6 Trik SEO Menggunakan Google Webmaster Tools

PelangiBlog.Com - Google Webmaster Tools adalah peluang yang bagus dalam meningkatkan pegerank situs kita di mesin pencari. Google Webmaster Tools sendiri merupakan sebuah mesin yang berfungsi melacak dan menganalisis setiap aktifitas situs sehari-hari. Ini adalah kesempatan yang baik dalam mengetahui apa yang seharusnya menjadi point terbaik untuk situs kita. Itulah mengapa setiap situs pasti mendaftar pada Google Webmaster Tools, karena memang banyak manfaat yang diambil untuk meningkatkan perkembangannya di mesin pencari.

Berlatar belakang dari pentingnya Google Webmaster Tools, maka ada 6 trik mudah memanfaatkan Google Webmaster Tools untuk meningkatkan pagerank situs kita di mesin pencari atau search engine :

1.  Penyempurnaan HTML
Dalam Google Webmaster Tools tersedia informasi penting bagi kita dalam menemukan perbaikan HTML situs. Informasi ini tekait tentang masalah apapun dengan meta deskripsi situs, tag judul, dan beberapa catatan setiap konten yang tidak diindeks di mesin pencari. 

Dalam perkembangan SEO, deskripsi meta tag judul yang unik dan optimal merupakan hal yang penting bagi situs kita dan perkebangannya. Melalui Google Webmaster Tools, kita bisa menemukan informasi yang memungkinkan untuk mengidentifikasi masalah meta tag description dan masalah meta title tag.

Kita bisa melakukannya pada kategori “pernyempurnaan HTML” atau “improvement HTML”. Di sana tersedia banyak solusi dari masalah tentang meta tag, meta descripstion judul, duplikat judul, dan juga yang lainnya. Kita bisa mengoptimalkan usaha untuk mengatasi masalah meta tag description dan masalah meta title tag, seperti gambar di bawah ini :


2.  Keywords
Informasi penting lain adalah tentang keywords atau kata kunci. Keyword adalah beberapa kata kunci situs yang diakses mesin pencari. Data ini sangat membantu kita hanya dengan melihat kata kunci yang paling banyak diakses oleh mesin pencari, sehingga kita bisa menggunakan beberapa kata kunci yang menonjol untuk menentukan topik dan isi halaman situs. Silahkan lihat contoh kata kunci di Google Webmaster Tools berikut :


3.  Menghapus URL
Kita bisa menghapus beberapa URL yang kurang berguna seperti duplikat konten atau URL duplikat. Namun, kita pun harus berhati-hati dalam menghapus karena itu bisa dihapus secara permanen. Pelajari selengkapnya di Bagaimana Cara Mengatasi Duplikat Konten ?.

4 .  Sitemaps
Sitemaps berfungsi untuk untuk mengupayakan dan memudahkan mesin pencari Google dalam merayapi (crawl) semua halaman konten situs kita. Untuk lebih jelas, silahkan pelajari selengkapnya di

5 . Data Terstruktur
Data terstruktur merupakan informasi yang membantu dalam menjelaskan isi dari situs kita di mesin pencari. Tahukah kamu ? kita akan memiliki fasilitas yang menunjukkan jenis data terstruktur tentang situs kita yang telah diodeteksi oleh Google, juga URL yang mengandung masing-masing jenis. Informasi ini mencakup tingkat entitas yang ditemukan pada halaman. Kita bisa melihatnya seperti gambar di bawah ini :


6 . Pemandu Data Markup Terstruktur
Pemandu Data Markup Terstruktur memungkinkan kita untuk menandai topik penting pada halaman situs kita, misalkan topik blog tentang software dan komputer, maka kita bisa menandai URL halaman dengan “aplikasi perangkat lunak” dan lain sebagainya. Bagian penting tentang ini adalah perubahan HTML yang tidak diperlukan. Kita bisa melihatnya dengan mengklik “Lab” – “Sumber Daya Lainnya” – “Pemandu Data Markup Terstruktur” seperti gambar berikut :


Meskipun tips ini tidak meningkatkan traffic secara 100%, tetapi bisa sedikit membantu dalam meningkatkan pagerank di SEO. Tips ini sudah banyak digunakan dalam upaya peningkatan SEO dan mengurangi waktu analisis. Jika masih kurang jelas dan membutuhkan banyak informasi lagi, kita bisa mengklik pada pusat bantuan di Google master.