Perbedaan Akun Paypal Personal, Premier, dan Bisnis


Anda bisa melihat gambar di atas, ketika Anda membuat akun Paypal yang baru, Anda akan memilih 3 akun yang akan Anda gunakan. Nah, masing-masing dari ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kebanyakan pengguna aku Paypal di Indonesia belum belum begitu memahami tentang masing-masing dari fungsi ketiganya. Saya hanya menyarankan Anda untuk mengetahui terlebih dahulu setiap fungsi dari ketiganya sebelum Anda memutuskan untuk membuat akun Paypal baru. Dengan mengetahui masih-masing fungsi setiap akun, maka Anda bisa memutuskan mana akun yang terbaik yang harus Anda gunakan.


Apa perbedaan akun Paypal personal, premier, dan bisnis ?

Sebelum Anda mengetahui perbedaan dan fungsi dari setiap akun, Anda harus mengerti dulu tentang Paypal. Baca selengkapnya : Apa itu Paypal ? Apa Manfaat dan Keuntungannya ?.

Adapun perbedaan akun Paypal personal, premier, dan bisnis adalah sebagai berikut :


Akun Paypal Personal

Jika Anda menggunakan akun personal, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengirim dan menerima uang, berbelanja online, melakukan penjualan dengan eBay, dan merima pembayaran dari akun Paypal lain. Tetapi, Anda tidak bisa menerima pembayaran uang dari credit, debit card, atau rekening bank. Selain itu, jika Anda menggunakan akun personal, jumlah pembayaran yang Anda terima per bulannya sangat dibatasi. Saya sarankan jika Anda menginginkan melakukan transaksi barang dalam jumlah besar, akun personal tidak cocok untuk Anda gunakan.

NB : Saya pernah bertanya kepada orang dari luar Indonesia, orang philipina mengatakan bahwa mereka bisa withdraw dari akun paypal personal ke rekening bank.


Akun Paypal Premier

Sebenarnya, akun premier hampir sama dengan akun personal, tetapi ada sedikit perbedaan antara keduanya. Akun premier memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran dari kartu kredit, debit card, dan rekening bank Anda. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa fasilitas yang disediakan oleh Paypal seperti tool laporan pembayaran (payment reporting tool) dan shopping cart. Akun premier sangat cocok bagi Anda yang akan berencana untuk melakukan transaksi barang secara reguler.


Akun Paypal Bisnis

Akun Bisnis sangat cocok bagi Anda yang berencana melakukan bisnis dan transaksi barang secara besar. Biasanya akun paypal bisnis digunakan oleh sejumlah perusahaan, organisasi, dan kelompok tertentu. Akun bisnis memungkinkan Anda untuk menerima semua jenis pembayaran baik dari credit card, debit card, atau rekening bank Anda. Seperto pada akun premier, Anda juga bisa menggunakan tool laporan pembayaran (payment reporting tool) dan shopping cart. Tetapi, jika Anda menggunakan aku bisnis, Paypal memebrikan biaya admisnitrasi untuk akun bisnis.

Catatan :
Sebenarnya, Paypal tidak mengenakan biaya potongan per bulan pada uang saldo, Anda bebas menggunakannya. Paypal hanya akan mengenakan biaya potongan kecil ketika Anda melakukan transaksi, mungkin sekitar 1,9 % sampai 2,9 %, misalnya ketika Anda melakukan withdraw (mengambil saldo pada akun dan mengirimkan ke rekening Anda), maka Paypal akan memberikan biaya potongan kecil.


Apakah bisa meng-upgrade akun Paypal ?

Jangan khawatir, jika Anda telah terlanjur menggunakan salah satu akun dan ingin upgrade ke akun lain, Anda bisa melakukannya pada halaman pengaturan upgrade akun. Misalnya akun personal ke akun premier, akun personal ke akun bisnis, atau akun premier ke akun bisnis, dan sebaliknya. Dan itu tidak dikenakan biaya sama sekali, sama seperti ketika Anda mengedit dan merubah alamat pada profil akun paypal Anda. Namun, jika anda ingin mengganti nama profil, maka Anda harus meng-upload scan KTP yang sesuai dengan nama profil yang baru, Anda akan mendapatkan pemberitahuan (di email) sekitar 2 hari.