengarkan musik atau film bertema sedih dan mengharukan
Saat kita mendengar musik atau film yang bertema mengharukan, rasanya mungkin ingin menangis. Apalagi masalah kita sesuai dengan cerita dalam musik atau film tersebut. Hindarilah keduanya, karena dapat mengingatkan kita akan masa lalu yang pahit dan dapat menjerat kita kembali ke dalam lubang kekecewaan.

6.   Perbanyak humor dan senyum
Percayakah kita, sebenarnya senyum atau tertawa yang kita lakukan akan merangsang saraf otak dan mengendorkannya dari beban permasalahan. Tertawa juga sama saja menghibur diri.

7.   Curhat
Jangan menyimpan permasalahan dan beban pikiran kita sendiri. Jangan merasa bahwa kita bisa menyelesaikannya sendiri, kita masih butuh orang lain. Ceritakan masalahmu, perasaanmu, dan beban pikiranmu kepada orang lain yang kamu percaya. Dengan begitu, artinya kita melepas ikatan yang menjerat pikiran kita. Kita tidak sendiri dan masih ada orang lain yang bersama kita. Mereka bisa membantu memecahkan permasalahan kita, dan meskipun mereka tidak bisa membantu, mereka bisa merasakan apa yang kita rasakan.

8.   Perbanyak melakukan aktivitas
Saat kita sedang stress dan terbebani oleh pikiran, perbanyaklah melakukan aktivitas karena itu sama saja dengan mengabaikan beban pikiran kita. Lebih banyak kita melakukan aktivitas, maka lebih banyak kita mengabaikan beban pikiran. Secara tidak langsung, beban pikiran kita akan berkurang secara perlahan.

9.   Bermeditasi dan menekan beban pikiran dengan pernafasan perut
Bermeditasilah, tarik nafas dengan dalam dan hembuskan. Lalu rasakan seolah kamu membuang semua permasalahan dan beban pikiranmu bersama hembusan nafasmu. Bebaskan pikiranmu dari beban-beban yang menjeratmu dan lakukan itu berulang kali.

10.   Berdzikir dan mengingat Tuhan
Point ini adalah point terpenting dari semua point, dan ini hanya bisa dilakukan bagi mereka yang percaya adanya Tuhan. Sebutlah nama tuhan kita, jernihkan pikiranmu dari segala macam permasalahan dunia, rasakan bahwa Dia bersama kita. Rasakan...rasakan...dan rasakan !!!. Yakinlah bahwa Tuhan akan menolong kita lepas dari semua belenggu dunia. Mengingat tuhan berarti menjernihkan pikiran, rasakan Dia begitu dekat dengan kita, rasakan Dia mengetahui apa saja yang kita lakukan, rasakan kenikmatan saat kita mengingat-Nya, dan rasakan manis saat dekat dengan-Nya

Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Tips Menghilangkan Stress
Tips Menghilangkan Stress
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2014/01/tips-menghilangkan-stress.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2014/01/tips-menghilangkan-stress.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy