Facebook vs Twitter - Mana Yang Menang ?

Dalam dunia internet saat ini ada 2 jaringan sosial yang sangat mendominasi yaitu Facebook dan Twitter. Mana yang lebih unggul dari keduanya ?

1.   Di Bidang Volume Pengguna

Ini mungkin pembahasan yang cukup menarik, Facebook memiliki sekitar 1,23 miliar pengguna aktif pada tahun 2013 sedangkan Twitter hanya memiliki sekitar 232 juta pengguna, ini berbanding sekitar 1 : 5. Namun, era globalisasi akan terus mengembang, apakah volume keduanya akan terus mengembang dan turun, atau masih tetap bertahan ? Biar waktu yang akan menjawab.

Pada bulan Januari kemarin, sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh Princeton University memprediksikan bahwa Facebook akan kehilangan 80 % pengguna aktif pada tahun 2017, ini sudah terbukti bahwa pada tahun 2013 kemarin banyak pengguna Facebook telah pasif, menurun dibanding tahun 2012.

FACEBOOK MENANG


2.   Di Bidang Hubungan Sosial dan keluarga

Twitter merupakan jaringan sosial yang bisa menghubungan kita dengan orang lain. Namun, kita tidak bisa mengetahui siapa yang menjadi teman dekat, keluarga, kekasih, group, organisasi dan lainnya. Kita hanya terhubung dengan orang-orang lewat sebuah orang yang di ikuti dan pengikut.
Sedangkan facebook, kita bisa menjalin hubungan dengan teman-teman dan keluarga lebih dekat dibanding dengan twitter. Facebook menyediakan beberapa fasilitas group untuk menjalin hubungan antara organisasi, alumni sekolah, teman kerja, atau lainnya. Facebook juga memberikan kemudahan dalam menghubungkan ikatan keluarga, kita bisa menandai seseorang yang menjadi ibu, ayah, adik, kakak, atau pacar kita. Ini adalah hal yang banyak menarik bagi anggota pengguna facebook.

FACEBOOK MENANG


3.   Di Bidang Real-Time News

Twitter memberikan penyajian berita dengan cepat, kita bisa melihat banyak berita tentang artis, selebritis, dan berita hangat lainnya. Twitter memberikan interaksi secara langsung antara fans dan penggemarnya. Misalnya kita bisa dapat cepat mengikuti berita tentang Agnes Monica jika kita menjadi pengikutnya. Kita pun bisa membalasnya dengan klik “retweet”.

Sedangkan facebook lebih cenderung ke arah interaksi dengan orang-orang sekitar saja, teman, dan keluarga. Kita bisa menjadi pengemar bintang, artis, atau lainnya melalui “like” halaman.

TWITTER MENANG


4.   Di Bidang Share

Facebook dan twitter memiliki kelebihan yang bermanfaat bagi situs-situs lainnya, yaitu kita bisa share halaman sebuah situs, video youtube, gambar, dan lainnya. Hal itu merupakan sarana untuk memberitahu, mengajak, dan menyebarkan halaman share sehingga orang lain tahu dan ingin tahu. Pada bulan Agustus 2013, facebook dan twitter mendapatkan traffic share sebanyak 46 %, keduanya sama-sama unggul dalam hal ini.

KEDUANYA SERI


5.   Di bidang Mobile

Ketika Twitter mengajukan untuk go public, pada September 2013, itu membuat 65 % dari pendapatan iklan twitter berasal dari mobile selular, dibandingkan 0 persen dari Facebook pada saat IPO tahun 2012. Orang lebih suka menggunakan aplikasi twitter pada mobile, mereka menganggap itu adalah sempurna dan lebih mudah dengan minimal pesan 140 karakter. Sedangkan peningkatan aplikasi mobile facebook lebih lambat dibanding dengan twitter.

Namun, aplikasi facebook banyak dikuasai oleh Apple dan Google Android. Secara singkat, banyak penggunanya telah tertarik pada cross-platform dan aplikasi Viber seperti WhatsApp, dan saat ini memiliki 430 milyar pengguna aktif bulanan. Kecuali di negara Cina, aplikasi selular facebook dan twitter masih diblokir, WeChat Tencent memiliki lebih dari 300 juta pengguna, termasuk pengguna internasional yang lebih di atas  100 milyar.

TWITTER MENANG


6.   Di Bidang Pendapatan
Pada tanggal 28 Januari 2014 kemarin, hasil pendapatan facebook dan twitter dapat di deskripsikan sebagai berikut :
  • Cap Pasar facebook sebesar $ 132.58bn, sedangkan twitter sebesar $ 33.05bn
  • Harga saham facebook sebesar $ 54,36, sedangkan twitter sebesar $ 59,53
  • Pertumbuhan harga saham sejak penawaran umum perdana ( IPO ) pada facebook sebesar 42,42 % dari IPO pada tanggal 25 Mei 2012 ditambah 14,49 % sejak tanggal 8 November 2013 Twitter IPO, sedangkan twitter sebesar 32,76 % sejak IPO pada tanggal 8 November 2013
  • Rasio harga/laba pada facebook mencapai 54.36, sedangkan twitter masih rugi yakni sebesar -134,67.
  • Share di semua Iklan selular : Facebook mendapatkan 15,8 %, sedangkan twitter cuma mendapatkan 1,85 %

FACEBOOK MENANG

Kita bisa melihat tabel berikut dan menyimpulkan siapa pemenangnya :


Baca juga artikel lainnya :