Apa itu Shorter URL ? Apa Keuntungan dan Kerugiannya ?

Apa itu Shorter URL ?

Shorter URL adalah salah satu usaha yang dilakukan oleh blogger untuk memperpendek URL link. Ini banyak dilakukan oleh sebagian blogger. Alasannya pening di sini adalah untuk mendapatkan uang tambahan dari blog yang mereka tulis. Biasanya, ini dilakukan dengan menjadi member atau anggota dari website yang menyediakan sarana untuk memperpendek URL. Anda bisa menemukannya di beberapa website seperti adf.ly dan google.


Apa keuntungan menggunakan Shorter URL ?

Memang banyak alasan yang bisa menjelaskan mengapa para blogger menginginkan Shorter URL pada beberapa URL mereka. Beberapa alasan mereka adalah sebagai berikut :

1.   Untuk memperpendek URL
URL yang lebih pendek terlihat lebih ramping dan simple, sehingga memebrikan dorongan bari para pengguna blogger untuk memperpendek URL mereka.

2.   Mendapatkan tambahan uang dari blog
Alasan utama dari para blogger memendekkan URL pada beberapa situs penyedia shorter link adalah untuk mendapatkan penghasilan dari blog mereka. Mereka hanya perlu registrasi dan menjadi anggota dari situs tersebut lalu memasukkan beberapa link. Nah, saat para pengunjung mengklik link shorter ini, pemilik link akan mendapatkan dollar dalam bagian kecil, biasanya ini tergantung dari pengunjung negara. Setiap link shorter yang memberikan upah pasti akan tampil gambar “SKIP AD”, misalkan pada adf.ly seperti gambar di bawah ini :


Setiap pengunjung yang membuka halaman dan mengklik “SKIP AD”, maka pemilik link akan menerima upah dalam bentuk kecil.

3.   Terlihat simple
Jika Anda mempunyai link yang panjang, mungkin link tersebut akan terlihat agak menyusahkan. Namun, dengan memperpendek URL tersebut, link akan terlihat simpel dan sederhana.

4.   Mudah untuk copy paste
Alasan lain tentunya adalah untuk memudahkan copy paste. Link yang terlalu panjang akan menyuliskan Anda saat melakukan copy paste bukan ?. Saya berpikir seperti itu, dengan memperpendek link atau URL, ini mempermudah Anda dan pengunjung untuk melakukan copy paste pada URL itu.


Apa kerugian menggunakan Shorter URL ?

Meskipun banyak keuntungan dalam melakukan shorter URL, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat kerugian dan kelemahan juga. Ini adalah fakta bahwa Shorter URL membuat akses URL yang diklik terasa agak lambat. Tentu, karena sebelum link asli Anda terbuka, maka shorter link terbuka lebih dahulu. Ini juga banyak meresahkan para pengunjung, khususnya bagi mereka yang menggunakan koneksi internet lambat. Apalagi website penyedia shorter URL yang Anda ikuti sedang mengalami gangguan, ini pun akan sangat mempengaruhi pengunjung Anda juga.

Jika Shorter URL yang Anda tampilkan dihalaman terhapus, maka ini pengunjung hanya aka mendapati URL error, mereka tidak akan bisa menuju pada URL asli. Sehingga And harus mengganti shorter URL tersebut dengan link yang asli.