5 Tips SEO Mengoptimalkan Gambar Blog di Search Engine

PelangiBlog.Com - Ketika Anda berusaha untuk meningkatkan optimasi blog Anda si mesin pencari (SEO), biasanya Anda lebih cenderung menggunakan kata kunci atau keywords, terutama di dalam text konten Anda. Sebenarnya, ada banyak cara untuk meningkatkan konten blog Anda di mesin pencari. Salah satunya adalah mengoptimalkan gambar pada konten blog.

Optimasi gambar untuk meningkatkan blog di mesin pencari adalah hal yang sudah dilupakan oleh banyak blogger. Padahal ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan trafik tinggi di mesin pencari. Kebanyakan blogger hanya mengandalkan trik SEO blog yang sudah umum dan banyak digunakan, mereka melupakan hal yang sepele seperti ini.

Nah, untuk inilah posting ini diterbitkan, saya ingin memberitahu bahwa Anda bisa mengupayakan trik SEO blog Anda selangkah lebih maju dengan mengoptimalkan gambar. Hal ini juga banyak dilakukan oleh blogger besar di dunia. Bereikut ini ada beberapa tips menarik untuk mengoptimalkan gambar dalam konten Anda. Semakin banyak Anda mengupayakan tips-tips berikut, maka itu akan semakin lebih baik bagi blog Anda. Namun ingatlah, jangan berlebihan ketika Anda menggunakan tips berikut, tentunya Anda tidak mau dianggap sebagai spamming sistem bukan ?.

1.   Optimalkan Ukuran Gambar
Indeks dalam mesin pencari dan algoritma pada peringkat situs, biasanya membutuhkan beberapa waktu dalam menemukan hasil pencarian, ini menunjukkan faktor penting dalam memberikan hasil yang baik dan relevan sesuai dengan pencarian kata kunci. Misalkan, Google mengasumsikan bahwa sebuah blog dengan loading atau akses lebih cepat, Google memberikan hasil pencarian lebih baik daripada blog dengan loading lama saat diakses. Untuk itu, pastikan gambar yang Anda upload adalah gambar dengan ukuran yang kecil. Anda bisa mengecilkan ukuran gambar terlebih dahulu di paint, photoshop, corel dan lainnya. Baca artikel terkait Loading Lambat Menjadi Masalah Bagi Blog di Mesin Pencari.

2.   Optimalkan Format Gambar
Anda tidak perlu menggunakan gambar dengan resolusi tinggi saat menguploadnya. Anda bisa menggunakan gambar dengan format JPEG atau PNG di blog Anda. Lalu Anda bisa mengompresnya sehingga gambar tersebut berukuran lebih kecil dan memuat akses cepat. Hal ini juga disukai oleh search engine, terutama gambar dengan format JPEG.

3.   Optimalkan Nama Gambar
Pastikan Anda mengubah nama gambar dengan menggunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan konten anda. Jangan menggungakan nama seperti untitled1, untitled2, msCs, dan lain sebagainya. Search engine selalu melakukan crawl (merayapi) nama gambar, jika nama tidak sesuai dengan keyword, maka search engine membutuhkan waktu lebih lama.

4.   Optimalkan HTML Alt-tag dan Judul Atribut
Alt-tag diindeks oleh mesin pencari dan dapat mempengaruhi peringkat blog Anda di pencarian. Begitu juga dengan atribut judul harus sesuai dengan kata kunci untuk optimasi mesin pencari. Tetapi untungnya, Anda tidak perlu menjadi ahli dalam bidang HTML untuk menyelesaikan masalah ini, karena sebagian besar aplikasi blog memungkinkan Anda untuk memasukkan teks untuk alt-tag dan judul atribut ketika Anda meng-upload gambar.

5.   Hal yang Harus Anda Hindari
Ada dua hal yang seharusnya tidak Anda lakukan dalam mengoptimalkan gambar untuk mesin pencari. Pertama, jangan gunakan kata kunci barang ketika Anda memberi nama gambar, alt-tag, dan tag judul di atas dan melampaui apa yang tampak alami. Kedua, konten blog Anda tidak harus dicakup dalam gambar dengan sedikit atau tanpa teks asli. Keduanya dapat dianggap sebagai spam oleh mesin pencari seperti Google. Gambar Anda juga harus relevan dengan konten halaman, dengan demikian mereka bisa menaikkan bendera merah untuk blog Anda di mesin pencari.