Backlink Dapat Membunuh Web dan Blog

Sebagai seorang blogger, mungkin kita sering melihat atau mendengar kata “Backlink” dalam istilah SEO. Back link merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi dalam dunia Web atau Blog. Namun, terkadang kita bertanya-tanya apa sih sebenarnya back link itu ?. 

Backlink adalah suatu hubungan antara beberapa situs web atau blog dengan memasukkan link di dalamnya antara situs satu dengan situs lainnya. Jika link tersebut diklik, maka akan merujuk ke alamat situs pembuat link tersebut. Tetapi, backlink memiliki banyak arti dalam hubungan antara Web atau Blog, salah satunya adalah tukar link. Kita bisa mengasumsikan salah satu contoh backlink adalah tukar link. Misalnya kerja sama antara situs A dan situs B, situs B memasukkan link situs A begitu juga sebaliknya, situs A memasukkan link situs B. Ini dilakukan untuk sebagai salah satu media dalam meningkatkan pengunjung. Intinya adalah jika kita memasukkan link situs lain ke dalam Web atau Blog kita, maka itu juga termasuk dalam kategori backlink.


Apa manfaat Backlink untuk Web atau Blog ?

Dalam Optimasi Mesin Pencari (SEO), backlink mengacu pada hyper- link yang merujuk ke halaman Web atau Blog tertentu. Backlinks penting untuk SEO, karena ini dapat meningkatkan pergerakan pagerank suatu web atau blog. Lebih jelasnya, backlink bukan faktor penentu tunggal dalam meningkatkan pagerank di SEO. Adapun manfaat dari backlink antara lain :

1.   Menarik banyak pengunjung
Setiap kita memasukkan link kita ke dalam situs orang lain, maka saat pengunjung meng-klik link tersebut akan merujuk pada link halaman Web atau Blog kita. Dan jika semakin banyak yang mengklik link tersebut, maka semakin banyak pula pengunjung yang mengunjungi halaman Web atau Blog kita.

2.   Web atau Blog menjadi popular di SEO
Karena banyak pengunjung yang mampir ke halaman web atau blog kita, maka web atau blog kita pun akan menjadi popular di mesin pencari.

3.   Trafic Pagerank meningkat
Karena situs kita populer di SEO, maka otomatis trafic pagerank pun meningkat sehingga orang lain akan mudah mengakses situs kita.


Bagaimana cara kita mendapatkan backlink ?

Banyak cara dalam melakukan backlink untuk blog kita yang antara lain adalah :
1.   Menambahkan link kita sendiri dalam setiap posting artikel kita
2.   Tukar link seperti yang telah dijelaskan di atas
3.   Memasukkan link dalam komentar web atau blog lain
4.   Memasukkan link kita dalam beberapa forum
5.   Memasukkan link kita dalam berbagai jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, Google plus, dan lain-lain.


Apakah Backlink berbahaya bagi situs kita ?

Dewas ini backlink menjadi faktor yang sering disalahgunakan untuk mendongkrak mensin pencari untuk meningkatkan pagerank. Banyak Web perusahaan pemasaran yang menggunakan trik ini dengan menyewa web backlink sebagai trik dalam meningkatkan web mereka untuk keperluan pemasaran. Hal ini sangat tidak disukai oleh mesin pencari seperti Google. Google menganggapnya hal tersebut sebagai cara yang curang dalam meningkatkan pagerank. Ia terus meningkatkan kualitas pencarian dan menyingkirkan halaman yang mendapatkan peringkat di mesin pencari mereka melalui trik murahan seperti backlink. 


Apa yang harus kita lakukan terhadap masalah ini ?

Kita boleh menggunakan backlink untuk meningkatkan pagerank situs kita, tetapi jangan sampai terlalu berlebihan, apalagi kita menyewa web backlink yang langsung dapat menarik beribu pengunjung di situs kita. Google akan mendeteksi tindakan curang di Web atau blog kita, ia akan melakukan penalti dengan tidak segan-segan. Baca di Alasan Google Menghapus Web dan Blog di Search Engine.